Cara Mengusir Kelabang dari Rumah

Cara mengusir kelabang dari rumah sebenarnya sangatlah mudah, ada banyak bahan-bahan yang ada di sekitar kita yang bisa digunakan untuk mengusir hewan ini. Kelabang perlu diusir dari rumah dikarenakan hewan ini mempunyai bisa racun. Walaupun sebenarnya, jarang ada jenis kelabang yang memiliki bisa yang dapat membahayakan manusia. Tetapi jika sampai tergigit anda akan merasakan sakit dan pembengkakan pada lokasi gigitan. Seringkali setelah tergigit hewan ini, anda akan mengalami demam.

Cara Mencegah Masuknya Serangga Ke Rumah

Karena beberapa sebab diatas, sebaiknya kita harus mencegah masuknya binatang ini ke rumah kita, apalagi jika di dalam rumah kita terdapat anak kecil. Mencegah masuknya serangga ke rumah dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang dapat kita beli di toko disekitar kita.

Kapur Pengusir Serangga

Walapun bukan termasuk ke dalam kelompok serangga, kelabang biasanya tidak mau melewati daerah yang ditaburi serbuk kapur yang biasanya digunakan untuk mencegah datangnya semut ini. Cara penggunaannya tidak berbeda jauh untuk mencegah datangnya semut, hanya saja jumlah yang diberikan haruslah lebih banyak. Jika untuk mencegah datangnya semut anda hanya perlu mencoretkan kapur ini, untuk mencegah datangnya kelabang anda perlu menggerus kapur. Serbuk kapur yang telah digerus ini kemudian di taburkan di sekitar rumah anda, terutama di depan pintu dan lokasi lain yang sekiranya akan digunakan kelabang untuk memasuki rumah anda.

Kapur Barus

Biasanya kapur barus digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur sehingga menyebabkan bau tidak sebab. Tetapi ternyata senyawa kimia yang ada di dalamnya juga berfungsi mencegah kelabang untuk mendekat. Sebarkan kapur barus di beberapa area lokasi rumah anda sehingga kelabang enggan memasuki rumah anda. Hanya saja jika dirumah anda terdapat anak kecil berumur kurang dari 5 tahun, penggunaan kapur barus ini tidak saya rekomendasikan. Takutnya anak kecil yang ada dirumah anda justru akan menjilati atau memakan kapur barus yang anda sebar.

Daun Pandan

Penggunaan daun pandan merupakan cara paling aman yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengusir kelabang. Aroma wangi yang dimiliki daun pandan ternyata tidak disukai kelabang sehingga dengan menaruhnya di berbagai tempat dirumah anda maka kelabang tidak akan mau masuk ke dalam rumah. Bagi yang sudah terlanjur masuk pun akan cepat-cepat melarikan diri dari rumah. Daun pandan juga aman jika sampai termakan oleh anak kecil atau hewan peliharaan anda.

Menjaga Rumah Tetap Kering

Kelabang merupakan hewan yang membutuhkan lingkungan yang lembap udah bisa hidup dengan baik. Oleh karena itu, dengan menjaga rumah anda tetap kering maka hewan ini tidak akan mendekat ke rumah anda. Jika berada di daerah yang kering, kelabang akan mati dengan sendirinya dalam beberapa jam. Daerah yang biasanya memiliki kelembapan tinggi biasanya berada di gudang penyimpanan dan kamar mandi. Kedua tempat itu seringkali dijadikan tempat bersarang hewan ini.

Related Post

Untuk mengurangi kelembapan udara, anda bisa menggunakan silica gel yang berukuran besar. Silica gel ini akan menyerap uap air yang ada di sekitarnya sehingga mengurangi kelembapan udara. Selain itu, perhatikan sirkulasi udara karena jika tidak terdapat sirkulasi udara yang baik maka kelembapan rumah di suatu ruangan akan menjadi tinggi.

Tutup Celah Rumah

Agar kelabang tidak bisa masuk ke dalam rumah anda, tutuplah semua lubang atau celah yang bisa dijadikan jalan masuknya. Pastikan pintu dan jendela anda tertutup rapat sehingga tidak ada celah yang dapat digunakan hewan ini untuk masuk. Selain itu periksalah plafon rumah anda secara berkala untuk melihat apakah ada celah yang bisa digunakan oleh kelabang atau hewan lain untuk masuk.

Cara Mengusir Kelabang

Jika ada kelabang yang terlanjur masuk ke rumah anda, ada beberapa cara berikut ini yang bisa anda gunakan untuk mengusir kelabang dari rumah.

Menyemprot Insektisida

Insektisida yang saya masuk disini bukanlah insektisida yang digunakan di lahan pertanian lho ya. Walaupun memang, insektisida yang biasa digunakan di lahan pertanian seperti peretrin dan diatom dapat digunakan untuk mengusir kelabang, tetapi tentu penggunaannya akan sangat merepotkan anda. Anda hanya perlu menggunakan obat nyamuk semprot seperti baygon atau merk lainnya. Semprotkan obat nyamuk dari jarak dekat ke kelabang yang telah terlanjur masuk ke dalam rumah. Biasanya dalam beberapa menit hewan ini akan mati.

Campuran Soda Kue, Cuka dan Garam

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengusir kelabang adalah campuran soda kue, Cuka dan garam. Cara penggunaan ketiga bahan ini untuk mengusir kelabang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampur satu sendok soda kue, lima sendok garam dan lima sendok cuka. Kemudian, aduk ketiganya hingga tercampur dengan rata. Setelah itu masukkan ke dalam alat penyemprot atau botol, sehingga bisa anda simpan dalam waktu yang cukup lama. Ketika ada kelabang yang masuk ke dalam rumah, semprot atau siramkan larutan ini ke kelabang tersebut. Dalam waktu beberapa menit hewan ini akan mati.

Campuran Merica dan Cabe Rawit

Hampir semua rumah di Indonesia memiliki bubuk merica dan cabe rawit di rumahnya. Maklum saja, mayoritas penduduk di negeri kita ini menyukai rasa pedas. Anda bisa menggunakan campuran kedua bahan di atas sebagai salah satu cara untuk mengusir kelabang. Tumbuk cabe rawit sehingga hancur dan kemudian campur dengan merica dengan perbandingan (1:1). Taburkan ke kelabang yang memasuki rumah anda, dalam beberapa waktu hewan ini akan merasak kesakitan karena tubuhnya merasa perih.

Menggunakan Toples

Bagi anda yang berani menangkap kelabang anda bisa menggunakan toples agar tidak bersentuhan langsung dengan hewan ini. Pastikan bahwa toples yang anda gunakan memiliki penutup ya karena akan digunakan untuk mengurung hewan ini. Anda hanya perlu menangkap kelabang dengan toples kemudian tutup, jika anda ingin membunuhnya anda hanya pelu membiarkan hewan ini di dalam toples yang tertutup. Selang beberapa waktu kelabang yang ada di dalam toples akan mati karena kehabisan oksigen. Anda juga bisa melepaskan kelabang ke alam untuk melestarikan hewan ini.

Categories: Hewan