Daun Jambu Biji Untuk Diare, Mitos atau Fakta ?

Di Indonesia telah lama mengenal bahwa daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati diare. Banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya mengenai khasiat tanaman tersebut. Kebanyakan menyebut bahwa setelah memakan daun jambu biji, mereka merasa intensitas buang air besar mereka jauh lebih berkurang dibandingkan sebelumnya.

Fungsi Daun Jambu Biji Untuk Mengobati Diare

Sebenarnya daun jambu biji tidak bisa mengobati penyebab timbulnya diare pada diri kita. Akan tetapi tanaman ini, dapat menekan salah satu gejala pada penyakit ini sehingga tidak muncul. Seperti yang telah kita ketahui, saat tubuh terserang diare maka kita menjadi sering buang air besar, feses menjadi lebih cair dan tubuh terasa lemas.

Daun jambu biji dapat membuat kotoran pada manusia menjadi lebih pekat, sehingga intensitas buang air besarnya bisa lebih berkurang. Kotoran yang menjadi lebih pekat ini juga akan membuat air di dalam tubuh kita menjadi tidak berkurang drastis. Hal ini tentunya dapat mengobati terjadinya dehidrasi, sehingga rasa lemas yang diderita menjadi berkurang.

Di dalam daun jambu biji terkandung zat attapulgite yang mampu memekatkan kotoran orang yang mengkonsumsinya. Senyawa yang sama juga terdapat pada karbon, sehingga banyak orang juga mengkonsumsinya untuk mengobati diare. Penggunaan daun jambu biji efektif untuk mengobati diare yang disebabkan salah makan.

Misalnya saja perut anda tidak kuat mengkonsumsi cabai dalam jumlah banyak kemudian menjadi diare, daun jambu biji bisa menjadi obat yang tepat untuk mengatasinya. Ketika cabai yang menjadi penyebab iritasi usus dikeluarkan melalui feses, otomatis diare anda akan sembuh. Hal berbeda terjadi apabila diare disebabkan oleh bakteri yang terdapat di usus, dimana diare akan tetap terjadi walaupun anda mengkonsumsi daun jambu biji.

Memang feses anda akan menjadi lebih kental, tetapi anda akan merasakan sakit perut serta sering buang air besar karena masih adanya bakteri yang menyerang usus tersebut. Untuk mengobatinya, anda perlu membunuh bakteri yang menyebabkan diare tersebut dengan mengkonsumsi antibiotik. Dengan begitu kinerja usus di dalam tubuh menjadi tidak terganggu lagi sehingga sistem pencernaan kembali normal.

Cara Mengatasi Diare

Selain menggunakan daun jambu biji, ada beragam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi diare. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Minum dalam jumlah banyak

Agar bisa cepat pulih dari diare, penting untuk memberikan asupan air dalam jumlah cukup. Diare merupakan sebuah penyakit yang akan membuat tubuh kita kekurangan cairan, sehingga dengan meminum air diharapkan dapat tetap menjaga kadar air di dalam tubuh kita. Ketika tubuh kekurangan cairan hingga kadar tertentu maka akan timbul dehidrasi. Dehidrasi ini bisa membahayakan nyawa manusia, terutama untuk anak-anak dan lansia. Oleh karena itu, meminum air dalam jumlah banyak sangat penting dalam mengatasi diare.

Agar penyerapan air oleh tubuh menjadi lebih maksimal, disarankan untuk mengkonsumsi oralit. Oralit memiliki fungsi untuk membantu usus kita menyerap cairan dengan lebih efisien. Mengkonsumsi oralit telah terbukti lebih efektif untuk memulihkan cairan di dalam tubuh dibandingkan dengan air putih. Mengkonsumsi jus buah juga sangat baik dilakukan, karena akan membantu tubuh anda memulihkan kalium.

Sebaliknya, anda perlu menghindari minuman yang dapat membuat iritasi pada saluran pencernaan sehingga memperburuk diare. Minuman yang beresiko untuk mengiritasi saluran pencernaan diantaranya, minuman berkafein, alkohol, soda dan minuman yang sangat panas.

2. Diet Pemulihan

Mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering dianggap dapat membantu pemulihan terhadap diare. Beberapa ahli gizi menyarankan bahwa dengan melakukan diet ketat selama 24 jam pertama diare dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih tenang. Dengan begitu, usus menjadi lebih rileks dan dapat memulihkan dirinya dari iritasi yang menjadi penyebab terjadinya diare. Anda disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

  • Mengandung pektin, misalnya buah-buahan.
  • Mengandung kalium dalam jumlah tinggi, misalnya kentang dan ubi jalar.
  • Mengandung elektrolit, misalnya sup miso, mizone dan lain sebagainya.
  • Sayuran yang direbus hingga lunak.

3. Hindari Makanan yang Bisa Mengiritasi Usus

Seseorang yang sedang terkena diare perlu untuk menghindari makanan yang bisa mengiritasi ususnya. Beberapa makanan yang perlu dihindari tersebut diantaranya :

  • Makanan tinggi lemak, misalnya gajih, santen dan lain sebagainya.
  • Makanan berminyak, misalnya gorengan.
  • Makanan tinggi fruktosa, misalnya susu.
  • Makanan pedas, misalnya cabe dan merica.
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan.

4. Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang bisa menjaga sistem pencernaan kita menjadi lebih baik. Probiotik dapat membantu usus kita melawan bakteri jahat yang menginfeksi usus. Saat ini minuman probiotik sudah dapat dengan mudah kita beli di toko yang ada di sekitar kita. Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi, probiotik terbukti mampu mempersingkat pemulihan diare secara signifikan. Mengkonsumsi probiotik juga aman bagi tubuh kita, tanpa adanya efek samping yang besar.

Itulah sedikit uraian singkat mengenai daun jambu biji untuk diare. Semoga saja artikel yang saya tulis ini dapat memberikan informasi yang sedang anda butuhkan.