Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah Tanpa Revisi

Bagi anda yang sedang melanjutkan studi ke jenjang kuliah pasti pernah atau sedang mendapatkan tugas untuk membuat artikel. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang belum tahu bagaimana cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang baik dan benar sesuai dengan keinginan dosen. Untuk itu, yuk simak ulasan tentang cara menulis artikel yang baik dan benar!

Tahapan Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah

Dalam cara membuat artikel untuk tugas kuliah, ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan. Mengerjakan sesuai tahapan berikut ini akan membuat artikel tugas kuliah anda menjadi lebih baik.

1. Mempelajari Jenis Artikel

Artikel memiliki beberapa jenis dan format yang berbeda-beda. Untuk itu, anda perlu tahu terlebih dahulu artikel seperti apa yang diminta oleh dosen supaya anda tidak salah menulis jenis artikel. Beberapa jenis artikel adalah essay, jurnal kuliah, dan opini. Masing-masing jenis artikel tersebut memiliki cara penulisan yang berbeda-beda.

Ketika anda mendapatkan tugas membuat artikel dari dosen, maka pelajari terlebih dahulu terkait dengan artikel tersebut. Dengan begitu, anda bisa menghasilkan artikel yang baik dan sesuai dengan permintaan dosen. Banyak contoh dari berbagai jenis artikel yang bisa anda temukan di internet. Anda juga bisa pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan contoh yang lebih akurat.

2. Mencari Referensi yang Relevan dari Sumber yang Kredibel

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan untuk menulis artikel yang baik adalah dengan mencari referensi yang sesuai dengan topik artikel tersebut. Cara membuat artikel untuk tugas kuliah tidak akan lepas dari membaca referensi. Untuk itu, pastikan anda mencari referensi yang relevan dari sumber yang kredibel.

Sumber yang kredibel contohnya seperti jurnal ilmiah, buku yang diterbitkan atau artikel ilmiah yang masih berkaitan dengan tugas pembuatan artikel tersebut. Referensi yang kredibel tentu juga akan membantu anda untuk menghasilkan tulisan artikel yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas isinya. Hal ini juga akan menambah penilaian dari tugas artikel anda.

3. Ikuti Petunjuk Penulisan yang Diberikan Oleh Dosen

Saat memberikan tugas kuliah berupa penulisan artikel, biasanya dosen akan memberikan petunjuk penulisan. Misalnya, artikel tersebut ditulis dengan ukuran kertas A4 dengan spasi 1,5 pt. Kemudian, untuk font-nya menggunakan Arial dengan ukuran 12 pt dan aturan margin-nya normal. Jika ada petunjuk semacam itu, maka tulis sesuai dengan petunjuk yang diberikan dosen.

Dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dosen, artinya anda paham dengan tugas yang diberikan secara keseluruhan. Cara membuat artikel untuk tugas kuliah ini juga akan memberikan pengaruh terhadap penilaian yang akan diberikan oleh dosen anda karena anda mengikuti petunjuk yang ada dengan baik.

4. Melakukan Pengecekan Kembali

Jika artikel yang anda buat sudah selesai, maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali. Biasanya, terjadi kesalahan ketik, kesalahan tanda baca, atau penggunaan kata yang kurang tepat. Hal ini juga harus anda perhatikan dengan baik karena memberikan pengaruh terhadap artikel yang anda hasilkan.

Artikel yang baik tentu tidak akan mengandung kesalahan remeh semacam itu karena anda akan dinilai tidak teliti dalam menulis artikel oleh dosen anda. Untuk itu, pastikan anda melakukan pengecekan ulang terhadap tulisan anda, termasuk juga dengan referensi yang anda gunakan.

5. Tidak Bermasalah dengan Hak Cipta

Mahasiswa yang kurang membaca dan mengalami kesulitan dalam menulis biasanya lebih memilih untuk menggunakan cara yang instan, yaitu dengan mengambil tulisan orang lain. Tulisan tersebut kemudian diedit sedikit supaya tidak sama persis dengan tulisan sebelumnya. Cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang seperti ini tentu tidak bisa dibenarkan.

