Batu Biduri Bulan

Biduri bulan merupakan batu akik yang masuk kedalam kelompok mineral Feldspar. Batu ini terdiri dari lapisan-lapisan mineral orthoclase dan albite yang saling bergantian. Ketika ada cahaya yang mengenai batu ini maka cahaya tersebut akan tersebar diakibatkan adanya lapisan-lapisan tersebut sehingga keluarlah fenomena adularescence.

Adularescence sebuah fenomena munculnya cahaya dipermukaan batu. Fenomena Adularescence ini terjadi pula pada kelompok mineral feldspar lainnya seperti labrador dan sanidine. Karena adanya fenomena Adularescence inilah yang menjadikan batu ini begitu menarik.

Deskripsi

Batu biduri bulan merupakan salah satu batu yang sudah lama digunakan sebagai perhiasan. Ia merupakan salah satu anggota kelompok mineral feldspar dan dari kelompok ini biduri bulan lah yang paling populer. Feldspars merupakan salah satu kelompok mineral yang paling banyak ditemukan di kerak bumi serta yang memiliki bentuk paling beragam. Anda dapat mengambil batu dari mana saja di dunia ini dan ada kemungkinan bahwa batu tersebut mengandung satu atau dua mineral dari kelompok feldspar.

Batu biduri bulan sendiri merupakan kumpulan dari dua mineral yaitu orthoclase dan albite. Pada awalnya kedua mineral ini menyatu. Kemudian ketika batu ini mendingin, orthoclase dan albite ini memisah menjadi lapisan-lapisan yang tersusun bergantian. Ketika cahaya jatuh diantara lapisan-lapisan tipis dan rata ini, cahaya akan tersebar ke berbagai arah menyebabkan terjadinya fenomena adularescene. Adularescence adalah cahaya yang tampak mengepul di atas permukaan batu, memberikan tampilan bersinar di permukaannya.

Mungkin aspek yang paling menarik dari adularescence adalah penampilan geraknya. Cahaya di permukaan ini tampak bergulir di permukaan batu saat anda mengubah sudut pandang. Beberapa mineral feldspar lainnya juga dapat menunjukkan adularescence ini. Salah satunya adalah feldspar labrador yang banyak ditemukan di Labrador, Kanada.

Jenis Akik Biduri Bulan

Didalam perdagangan batu akik dan permata, batu biduri bulan dapat dikelompokkan kedalam beberapa jenis berikut ini.

Biduri Bulan Air Beras

Jenis akik biduri bulan ini berwarna putih pekat dan minim serat didalamnya. Fenomena adularenscence yang dihasilkannya berwarna putih, mirip seperti warna air beras. Hal itulah yang menyebabkan batu ini dijuluki dengan nama biduri bulan air beras. Kemelimpahan jenis ini dipasaran cukup banyak dan karena penampilannya yang kurang menarik, harga jualnya juga tidak terlalu mahal.

Biduri Bulan India

Jenis akik biduri bulan ini memiliki pantulan cahaya yang berwarna biru, putih atau campuran keduanya. Biasanya batu yang berasal dari India ini memiliki banyak serat didalamnya sehingga terlihat kotor. Hal itulah yang menyebabkan harganya menjadi yang paling murah diantara keempat jenis biduri bulan. Selain itu, karena banyaknya serat yang ada didalamnya, kebanyakan batu dari India ini hadir dengan kondisi tidak mulus. Saya sendiri pernah membeli 1 kg batu ini yang sudah dipoles dari pedagang india dan ternyata lebih dari 50%nya hadir dengan kondisi tidak mulus.

Biduri Bulan Sri Langka

Batu yang dikatakan biduri bulan Sri Langka ini tidak hanya harus berasal dari sri langka tetapi ia harus memiliki pantulan cahaya yang berwarna biru. Jika pantulan cahayanya berwarna putih maka ia tetap dimasukkan kedalam biduri bulan air beras. Jenis akik ini memiliki harga yang sangat mahal, ia bahkan termasuk salah satu batu akik termahal.

Biduri Bulan Star

Batu biduri bulan yang memiliki fenomena star sangat langka jumlahnya. Biasanya star ini terjadi pada biduri bulan yang didalamnya tidak memiliki serat sama sekali. Biasanya batu yang memiliki pantulan cahaya berwarna putih lah yang dapat mengeluarkan fenomena star. Jika sampai yang keluar adalah pantulan cahaya berwarna biru dan star, maka batu tersebut harganya akan sangat mahal karena menjadi incaran kolektor luar negeri.

Khasiat

Banyak mitos yang beredar mengenai khasiat batu biduri bulan. Orang-orang india percaya bahwa batu ini memiliki kekuatan magis yang kuat, sehingga banyak orang disana yang menganggapnya sebagai batu suci. Batu ini juga dianggap sebagai dimbol kebijaksanaan serta kasih sayang, sehingga menurut mitosnya bagi siapa saja yang memakai batu ini maka akan bertindak lebih bijaksana dan akan disayang oleh orang lain.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa dengan memakai batu ini saat tidur maka orang tersebut akan mengalami mimpi yang indah. Hal itulah yang menyebabkan batu ini disebut juga sebagai batu mimpi. Mitos-mitos yang beredar mengenai batu ini tentunya tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Apalagi jika anda beraga islam, mempercayai adanya khasiat batu biduri bulan ini dapat menyebabkan anda berperilaku syirik sehingga anda mendapatkan sebuah dosa yang amat besar yang tidak diampuni oleh Allah swt.

Biduri bulan hanyalah sebuah batu biasa yang fugsinya hanya sebagai perhiasan dan tidak bisa memberikan manfaat apapun kepada kita. Oleh karena itu, percayalah dan hanya meminta segala sesuatu kepada Allah swt, tuhan yang menciptkan kita yang menguasai segalanya.

Harga Batu Biduri Bulan Termahal

Batu biduri bulan di Indonesia, memang pamornya kurang begitu populer. Hal itu dikarenakan banyak jenis batu ini yang beredar di pasaran memiliki kualitas jelek. Sedangkan batu yang memiliki kualitas baik jumlahnya sangat terbatas. 2 jenis batu biduri bulan yang memiliki kualitas bagus dan memiliki harga termahal adalah yang berasal dari Srilangka atau yang memiliki fenomena star. Keduanya memiliki harga cukup mahal, dimana batu ukuran 2 cm saja harganya bisa mencapai 10 juta rupiah. Apalagi jika batu tersebut merupakan batu biduri bulan Sri Langka dengan fenomena star, harganya bisa mencapai milyaran rupiah untuk ukuran 2 cm karena jumlahnya yang sangat langka. Banyak kolektor batu luar negeri yang menginginkannya, sehingga jumlahnya di Indonesia sangat sedikit sekali.

Sedangkan untuk biduri bulan air beras biasanya untuk ukuran 2 cm harga jualnya sekitar 100 ribu rupiah. Itupun jika anda membeli dalam jumlah banyak bisa lebih murah lagi, berdasarkan pengalaman saya 1 kg batu ini yang sudah digosok dan dipoles hanya dijual oleh orang-orang India dengan harga 800 ribu hingga 1 juta rupiah. Batu biduri bulan India memiliki harga jual yang lebih murah lagi jika dijual di tingkat pedagang, biasanya 1 kgnya hanya dijual seharga 500 ribu rupiah saja. Sayangnya dari 1 kg biduri bulan india ini, lebih dari 50%nya memiliki kualitas yang kurang bagus (entah fenomena Adularescence tidak muncul ataupun adanya crack). Sehingga biasanya di tingkat pengecer harga keduanya hampir sama untuk yang kondisinya mulus.