Categories: Tanaman

Jenis Bunga Melati yang Paling Banyak Ditanam

Berbicara tentang jenis bunga melati, kalian pastilah tidak asing dengan bunga yang terkenal memiliki wangi harus yang dapat membius indra penciuman. Bunga melati, selain terkenal karena wanginya juga dikenal memiliki banyak mitos horor.

Salah satu mitos horor tersebut adalah apabila kita mencium wangi bunga melati maka itu tandanya ada makhluk halus yang berada di sekitar kita. Hal itu muncul dikarenakan melati merupakan salah satu jenis bunga yang banyak dipakai untuk ditabur di pemakaman.

Jenis Bunga Melati yang Paling Banyak Ditanam

Mungkin tidak banyak yang mengetahui, ternyata ada beragam jenis bunga melati yang dapat ditanam di negeri kita. Bunga yang menjadi salah satu simbol bangsa Indonesia ini ternyata terdiri atas 200 spesies. Bunga melati banyak ditemukan di negara yang mempunyai iklim tropis seperti di daerah Oseania, Australia-Asia, dan Eurasia.

Dari sekian 200 spesies bunga melati ini, ternyata ada yang memiliki keunggulan tersendiri sehingga banyak di tanam. Berikut ini penulis akan menjelaskan beberapa jenis bunga melati yang paling banyak digunakan di dunia.

Melati Primrose

Bunga yang memiliki nama latin Jasminum mensyi ini merupakan jenis tumbuhan berbunga yang masih satu kelompok dari Oleaceae. Melati Primrose merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis di Negara tirai bambu Cina. Tanaman ini tidak menghasilkan buah yang berasal dari bunganya. Salah satu ciri dari tanaman ini adalah bagian bunganya mempunyai mahkota ganda.

Tanaman ini dapat tumbuh di area yang mempunyai iklim tropis. Ia tidak tahan pada suhu yang dingin, apalagi jika mencapai dibawah 0° C. Oleh sebab itu, ia menjadi salah satu jenis bunga melati yang dapat dengan baik di tanam di negeri kita

Tanaman Melati Primrose biasanya memiliki lebar 1-2 m (3-7 kaki) dan tumbuh setinggi 3 m (10 kaki).Salah satu keunggulan darinya yaitu memiliki aroma yang sangat harum. Bisa dibilang diantara berbagai jenis bunga melati yang ada di dunia,

Melati Primrose menjadi salah satu yang terbaik. Keharumannya yang dimilikinya membuat tanaman ini seringkali dijadikan bahan baku parfum. Perawatan terhadap tanaman ini relatif mudah, masalah media tanah yang digunakan menjadi satu hal yang perlu diperhatikan. Biasanya untuk menanam bunga ini digunakan media tanam berupa tanah dan kompos sekam, arang sekam, dan cocopeat.

Melati Bintang

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum multiflorumini merupakan jenis tumbuhan berbunga yang masih termasuk ordo Oleaceae.  Dalam mitologi India kuno, melati bintang dianggap sebagai bunga suci. Warnanya yang putih bersih dianggap sakral dalam banyak kisah mitologi India.

Jenis bunga melati ini berasal dari Vietnam, Thailand, Burma, Laos, Bhutan, Nepal dan India. Akan tetapi melati ini sudah banyak juga di tanam di negara kita. Diduga saat masa kolonialisasi Belanda, Belanda mendatangkan bunga ini untuk ditanam di negara kita.

Bunga ini tidak menghasilkan buah, tetapi bunganya dapat menghasilkan biji setelah melakukan penyerbukan. Mahkota bunga ini mempunyai warna yang sedikit putih kekuningan dan terlihat mengkilap.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di area yang mempunyai iklim subtropis. Walau begitu, bunga ini tidak tahan beku sehingga akan mati ketika berada di musim dingin. Melati bintang merupakan jenis tumbuhan merambat yang dapat tumbuh sepanjang 2-10 meter. Saat mekar bunganya menjadi cukup lebat hingga terbagi menjadi berkelompok tiap kelompoknya biasanya berisi 3-15 kuntum

Melati Spanyol atau Casablanca

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum Officinale Ini dikenal dengan nama Casablanca atau melati Spanyol. Walau demikian, ternyata jenis tanaman ini bukan berasal dari Spanyol lho. Melati Spanyol ternyata merupakan tanaman yang berasal dari daerah Cina barat, Nepal, Afghanistan, Pakistan, India dan Iran utara.

Related Post

Penyebab mengapa ia dijuluki melati spanyol dikarenakan dulunya tanaman ini sempat booming di berbagai negara Eropa, khususnya Spanyol. Salah satu kelebihan darinya adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pengobatan tradisional. Selain itu, penggunaannya sebagai bahan baku parfum juga telah dilakukan di berbagai belahan dunia. Tanaman ini tingginya dapat mencapai 6 meter dan dapat dengan baik ditanam di negara kita. Bagi anda yang menanamnya, perawatannya sangat mudah kok. Anda hanya perlu menyiraminya seminggu dua kali atau ketika media tanamnya terlihat kering.

Melati Pot

Jenis bunga melati ini mempunyai nama latin Jasminum Parkeri Dunn dan berasal dari daerah India. Spesies bunga ini pertama kali ditemukan oleh RN parker tahun 1991, ketika ia sedang berada di India. Melati pot dapat dengan baik ditanam di berbagai daerah di dunia, termasuk Indonesia. Untuk perawatanya anda hanya perlu menyiram bunga ini seminggu dua kali. Bunga ini termasuk bunga yang kerdil karena hanya dapat tumbuh setinggi 30 cm.

Melati Italia

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum revolutum ini adalah jenis tumbuhan berbunga berasal dari daerah India, Himalaya, dan Afghanistan. Bunga ini mempunyai cabang mahkota berukuran 2,5 cm dan tumbuh berkelompok hingga 50 kuntum,. Warna bunganya berbeda dengan melati kebanyakan, dikarenakan memiliki warna kuning.

Melati Raja

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum rex ini adalah jenis tumbuhan berbunga yang masih berasal dari daerah Barat Daya Thailand. Bunga ini mempunyai cabang mahkota berukuran 5 cm dan tumbuh tunggal tidak berkelompok. Melati raja memiliki bunga berbentuk lonjong dengan ujung runcing berwarna putih. Bagian daunnya berwarna hijau gelap dan terlihat mengkilap. Berbeda dengan jenis bunga melati lainnya yang wangi, bunga ini tidak memiliki bau.

Melati Putih

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum sambac ini seringkali dijadikan campuran teh,. Ia menjadi spesies bunga melati yang menjadi bunga nasional Indonesia, tepatnya sebagai puspa bangsa. Walau begitu, sebenarnya ia bukanlah tanaman asli negeri kita lho.Ternyata melati putih merupakan tanaman yang berasal dari daerah India.

Melati Bintang

Bunga yang mempunyai nama latin Trachelospermum Jasminoides Ini merupakan perdu batang yang hidup menahun. Melati bintang merupakan bunga yang berasal dari daerah Asia tenggara dan daerah Asia timur. Bunga ini sering dipakai sebagai tanaman hias yang digantung di dinding rumah. Bunganya berwarna putih dan memiliki mahkota seperti bintang.

Melati Arum Dalu

Jenis bunga melati yang mempunyai nama latin Cestrum Nocturnum Linn berasal dari daerah tropis di Negara Benua Amerika dan Hindia Barat. Bunga ini tidak menghasilkan buah, akan tetapi mempunyai mahkota ganda. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di area yang mempunyai iklim tropis saja. Hal itu dikarenakan ia tidak tahan hidup di daerah yang bersuhu dibawah titik beku.

Tanaman ini memiliki ukuran yang kecil, panjangnya hanya sekitar 10-20 cm.Melati arum dalu mempunyai keunggulan sendiri yaitu pada aromanya. Ia termasuk bunga yang paling harum dibandingkan dengan wangi jenis bunga melati lainya. Untuk perawatannya sendiri tidaklah susah, tetapi pastikan media tanamnya tidak terlalu padat. Media tanam yang baik untuk digunakan menanamnya adalah campuran tanah, kompos sekam, arang sekam, dan cocopeat.

Pink Jasmine

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum Polyanthum Ini memiliki tampilan yang memikat karena berwarna pink. Kelopak bunganya berwarna putih dengan sedikit semburat pink menambah keanggunannya. Ia termasuk tanaman yang bisa tumbuh tinggi, karena jika dibiarkan di lahan terbuka ia dapat tumbuh hingga 7 meter.

Angel Wing Jasmine

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum nitidum ini merupakan perdu batang yang hidup menahun. Angel Wing Jasmine berasal dari Pulau Papua, ia menjadi salah satu flora andalan Pulau paling timur Indonesia tersebut. Orang barat sering menyebut tanaman ini dengan sebutan Shining jasmine karena dapat tumbuh di bawah paparan sinar matahari langsung. Angel Wing Jasmine sering dipakai sebagai tanaman hias yang digantung di dinding rumah. Bagian mahkotanya berwarna putih pada bagian atasnya sedangkan di bawahnya berwarna ungu.

Melati Kuning

Bunga yang mempunyai nama latin Jasminum nudiflorum ini merupakan tanaman yang cocok dengan iklim dingin. Bunga ini berasal dari daerah pegunungan Tibet, tetapi saat ini telah beredar cukup luas di seluruh dunia. Ia termasuk sebagai tanaman yang tidak dapat tumbuh di bawah paparan sinar matahari langsung, Oleh karena itu, penanamannya di Indonesia hanya bisa dilakukan secara Indoor.

Itulah 12 jenis bunga melati yang ada di dunia dan dapat ditanam di negeri kita. Dari ke 12 tanaman diatas, adakah kiranya yang ingin anda tanam?