Related Post

Tindakan seperti itu masuk ke dalam jenis plagiat yang bisa dituntut secara hukum oleh pemilik aslinya. Oleh karena itu, dalam menulis artikel untuk tugas kuliah pastikan anda tidak berurusan dengan hak cipta orang lain. Hasilkan tulisan dari usaha anda sendiri karena dengan begitu anda juga bisa sambil belajar untuk mengembangkan tulisan.

Mengenal Beberapa Bagian dari Artikel

Ada beberapa bagian artikel tugas kuliah yang penting untuk diketahui, yaitu :

1. Sampul atau Cover

Bagian yang terlihat pertama kali di dalam penulisan artikel adalah sampul atau cover. Dalam membuat cover ini juga tidak boleh sembarangan karena anda harus tahu struktur penulisan yang ada di sampul. Selain itu, pastikan anda menulis bagian cover dengan rapi agar enak dipandang dan lebih nyaman untuk dibaca.

2. Kata Pengantar

Di dalam penulisan artikel umumnya disertakan kata pengantar yang anda tuliskan. Akan tetapi, ada juga tugas artikel yang tidak memerlukan kata pengantar. Anda ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh dosen terkait ada atau tidaknya kata pengantar ini. kalaupun ada, anda bisa menulis kata pengantar yang secukupnya saja dan tidak perlu terlalu panjang.

3. Daftar Isi

Cara membuat artikel untuk tugas kuliah tentu tidak terlepas dari adanya daftar isi yang memuat isi dari artikel yang anda buat. Dalam pembuatan daftar is ini pastikan juga anda membuatnya dengan baik dan benar serta rapi. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis agar hasilnya lebih baik dan nyaman dibaca.

4. BAB I Pendahuluan

Di bagian pendahuluan ini terdapat latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan dituliskannya artikel tersebut. Di bagian ini anda menjelaskan secara garis besar mengapa anda perlu menuliskan artikel tersebut. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pembaca untuk memahami maksud dari artikel yang anda tuliskan.

5. BAB II Pembahasan

Di bagian pembahasan ini anda akan menuliskan secara detail isi dari artikel yang anda ingin tuliskan. Isi dari artikel tersebut harus memiliki dasar yang jelas dan bersumber dari referensi yang sudah anda cari sebelumnya. Di setiap kalimat yang anda ambil dari referensi tersebut, maka anda harus mencantumkan sumbernya agar tidak terbaca sebagai plagiasi.

6. BAB III Penutup

Kesimpulan dari artikel yang anda tuliskan akan dimuat di BAB III ini. cara membuat artikel untuk tugas kuliah di bagian ini juga bisa berupa saran yang anda berikan untuk langkah selanjutnya. Di bagian ini, anda menyimpulkan isi dari artikel yang sudah ditulis dengan bahasa yang lebih sederhana.

7. Daftar Pustaka dan Lampiran

Setelah penutup, anda juga perlu untuk mencantumkan daftar pustaka yang berisi rujukan yang anda gunakan untuk menuliskan artikel tersebut. Pastikan rujukan yang anda gunakan berasal dari sumber yang terpercaya dan akan lebih bagus jika menggunakan sumber dari jurnal yang terbaru atau buku.

Sementara itu, bagian lampiran ini tidak harus ada karena menyesuaikan kebutuhan artikel yang anda tulis. Umumnya, bagian lampiran ini berisi dokumen pendukung yang bisa anda sertakan untuk mendukung tulisan yang anda buat. Dengan demikian, artikel anda memiliki kredibilitas yang lebih tinggi.

Membuat artikel untuk tugas kuliah memang tidak boleh sembarangan dan banyak hal yang perlu anda perhatikan. Mulai dari memahami jenis artikel, mencari sumber yang relevan, hingga membuat tulisan yang baik harus diperhatikan semuanya karena hal ini penting untuk membuat artikel yang baik.