Categories: Tanaman

Jenis Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak digunakan di Indonesia. Bagian daun dari bidara banyak dicari oleh para ibu rumah tangga serta para remaja karena manfaat yang dimilikinya. Selain itu, menggunakan daun bidara merupakan salah satu sunnah rasulullah yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Daun bidara memiliki jenis yang berbeda tergantung dari jenis pohon bidara itu sendiri.

Jenis Pohon Bidara

Terdapat beberapa jenis pohon bidara yang ada di sekitar kita. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun ini, pastinya perlu mengetahui terlebih dahulu informasi tentang jenis dari pohon tersebut. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak informasi yang sudah dirangkum buat kamu berikut ini.

Bidara Sidr atau Bidara Arab

Jenis pohon bidara satu ini berasal dari Timur Tengah atau tepatnya negara Arab.  Daun dari pohon bidara jenis ini sering digunakan oleh para ulama dalam mengusir jin atau ruqyah. Hal ini berdasarkan fatwa mengenai daun bidara sidr yang mampu menghilangkan sihir. Penggunaan dari daun sidr untuk menghilangkan sihir atau menyembuhkan seseorang dari gangguan jin harus dengan do’a-do’a yang sesuai dengan syariat Islam.

Bidara sidr memiliki manfaat yang informasinya sudah tertera di dalam Al-Qur’an dan Hadits nabi. Selain daunnya, tanaman ini menghasilkan buah yang bisa kita olah menjadi minuman yang memiliki banyak manfaat. Daun bidara sidr ini juga memiliki khasiat dalam hal kecantikan yakni menghaluskan dan mempercantik kulit. Oleh karena itu daun satu ini sering digunakan menjadi komponen dalam sebuah sabun.

Related Post

Bidara Cina

Seperti namanya, jenis tanaman ini berasal dari negeri China. Tanaman satu ini memiliki pohon yang rindang dan menghasilkan buah yang berbentuk seperti buah apel ketika umur buah masih muda. tetapi ketika sudah matang, buah akan berwarna coklat dan mengerut seperti kurma tapi teksturnya keras. Ketinggian dari tanaman yang rindang ini biasanya mencapai 5 sampai 10 meter. Pohon bidara cina ini memiliki ranting yang berduri, sehingga anda perlu hati-hati saat akan mengambil daun atau buahnya.

Bidara Laut

Dari namanya, jenis pohon bidara ini memiliki habitat atau wilayah persebaran yang terletak di dekat laut atau di pantai. Tanaman ini memiliki batang pohon yang kecil dan struktur dari kayunya yang sangat keras. Ia juga tidak terlalu tinggi dan memiliki bentuk keseluruhan yang bengkok yang sekilas jika dilihat rantingnya bercabang dan ditutupi daun seperti rambut pendek.

Kebanyakan orang mencari dan menggunakan daunnya sebagai obat herbal atau obat alami yang dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat yang dimiliki bidara laut ini sering digunakan untuk mengatasi rematik, penyakit kulit, demam, hingga malaria. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, hanya tinggal minum air dari hasil rebusan bidara laut.

Bidara Upas

Jenis Pohon Bidara satu ini memiliki batang yang tidak berduri, lain dari jenis bidara lainnya. Daun dari pohon bidara satu ini berbentuk lebar dan merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang bisa dikonsumsi. Daun bidara satu ini sering digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit terutama diabetes, kencing batu, dan lain-lain.

Manfaat Tanaman Bidara Bagi Kesehatan

Setelah kita membahas secara singkat mengenai jenis pohon bidara di atas, mari kita bahas lebih jauh mengenai manfaat dari tanaman ini. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan dar dari berbagai jenis pohon bidara diatas.

  1. Diabetes
    Diabetes merupakan sebuah penyakit berbahaya yang banyak menyerang orang Indonesia. Penggunaan daun dari tanaman bidara ternyata dapat mengatasi masalah yang terjadi akibat penyakit ini. Di dalam daun bidara terdapat senyawa yang mampu menjaga sistem pengaturan kadar gula yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi teh daun bidara secara rutin dapat membuat kadar gula darah anda menjadi lebih stabil.
  2. Kanker
    Daun bidara dapat menjaga sistem imun tubuh kita sehingga dapat mendeteksi dan membunuh sel-sel kanker yang tumbuh. Kandungan di dalam daun ini juga bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. Hal itu dikarenakan di dalam daun bidara kaya akan senyawa antioksidan yang bisa menangkap radikal bebas penyebab terjadinya kanker dan tumor.
  3. Depresi
    Bagi anda yang sedang mengalami depresi, tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi daun bidara. Senyawa kimia di dalamnya dapat memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh sehingga membuat anda menjadi rileks. Cara penggunaannya cukup mudah, anda tinggal mengkonsumsinya dalam bentuk teh. Mengkonsumsi teh daun bidara sangat disarankan untuk orang dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis pohon bidara dan manfaat yang bisa didapatkan darinya. Daun dari pohon bidara ini memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain daunnya, buah yang dihasilkan oleh tanaman satu ini juga bisa anda konsumsi karena memiliki manfaat yang baik.