Anthurium hookeri

Saat ini dunia tanaman hias kembali menggeliat, pemicunya adalah karena adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Salah satu tanaman yang paling disukai adalah anthurium hookeri, daun yang dimilikinya dianggap sangat eksotis sehingga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih asri. Anthurium hookeri merupakan tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika Selatan. Saya kurang mengetahui dengan jelas, kapan jenis anthurium ini masuk ke Indonesia.

Cara Merawat Anthurium hookeri

Untuk bisa merawat Anthurium hookeri dengan baik, kita harus bisa menyediakan suasana yang mirip seperti habitat aslinya. Seperti yang telah saya tulis diatas bahwa habitat asli tanaman ini berada di hutan hujan tropis Amazon. Karena disana kerapatan vegetasinya tinggi, sehingga menyebabkan habitatnya memiliki cahaya yang terbatas, kelembaban tinggi dan tanahnya sangat subur.

Setelah ratusan hingga ribuan tahun hidup di tempat seperti itu, tanaman ini menjadi terbiasa dengan kondisi lingkungan yang demikian. Oleh karena itu, dalam merawat Anthurium hookeri sebaiknya kita membuatnya berada di daerah yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung. Penyiraman dan menjaga kelembaban di sekitar tanaman juga perlu diperhatikan, tanaman ini tidak menyukai kekeringan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai media tanamnya, secara alami sistem perakaran yang dimiliki anthurium kurang begitu baik untuk menembus tanah keras. Hal itu dikarenakan, di habitat alaminya tanaman ini akan dengan mudahnya mendapatkan unsur hara yang dibutuhkannya. Daerah hutan hujan tropis amazon memang sangat kaya akan unsur organik di tanahnya. Sehingga dalam memilih media tanam, usahakan anda memilih media tanam anthurium yang tidak keras, memiliki porositas bagus dan tentu saja kaya akan unsur hara.

Dengan memperhatikan faktor-faktor diatas, biasanya tanaman anthurium anda sudah bisa tumbuh dengan sangat subur dan besar. Anda mungkin perlu setiap minggu mengelap daunnya, agar terlihat mengkilap dan bersih.

Jenis Anthurium hookeri

Tanaman ini memiliki banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Wajar saja hal itu terjadi, banyak pembudidaya yang mencoba mengawin silangkan spesies tanaman ini agar bisa menciptakan varian baru yang semakin menarik untuk dilihat. Beberapa jenis anthurium hookeri yang beredar di pasaran di antaranya adalah

1. Anthurium hookeri original

Sesuai dengan namanya, ini merupakan varietas original yang berasal dari hutan amazon. Secara umum, tanaman ini dicirikan dari daunnya yang berukuran besar dan berwarna hijau mengkilat. Daunnya ini lebar dan cenderung semakin melebar ke atas hingga 3/4 daunnya. Ia memiliki tangkai daun yang pendek serta tulang daun yang berukuran besar dan menonjol. Panjang daunnya dapat mencapai 60 cm dan lebar 35 cm. Ukuran daunnya yang besar tersebut menjadi nilai plus bagi tanaman ini.

2. Anthurium hookeri batang merah

Sesuai namanya, jenis anthurium hookeri ini memiliki batang yang berwarna merah kecoklatan. Batangnya tersebut sangat kontras dengan warna daunnya yang hijau mengkilap. Varietas ini cukup banyak di pasaran dan memiliki harga yang tidak begitu jauh dengan yang original. Biasanya daun dari varietas ini agak sulit untuk tumbuh lebih dari 50 cm.

3. Anthurium hookeri hitam

Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki daun yang berwarna hitam gelap. Ia merupakan jenis yang sangat langka dan berharga mahal. Sepengetahuan saya, di tahun 2020 varietas yang berdaun hitam ini harganya mencapai 10 juta rupiah. Selain dari warnanya, bentuk daun tanaman ini tidak memiliki perbedaan dengan yang original.

4. Anthurium hookeri keriting

Jenis ini memiliki daun yang berkerut, sehingga cenderung terlihat seperti keriting. Keriting ini disebabkan oleh faktor mutasi genetik yang menyebabkan tampilan luar tanaman ini juga berubah. Banyak pecinta tanaman hias yang mengatakan varietas ini sangat unik. Varietas ini jumlahnya sangat terbatas dan jarang dijual belikan.

Alasan Memelihara Tanaman Hias Ini

Anthurium hookeri merupakan salah satu tanaman hias yang perlu anda koleksi. Alasannya diantaranya adalah sebagai berikut :

Memiliki Bentuk yang Eksotis

Bentuk daun yang dimiliki tanaman ini benar-benar eksotis yang akan membuat tampilan halaman rumah anda menjadi semakin indah. Apalagi jika anda bisa memiliki varian yang berwarna daun hitam, rumah anda akan terasa semakin berbeda dengan yang lain. Tentu memiliki tanaman yang terlihat unik, memberikan kebanggaan tersendiri.

Harga Murah

Semahal-mahalnya anthurium, harganya masih tetap terjangkau di kantong banyak kalangan. Kita ambil contoh saja indukan varietas yang berdaun hitam, jika beruntung anda bisa mendapatkannya dengan harga 5 juta rupiah saja. Uang segitu tentunya tidak terlalu sulit dikeluarkan untuk kalangan menengah keatas. Apalagi jika anda membeli dalam bentuk yang berukuran anakan, paling harganya hanya sekitar 300 ribuan saja. Itu untuk varietas berdaun hitam ya, yang harganya paling mahal dibandingkan varietas lainnya. Untuk Anthurium hookeri original biasanya hanya dibanderol sekitar 300 ribuan saja untuk ukuran indukan.

Mudah Dirawat

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, perawatan tanaman ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu memperhatikan masalah intensitas matahari, kelembaban dan media tanam saja. Tidak ada perawatan harian yang perlu anda lakukan selain menyiramnya dengan air. Bahkan sebenarnya, jika tidak diberi pupuk pun tanaman ini bisa tetap tumbuh dengan baik.

Bisa Hidup Dimana Saja

Tanaman ini bisa dipelihara di berbagai macam kondisi lingkungan, ia dapat hidup dengan baik di dataran rendah atau tinggi. Jika anda hidup di daerah dataran rendah panas seperti Jakarta, Surabaya, Solo dan Medan, anda masih bisa dengan mudah merawatnya. Apalagi jika anda hidup di daerah dataran tinggi yang lembab seperti Bogor dan Bandung, tanaman ini akan tumbuh semakin bagus dan indah.

Itulah beberapa hal seputar Anthurium hookeri yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.