Jenis Ikan Oscar

Jenis Jenis Ikan Oscar sebenarnya masih dalam satu spesies yaitu spesies Astronotus ocellatus. Hanya saja ada beberapa varietas yang dibedadakan dari corak dan warnanya. Ikan oscar merupakan salah satu ikan pupuler dan banyak dipelihara. Ikan yang berasal dari brazil ini biasa tumbuh hingga sekitar 30 – 36 cm. Sifat agresif oscar menjadi salah satu daya tarik dari ikan ini, melihat oscar sedang berburu ikan kecil di aquarium bisa menjadi hiburan tersendiri. Ikan oscar ini membutuhkan akuarium yang besar, 1 buah ikan oscar dapat tumbuh dengan baik pada akuarium dengan kapasitas minimal 55 galon.

Jenis Ikan Oscar dan Harganya

Tidak ada perbedaan cara perawatan pada berbagai jenis ikan oscar, dengan pengecualian ikan oscar albino yang sensitif terhadap cahaya sehingga perlu ditempatkan di tempat dengan sedikit cahaya.

Jenis oscar yang paling umum dan biasa kita lihat di pedagang ikan adalah tiger oscar, red oscar dan oscar liar. Walau begitu sebenarnya varietas ikan oscar tidak hanya itu saja paling tidak ada 5 varietas ikan oscar yang ada di dunia yaitu

1. Tiger Oscar

Ikan tiger oscar ini merupakan jenis ikan oscar yang paling banyak di pasaran. Tiger oscar ini juga termasuk yang paling agresif diantara jenis jenis oscar yang ada. Tiger oscar ini berwarna abu abu atau kehitaman dengan adanya kombinasi warna orange atau merah di badannya. Walau harganya tidak terlalu mahal sekitar 60 – 100 ribu per ekornya, penampilan ikan oscar ini cukup bagus kontras warna tubuhnya cukup elegan dilihat.

2. Oscar Merah

Ikan oscar merah merupakan jenis yang paling digemari karena warna merahnya. Oscar merah awalnya dikembangkan oleh Charoen pattabonge, seorang breader thailand yang memperhatikan beberapa oscar dengan warna merah tinggi dan kemudian melakukan persilangan sehingga jadilah ikan oscar merah yang sekarang. Ikan oscar merah ini mempunyai warna merah polos atau dengan sedikit warna hitam di bagian kepala dan ekornya. Ikan oscar merah ini merupakan jenis yang cukup mahal dan harganya berbeda jauh dengan tiger oscar. Ikan oscar ini biasanya dihargai disekitar 1 juta rupiah.

3. Oscar Liar

Ikan oscar liar ini adalah ikan yang memiliki warna seperti di alam liarnya. Jenis ini memiliki warna dasar gelap dengan garis-garis lebih terang, umumnya kuning, abu-abu, atau hijau pucat, dan sangat sedikit oranye. Karena secara tampilan ikan ini warnanya kurang menarik harganya menjadi sangat murah . Walau begitu masih ada orang yang mau memeliharanya dikarenakan ada penghoby yang menyukai sifat ikan oscar liar ini yang super agresif dan bahkan sesama jenis oscar liar bisa saling membunuh. Jenis ini biasanya berharga 10 – 20 ribu per ekornya.

4. Albino Oscar

Ikan ini sebagian besar berwarna putih dengan warna oranye / merah yang sangat kontras. Kebanyakan orang menyebut oscar apa pun dengan warna dasar terang dan tanpa pigmen gelap sebagai”albino” meskipun mereka sebenarnya bukan ablinos. Indikator kunci untuk apakah sebuah ikan adalah Albino Oscar bisa dilihat dari mata dan siripnya. Jika mata berwarna merah muda (atau mungkin oranye) dan tidak ada warna gelap pada sirip, maka ikan tersebut termasuk Albino. Kalau tidak, itu adalah lutino. Albino oscar ini harganya cukup mahal sekitar 500 ribuan per ekornya.

5. Lutino Oscar

Jenis ikan lutino ini terlihat seperti oscar “albino”, tetapi memiliki warna yang lebih gelap, umumnya pada sirip atau titik mata. Jika Anda memiliki Oscar yang menampilkan warna hitam, di mata atau sirip, tetapi sebaliknya terlihat seperti Albino, itu adalah Lutino. Albino tidak dapat menghasilkan pigmen hitam, coklat, atau hijau. Harga ikan oscar lutino ini cukup murah sekitar 80 – 125 ribu per ekornya. Walau begitu banyak pedagang oscar nakal yang menjual ikan lutino sebagai oscar albino.

6. Lemon Oscar

Ikan ini memiliki warna kuning lemon polos pada sebagian besar atau seluruh tubuhnya. Jenis lemon oscar ini merupakan jenis yang paling langka, saking langkanya harga jenis ikan oscar ini tidak bisa diukur. Banyak kolektor di luar negeri rela merogoh puluhan ribu dollar untuk membeli ikan ini.

7. Golden Oscar

Jenis ikan ini mayoritas warnanya berwarna golden dengan sedikit warna hitam di kepala dan ekor. Ikan yang memiliki warna golden polos memang ada tetapi sangat langka. Saking langkanya, ikan oscar yang berwarna golden polos ini harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah.