Manfaat Burung Hantu

Burung hantu selalu mempunyai kesan negatif di mata masyarakat Indonesia. Burung hantu juga tak jarang dikaitkan dengan cerita mistis dan seram. Tetapi tak banyak orang yang tahu bahwa burung hantu mempunyai manfaat untuk lingkungan sebagai pembasmi hama. Berikut beberapa informasi terkait Manfaat Burung Hantu yang tak banyak orang tahu.\

Sekilas Info Tentang Hama Tikus

Tikus adalah salah satu hama yang menyusahkan para petani. Tak hanya petani, tikus juga seringkali masuk kedalam rumah dan membuat tidak nyaman penghuninya. Tikus salah satu hewan pengerat yang susah untuk dibasmi bila sudah menginvasi suatu daerah. Hal ini karena tikus adalah hewan yang mempunyai daya adaptasi yang tinggi pada lingkungan.

Tikus bisa hidup pada lingkungan yang kotor sekalipun. Makanan tikus pun juga bisa menyesuaikan dengan bahan makanan yang bisa mereka dapatkan di sekelilingnya. Tetapi makanan kesukaan tikus yang paling favorit adalah biji-bijian seperti kacang atau gandum. Oleh karena itu tikus seringkali membuat sarang di persawahan.

Hama tikus yang menyerang sawah dan kebun ini akan memberikan dampak secara ekonomi. Hal terparah yang akan terjadi adalah gagal panen yang dialami petani. Berbahayanya hama tikus ini selalu membuat para petani waspada dan melakukan banyak tindakan pencegahan agar tikus tidak datang ke daerah tersebut.

Untuk membasmi hama tikus, petani kadang menggunakan bahan pestisida kimia berbahaya yang bisa saja akan memberi dampak pada tanamannya. Tetapi tahukah anda, bila ada cara mengusir tikus yang alami dan tidak merusak tanaman, yaitu dengan memelihara burung hantu. Pemanfaatan burung hantu untuk mengusir tikus ini telah banyak digunakan di berbagai daerah Indonesia dan terbukti ampuh untuk menekan populasi hama penganggu.

Manfaat Burung Hantu Sebagai Pembasmi Hama Tikus

Manfaat utama burung hantu bagi manusia salah satunya adalah ia dapat membasmi hama tikus dan hama serangga. Penggunaannya untuk menjaga sawah telah banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadikan burung hantu dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama, yaitu :

1. Pendengaran dan Penglihatan yang Baik

Burung hantu mempunyai indra pendengaran dan penglihatan yang lebih tinggi daripada manusia kebanyakan. Hal ini juga lah yang sering digunakan sebagai alasan bahwa burung hantu bisa melihat dan mendengar hal hal yang tidak bisa dilihat manusia. Hal hal yang berkaitan dengan mistis berawal dari anggapan ini.

Padahal burung hantu menggunakan kemampuan tersebut untuk berburu. Dengan menggunakan penglihatannya yang tajam, burung hantu bisa melihat mangsa buruannya dalam radius jarak yang jauh. Pendengarannya yang peka juga bisa membantunya dalam melihat gerak mangsanya yang akan mendekat.

2. Bentuk Sayap Burung Hantu yang Unik

Selain itu, burung hantu juga mempunyai bentuk sayap yang bertekstur. Sayap dengan tekstur kasar ini akan memudahkan burung hantu untuk terbang. Ketika terbang burung hantu akan cenderung senyap tidak bersuara. Hal ini tentu akan menjadi manfaat burung hantu saat berburu. Karena mangsa incaran burung hantu tak akan sadar bila ada yang mendekatinya.

Kemampuan terbang dalam senyap ini berhubungan dengan bentuk sayap burung hantu yang bisa memecah udara dengan baik. Sehingga meminimalisir gesekan udara dengan sayapnya saat terbang. Saat burung hantu terbang atau hinggap, burung hantu cenderung sunyi sehingga hal ini pun sering dikaitkan dengan hal seram.

3. Cakarnya yang Kuat

Fisik burung hantu terlihat tenang dan terdapat sedikit kesan seram. Hal ini karena salah satu kemampuan paling terkenal dari burung hantu ini adalah memutar kepalanya hingga 360 derajat. Bila manusia yang belum pernah melihatnya tentu akan merasa ngeri ketika pertama kali memandang burung hantu ini.

Related Post

Burung hantu mempunyai cakar yang kuat. Daya cengkram burung hantu ini bahkan mampu mengangkat tikus dalam ukuran besar. Cengkraman burung hantu yang kuat inilah yang menjadikannya salah satu predator tikus yang mematikan. Karena setelah tikus masuk dalam cakarnya maka akan sulit untuk bisa meloloskan diri.

4. Hewan Nokturnal

Burung hantu adalah hewan yang aktif hidup di malam hari atau disebut juga sebagai hewan nokturnal. Burung hantu cenderung tidak menyukai cahaya matahari di siang hari, Oleh karenanya, sarang burung hantu biasanya dibangun di tempat yang tersembunyi. Di balik semak semak ataupun di bawah naungan pohon yang besar.

Hewan yang cenderung aktif di malam hari ini menjadikannya predator yang ampuh karena mangsanya akan cenderung tidur saat malam. Sehingga burung hantu akan menjadi ancaman tersendiri untuk para hewan kecil makanannya. Burung hantu bisa lebih leluasa dalam mencari mangsa pada malam hari tanpa gangguan dari manusia.

5. Predator yang Murah

Manfaat Burung hantu sebagai predator hama tikus ini juga bisa dilihat dari segi ekonomi. Daripada anda menggunakan pestisida dengan bahan kimia berbahaya anda bisa memilih untuk menggunakan predator alami seperti burung hantu. Selain itu, membeli pestisida atau jebakan tikus dengan skala yang besar tentu membutuhkan biaya yang besar pula.

Memelihara burung hantu adalah cara cepat dan lebih ekonomis dalam membasmi hama tikus di sawah atau di ladang anda. Anda hanya perlu memberi makan dan menyiapkan kandang bagi burung hantu tersebut. Tetapi hal yang perlu diingat adalah burung hantu tidak menyukai kandang yang sempit dan lebih suka kandang berukuran besar,

Untuk menyiasatinya, anda bisa menggunakan potongan dahan pohon dan juga memasang rantai besi di salah satu kakinya. Cara ini cukup efisien dalam memelihara burung hantu daripada harus membuat kandang yang besar. Manfaat Burung hantu lainnya adalah dapat menjadi sahabat manusia, hal ini karena burung ini mudah untuk dijinakkan.

6. Tidak Merusak Tanaman

Keunggulan lainnya dari burung hantu sebagai predator tikus adalah tidak merusak tanaman. Saat berburu burung hantu cenderung bergerak senyap dan tidak menimbulkan suara yang bising. Selain itu, burung hantu cenderung tidak akan merusak tanaman atau barang barang di sekitarnya. Sehingga burung hantu menjadi hewan yang sangat efisien digunakan.

Predator alami hama tikus satu ini tidak sulit juga untuk dipelihara. Makanan burung hantu mudah untuk ditemukan. Selain tikus burung hantu juga suka serangga seperti jangkrik. Cara perawatan burung hantu juga cukup mudah, anda tinggal memandikannya sebanyak sekali dalam seminggu dan menjaga kebersihan kandangnya setiap hari.

7. Partisipasi Bersama Membasmi Hama

Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka peran serta para petani yang terkena dampak hama tikus akan sangat membantu. Semakin banyak yang memelihara burung hantu juga akan semakin baik hasilnya. Burung hantu bisa dipelihara secara gotong royong sehingga tidak membebankan kepada satu orang saja.

Selain itu menjaga kelestarian alam sebagai habitat asli burung hantu juga penting untuk dilakukan. Hal ini agar burung hantu senantiasa bisa berkembang biak dengan baik dan hidup dengan layak. Sehingga Manfaat burung hantu ini bisa dirasakan manusia dan lingkungannya dikemudian hari.

Burung hantu adalah salah satu hewan yang mudah bersahabat dengan manusia. Burung hantu juga mempunyai cara untuk dijinakkan dengan mudah. Burung satu ini juga mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap makanan dan lingkungan. Sehingga burung hantu akan mudah untuk berbaur dengan lingkungan yang baru.