Cara Membuat Burger Discus dengan Mudah

Selain menggunakan pakan buatan pabrik (pelet) ataupun yang alami seperti cacing sutera. Anda bisa memberikan makanan ikan discus peliharaan anda dengan burger discus yang anda buat sendiri. Cara membuat burger discus tidaklah sulit, anda hanya butuh memanfaatkan berbagai macam bahan yang ada di sekitar anda.

Burger discus ini sekarang sering digunakan para pemelihara discus. Berbagai resep dan metode pembuatannya telah tersebar ke seluruh dunia. Awalnya pakan ini dibuat dan digunakan pakar pakar ikan discus dunia, lalu pemelihara lokal ikan ini pun turut membuat dan menggunakannya hingga kini.

Kandungan Makanan Ikan Discus Yang Baik

Makanan ikan discus yang baik bagi pertumbuhannya adalah pakan yang mengandung banyak protein, sedikit lemak, sedikit karbohidrat, sedikit serat, vitamin dan mineral. Burger discus atau sering disebut dengan hambur merupakan hasil olahan berbagai macam bahan makanan yang akhirnya menjadi pakan dengan komposisi nutrisi yang tepat.

Sumber protein dan lemak diambil dari bahan bahan seperti jantung sapi, daging ikan, udang, kerang laut, daging kepiting atau  rajungan. Sumber karbohidrat dan serat diambil dari sumber nabati seperti wortel, bayam, tauge atau tepung gandung (oats). Vitamin dan mineral sebenarnya telah terkandung dalam ragam sayur sayuran. Namun, untuk mendapatkan jumlah yang cukup, dapat ditambahkan penggunaan produk produk komersial, baik yang dipergunakan untuk manusia maupun untuk hewan ternak.

Tabel 1. Komposisi Pembuatan Burger Discus

Protein & Lemak % Karbohidrat & Serat % Aditif %
Jantung sapi

Daging ikan

Udang

Kerang laut

Daging kepiting

Dll

 

 

65

Wortel

Bayam

Tauge

Tepung gandum

Dll

 

 

30

Vitamin

Mineral

Perekat

Air

 

 

5

Dari tabel diatas terlihat bahwa satu kilogram burger, misalnya, membutuhkan protein dan lemak sebanyak 650 gr (65%), karbohidrat dan serat sebanyak 300 gr (30%) dan komponen aditif sebanyak 50 gr (5%).

Cara Membuat Burger Discus

Dalam membuat burger discus, bahan bahan seperti jantung sapi dan daging ikan terlebih dahulu dibersihkan dari serat serat kasar sehingga didapatkan bagian dagingnya saja. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah gangguan pencernaan yang dapat terjadi jika discus memakan serat serat kasar yang sulit dicerna. Jika menggunakan udang, kerang laut ataupun daging kepiting sebagai sumber protein dan lemak, pastikan bagian kulit, cangkang dan bagian bagian lain yang sulit dicerna telah terbuang. Setelah bersih, bahan bahan tersebut digiling sampai halus dengan menggunakan blender daging hingga didaptkan bentuk pasta. Selanjutnya, berbagai macam sayuran sebagai sumber karbohidrat dan serat dibersihkan terlebih dahulu dari bagian bagian yang relatif keras, seperti bagian pangkal, batang, daun daun tua dan bagian yang telah mengering ataupun membusuk. Setelah itu, sayur sayuran tersebut juga dihancurkan dengan berbagai cara, seperti dicincang halus, diparut, digiling atau diblender.

Bahan bahan makanan yang telah menjadi bentuk pasta tersebut kemudian dicampur dan diaduk hingga merata. Pada tahap ini baru ditambahkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang telah ditentukan. Perlu dicermati, dalam pemilihan sumplen ini, usahakan untuk menggunakan bahan yang komposisinya mencakup berbagai vitamin dan mineral essensial. Dalam hal ini, vitamin untuk anak yang berbentuk cairan dapat dipergunakan. Begitu pula dengan produk vitamin dan mineral bagi hewan ternak yang mudah di dapatkan di pultry shop. Berbagai suplemen yang dikehendaki, seperti bahan pembangkit warna dan obat obatan tertentu untuk keperluan terapi medis discus juga bisa ditambakan disini.

Setelah seluruh proses ini selesai, baru ditambahkan bahan perekat yang akan berfungsi mengikat seluruh bahan makanan. Dengan begitu, saat diberikan burger discus tidak mudah hancur. Pakan yang mudah hancur akan menyebabkan polusi air. Bahan perekat yang dapat digunakan adalah agar agar dan gelatin. Sebelum digunakan, agar agar terlebih dauhulu dimasak. Gelatin dapat digunakan dalam bentuk bubuk.

Itulah cara membuat burger discus dengan mudah. Adonan yang dihasilkan dapat dikemas per 100 gram dalam plastik transparan dengan bentuk lempengan tipis, untuk selanjutnya dibekukan. Pemberian burger discus ni dapat dilakukan dengan cara dipatah patahkan, untuk kemudian langsung diberikan kepada discus.