Cara Membuat Bonsai Kelapa Berbuah dengan Cepat

Banyak pecinta tanaman bonsai yang penasaran dengan bonsai kelapa dan bertanya tanya tentang bisakah bonsai kelapa berbuah ? Secara teori semua tanaman yang ditanam di dalam pot bisa berbuah, istilahnya adalah tabulampot (Tanaman buah dalam pot).

Hal tersebut berlaku juga untuk tanaman kelapa yang ditanam di pot (dibonsai), saya sendiri merasa beruntung karena pernah 1x melihat tanaman bonsai kelapa yang berbuah. Hanya saja, saat saya tanya butuh waktu yang dibutuhkan untuk pertama kali berbuah sang pemilik menjawab bahwa pertama kali bonsainya berbuah adalah saat tanaman tersebut berumur 27 tahun. Benar-benar membutuhkan sebuah kesabaran dan ketelatenan untuk itu ya.

Bonsai Kelapa yang Kini Banyak Digemari

Saat ini bonsai kelapa menjadi salah satu yang paling banyak digemari di Indonesia. Ia kini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, tak mengherankan sekarang banyak orang mencoba membuatnya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam pembuatan jenis bonsai ini, apalagi jika ingin membuatnya berbuah.

Untuk membuat bonsai kelapa sebenarnya metodenya sangat sederhana. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan di dalam merawatnya, karena apabila tidak dirawat dengan telaten maka pertumbuhannya akan berlangsung kurang baik. Pada awalnya anda hanya membutuhkan botol air mineral bekas yang bagian atasnya dipotong. Setelah itu, masukan air ke dalam botol tersebut lalu baru buah kelapa dimasukkan ke dalam botol tersebut hingga mengenai air yang ada di dalamnya.

Air digunakan untuk merangsang buah kelapa agar mau memunculkan tunasnya. Setelah tunas keluar, nanti akan mulai muncul akar dan diteruskan dengan program perawatan bonsai ini. Anda perlu memperhatikan dengan detail masalah perawatan bonsai ini sejak awal, agar bentuk pertumbuhannya berlangsung baik.

Untuk saat ini bonsai kelapa yang banyak dicari adalah bonsai kelapa bercabang dan berbuah. Untuk bonsai kelapa bercabang ini, nampaknya hanya keberuntungan yang bisa membuatnya muncul. Biasanya dalam 20 kali pembuatan akan ada satu bercabang. Tak ayal bonsai kelapa bercabang ini memiliki harga cukup tinggi.

Sedangkan bonsai kelapa berbuah dapat dibuat dengan cara perawatan. Dengan perawatan yang benar maka pasti bonsai kelapa anda bisa mengeluarkan buah sehingga harga jualnya semakin mahal. Untuk itu pada artikel ini akan saya bahas mengenai tips mempercepat munculnya buah pada bonsai kelapa.

Tips Mempercepat Bonsai Kelapa Berbuah

Saya sendiri memang belum pernah mencoba membuat bonsai kelapa tetapi berdasarkan pengalaman saya yang telah berkecimpung di dunia bonsai selama bertahun-tahun saya dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan agar tanaman yang dibonsai cepat tumbuh buahnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat bonsai kelapa berbuah adalah sebagai berikut :

Pilih varietas yang cepat berbuah

Saat ini telah banyak varietas tanaman kelapa yang saat berukuran masih kecil sudah berbuah.Varietas tanaman kelapa asli Indonesia yang dapat anda pilih adalah kelapa pandan wangi. Jika di tanam di halaman jenis kelapa ini sudah dapat mengeluarkan buah saat tanaman memiliki tinggi 1,5 meter saja. Jumlah buah yang dihasilkan juga banyak sehingga harapannya jikalau dibonsai juga dapat berbuah lebih cepat dan tak perlu menunggu hingga 27 tahun.

Jika anda dapat mengimpor bibit kelapa samoa dari luar negeri maka pekerjaan anda akan menjadi lebih mudah hal ini dikarenakan varietas kelapa ini dapat berbuah dimulai saat tinggi tanamannya berukuran 1 meter saja. Tanaman ini banyak tumbuh di kepulauan hawai dimana penduduk sana dapat dengan mudah memetik buah kelapa untuk diminum karena pendeknya ukuran tanaman kelapa.

Jangan melakukan pruning (pemangkas)

Berbeda dengan jenis tanaman bonsai lain yang justru butuh terus dipangkas untuk memperindah bentuknya. Bonsai kelapa sebaiknya jangan dilakukan pemotongan, apalagi jika anda ingin melihatnya berbuah. Pemotongan ini dapat menghambat tumbuhnya buah, merangsang tanaman untuk tumbuh tinggi dan jika terlalu banyak dipotong juga justru dapat membuat tanaman tersebut mati.

Hal inilah yang menjadi rahasia orang hawai agar tanaman kelapanya dapat tumbuh buah walaupun ukurannya masih pendek. Mereka hanya memotong tanaman hanya ketika memanen buah kelapa atau jika ada daun yang telah mati.

Pemberian pupuk yang tepat

Di waktu awal penanaman bonsai kelapa anda dapat memberikan pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:2 hal tersebut dimaksudkan untuk menyuburkan pertumbuhan tanaman. Sedangkan saat anda merasa bonsai anda telah mempunyai tinggi yang cukup untuk bisa berbuah maka anda perlu merubah komposisi pupuk yang diberikan. Untuk merangsang tumbuhnya buah pada tanaman maka anda perlu mengurangi Nitrogen yang di dalam media tanam bonsai kelapa anda, selain itu kandungan Fosfor (P) dan Kalium harus diberikan dengan lebih tinggi dari biasanya. Sehingga untuk merangsang munculnya buah pupuk NPK yang diberikan sebaiknya dengan komposisi 1:4:3.

Berikan hormon perangsang buah

Hormon perangsang buah terbukti ampuh membuat tanaman cepat berbuah. Menurut Adi Nugroho, pemberian hormon buah yang efektif adalah dengan melalui penyuntikan hormon pada tanaman. Pemberian hormon melalui penyiraman dinilai tidak efektif dikarenakan akan banyak hormon yang mengalir keluar dari pot ataupun menguap

Itulah 4 hal yang bisa anda lakukan agar bonsai kelapa anda cepat berbuah. Semoga tips dari saya ini dapat bermanfaat. Saya sendiri telah mengaplikasikan tips diatas untuk beberapa tanaman bonsai lainnya seperti tanaman bonsai jeruk kingkit yang dengan pemberian komposisi pupuk yang tepat dan suntik hormon dapat berbuah dengan lebat dan cepat.