Manfaat Tanaman Anthurium

Tanaman Anthurium memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan di sekitarnya. Anthurium, selain berfungsi sebagai tanaman pot, juga dapat pula sebagai penghias taman, cantik sebagai tanaman pagar, sejuk dan nyaman untuk penghias ruangan serta indah sebagai bunga potong yang dirangka sendiri maupun dikombinasikan dengan bunga lainnya.

Sosok bunga tanaman Anthurium berpeluang merambah ke hotel berbintang, perkantoran dan rumah elite, baik berupa rangkaian bunga dari bunga potong maupun untuk tanaman indoor dan outdoor. Anthurium yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias pot dan bunga potong, ditanam di kebun botani, koleksi-koleksi pribadi dan di kebun-kebun komersial.

5 Manfaat Tanaman Anthurium

Bentuk dan bunganya sangat dekoratif, atraktif dan menawan sehingga banyak yang menyukai. Tak heran apabila anthurium menjadi salah satu tanaman hias termahal di tahun 2021. Manfaat tanaman Anthurium lain yang tak banyak diketahui adalah ia bisa digunakan sebagai obat tradisional. Daun dan batang A. andreanum mengandung saponin, flavonoida dan tanin. Beberapa manfaat tanaman anthurium diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menyerap Polusi Udara

Salah satu spesies anthurium yaitu A. andraeanum memiliki kemampuan untuk menyerap polusi udara yang ada di sekitarnya. Tanaman ini sangat bagus ditempatkan di dalam ruangan untuk membuat ruangan tempat ada tinggal memiliki udara yang segar dan bersih. Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa udara di dalam ruangan memiliki tingkat polusi 12 kali lebih tinggi dibandingkan yang berada di luar ruangan.

Oleh karena itu menaruh tanaman Anthurium andraeanum di kamar tidur anda dapat menjadikan kesehatan anda lebih baik. Ada banyak sekali polutan yang bisa diserap oleh tanaman ini, diantaranya Formaldehida, Xylene, Ammonia dan lain sebagainya. Ammonia merupakan senyawa polutan yang paling banyak terdapat di dalam ruangan. Hal itu disebabkan karena senyawa ini dikeluarkan oleh material semen dan cat yang ada di dalam rumah anda. Senyawa ini bersifat korosif yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan anda.

2. Penghias Lingkungan

Tanaman anthurium merupakan flora yang memiliki bentuk daun serta bunga yang unik. Tanaman ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai penghias lingkungan tempat tinggal, baik sebagai tanaman indoor ataupun outdoor. Tanaman ini juga memiliki banyak sekali jenis dengan bentuk bervariasi sehingga anda memiliki banyak pilihan untuk anda pilih sebagai penghias rumah anda. Banyak variasi yang dimiliki tanaman ini, membuat anda bisa menyesuaikan dengan bagian lain dari rumah anda dengan mudah.

3. Sarana Hobi dan Mengisi Waktu Luang

Sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki keindahan pada bunga dan daunnya, anthurium memiliki banyak penggemar tersendiri. Tanaman anthurium dijadikan wahana bertaman untuk menyalurkan hobi dan pengisi waktu luang sekaligus koleksi flora pribadi yang bisa menjadi kebanggaan anda. Ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk mengisi waktu luang anda, dimana karena adanya pandemi covid-19 anda disarankan untuk lebih banyak berada di dalam rumah saja.

4. Wahana Relaksasi

Secara umum tanaman anthurium daun memiliki daya tarik dari daun-daunnya yang lebar dan hijau, sehingga nikmat untuk dipandang. Sementara itu, anthurium bunga sudah pasti memiliki daya tarik pada bagian bunga-bunganya. Sosok tanaman hias ini dapat dijadikan wahana atau media relaksasi yang akan membantu membuat anda menjadi lebih mudah dalam menghadapi persoalan dan tekanan hidup.

5. Tanaman Obat

Manfaat tanaman Anthurium terakhir yang jarang diketahui orang adalah ia dapat dipakai sebagai tanaman obat tradisional. Salah satu spesies tanaman ini yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah A. andreanum yang dapat mengobati bengkak pada tenggorokan dan mulut. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun tanaman A. andreanum, kemudian air rebusannya diminum secara teratur untuk membantu meredakan bengkak pada tenggorokan dan mulut anda. Selain itu, rebusan akar tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Itulah 5 manfaat tanaman anthurium yang bisa anda dapatkan, dimana selain indah untuk dipandang anthurium juga memiliki fungsi lainnya. Oleh sebab itu, saya termasuk orang yang menyarankan anda untuk memelihara tanaman ini.