Categories: Wisata

Taman Bunga Celosia Semarang, Tempat Berwisata Ala Eropa

Selain daya tarik menjajal kuliner di Kota Semarang, wisata bunga di kawasan ini tampaknya belum cukup dikenal bagi warga di luar daerah. Anda bisa berkunjung ke Taman Bunga Celosia, yang terletak di Kecamatan Bandungan. Ia merupakan sebuah kecamatan baru yang menjadi salah satu sentra produksi bunga yang terdapat di Semarang.

Sebagai kecamatan baru yang merupakan pemekaran Kecamatan Ambarawa dan Karang Jambu, Bandungan banyak menyediakan ragam bunga eksotis yang dikirim ke banyak kota besar, Semarang salah satunya.

Selain produsen bunga, pemerintah daerah tersebut rupanya melihat peluang pariwisata dengan mendirikan Taman Bunga Celosia Semarang. Objek wisata ini, fokus terhadap wisata berbasis alam dengan bunga sebagai daya tariknya.

Berbagai jenis bunga akan mudah Anda temui kala mengunjungi kawasan ini. Misal saja hebras, mawar, dianthus, lavender, melati dan lain sebagainya. Tak hanya menyajikan taman bunga, desain ala Eropa sangat kental di sini.

Meski dikenal sebagai taman bunga, kawasan ini sebenarnya terdiri dari tiga taman hiburan yang saling terhubung. Ketiganya adalah Celosia Happy and Fun, Museum Selfie dan tentu Taman Bunga Celosia. Anda bisa mengunjungi lebih dari satu kawasan wisata di sini.

Wisata Eropa Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia adalah rekreasi bunga yang mengajak Anda melihat ragam ikon daratan Eropa yang memukau. Tentunya, dengan bentuk dan desain miniatur yang menyerupai. Seluruhnya ditata rapi dengan padu padan warna mencolok.

Saat memasuki wilayah pertama kali, hal menarik adalah deretan kincir angin pembangkit listrik berukuran besar. Keberadaannya, tentu menarik minat wisatawan yang berkunjung.

Miniatur lain seperti rumah The Hobbit Selandia Baru, Menara Eiffel khas Paris dibangun cukup detail. Ada juga ikon Asia Tenggara yakni Patung Merlion khas Singapura, atau rumah jamur yang menarik sebagai spot foto.

Kendati hanya replika, tiap miniatur berdiri layaknya asli yang dapat bergerak seperti kincir angin. Atau juga Patung Merlion yang mengeluarkan air mancur di atas kolam berbentuk lingkaran. Di sepanjang sisinya, ditanam ragam jenis tanaman hias yang manis.

Berikutnya ada taman dinding yang sekaligus difungsikan sebagai papan nama tempat wisata. Terdapat puluhan bola dan payung gantung yang menjadi favorit pengunjung untuk mengabadikan momen.

Uniknya, payung tersebut akan bergerak ketika diterpa angin yang akan kontras dengan kamera saat pengambilan gambar. Tak jauh dari lokasi ini, cobalah melihat kincir angin tradisional yang merupakan ikon Belanda. Spot foto ini, acap digunakan pelancong untuk berfoto.

Letaknya berada di seberang rumah jamur. Bagi Anda yang mencari lokasi foto tak biasa, rumah jamur menyajikannya. Selayaknya negeri dongeng, replika bangunan dengan atap jamur ini memberi kesan sederhana namun unik.

Berjalan tak jauh dari rumah jamur, Anda penggemar film Lord of The Ring pasti tak lagi asing dengan bangunan ini. Terlihat bak bukit kecil dari jauh, kawasan ini nyatanya merupakan rumah Hobbit, makhluk kecil dalam tokoh film yang terkenal.

Related Post

Rumah dengan lubang berukuran pendek memungkinkan Anda berfoto di depan. Ada juga dua patung kurcaci seperti tokoh putri salju yang melengkapi desain bangunan.

Kawasan berikutnya pasti akan menarik bagi Anda penggemar Korea, terutama drama. Karena terdapat area bertema drama yang asik untuk diunggah di media sosial. Pengelola menyediakan poster sejumlah publik figur dari Negeri Ginseng tersebut.

Sebagai tambahan, berdiri pohon harapan untuk digantung oleh pengunjung. Fasilitas ini, menyerupai pohon harapan yang dikenal dalam kebudayaan masyarakat Korea.

Rute Menuju Taman Bunga Celosia

Di antara tiga objek wisata tersebut, Taman Bunga Celosia berada di sisi kanan jalan dari jalan utama. Terdapat baling-baling raksasa yang bisa menjadi petunjuk untuk menemukannya. Lokasi dari Taman Celosia ada di Jl. Gedong Songo, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rutenya terbilang mudah, dari Kota Semarang Anda harus menempuh jarak sekitar 35 km dan waktu satu setengah jam dengan kendaraan bermotor. Taman Bunga Celosia punya jalur yang sama dengan Candi Gedong Songo, terdapat banyak petunjuk sepanjang jalan.

Detail rute adalah jalan ke SPBU Gedong Songo, dan arahkan menuju wisata candi. Dari kawasan candi, butuh jarak setidaknya 100 meter agar sampai di sisi kanan tujuan dengan gerbang kincir angin.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Jika tertarik menyambanginya Anda hanya cukup merogoh uang sebesar Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Jam buka dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 setiap hari. Harga tiket tersebut tidak termasuk fasilitas penunjang lain di dalamnya.

Fasilitas pendukung lain yang bisa digunakan ialah mushola, WC, restoran, lahan parkir hingga warung sederhana yang cukup aman dan kondusif.

Nah, jika tertarik memilih Taman Bunga Celosia Semarang sebagai destinasi wisata berikutnya, akan leluasa jika Anda mengunjungi pada hari kerja jika memungkinkan. Hal ini untuk menghindari kepadatan pengunjung, untuk bebas berkeliling.

Waktu paling baik berkunjung adalah pagi menjelang siang, karena cahaya matahari yang tepat ke arah taman akan memberi sensasi hangat pada puncak.

Ingat pula untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih karena kawasan alam yang dikelola dengan baik. Jika ingin terhindar dari kemacetan terutama pada akhir pekan, ada baiknya menggunakan sepeda motor.

Sebagai wisata alam, Taman Bunga Celosia memberi nuansa sejuk yang indah. Ingat untuk mematuhi seluruh prosedur yang ada agar tidak merusak kawasan tersebut, dan nikmati waktu liburan Anda dengan orang-orang terdekat.