Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

Memang saat ini sektor pariwisata dalam negeri sedang terpuruk akibat adanya pandemi Covid-19. Namun bukan berarti prospek kerja jurusan pariwisata di masa mendatang tidak bagus. Diprediksi setelah pandemi Covid-19 ini berakhir, pariwisata Indonesia akan bangkit dan dapat menyerap banyak sekali tenaga kerja di dalamnya. Artikel tentang syarat masuk jurusan pariwisata yang saya tulis ini bisa menjadi referensi bagi anda yang tertarik untuk bekerja di dalamnya.

Deretan Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

Syarat masuk jurusan pariwisata menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan ketika anda ingin melanjutkan studi di bidang ini.  Memang, jurusan pariwisata memiliki persaingan yang tidak terlalu berat. Namun, terdapat syarat masuk yang dibutuhkan agar bisa melaksanakan studi di dalamnya dengan lancar.

Sektor pariwisata memang menjanjikan banyak sekali peluang kerja untuk anda masuki. penyebabnya tidak lain dikarenakan banyaknya objek wisata yang ada di negeri kita.

Hal itu menyebabkan dibutuhkan banyak sekali tenaga kerja di bidang ini, sehingga memasuki jurusan pariwisata bisa dianggap pilihan yang bagus. Berikut ini adalah deretan syarat masuk jurusan pariwisata yang perlu anda ketahui.

Lolos Test Masuk

Tentu syarat pertama untuk bisa kuliah di jurusan pariwisata adalah lolos tes masuk. Perlu diketahui bahwa terdapat universitas negeri dan swasta yang menyelenggarakan pendidikan jurusan pariwisata. Tentunya persaingan untuk bisa lolos tes masuk di perguruan tinggi negeri lebih sulit dibandingkan swasta. Beberapa perguruan tinggi yang membuka kelas pariwisata diantaranya UGM, UNAIR, UNIBRAW, UI dan Politeknik Pariwisata Bali.

Saya menyarankan anda untuk memilih universitas negeri yang memiliki akreditasi A sebagai pilihan pertama anda. Biasanya, anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang mapan apabila lulus dari universitas top tersebut. Memang persaingan untuk bisa masuk kedalamnya menjadi lebih berat. Namun, saya yakin anda mampu bersaing dengan para pelamar lainnya apabila anda belajar giat dari sekarang.

Memenuhi Kriteria

Syarat masuk jurusan pariwisata berikutnya adalah harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi pilihan. Setiap perguruan tinggi memiliki kriteria yang berbeda-beda. Ada yang mensyaratkan tinggi badan minimal, tidak buta warna, belum menikah, paru-paru sehat dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kamu harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan yang telah ditentukan perguruan tinggi tujuan studi anda.

Menyiapkan Dana Studi

Masalah dana tentunya wajib kamu siapkan untuk bisa melanjutkan studimu. Apalagi jika anda ingin memasuki perguruan swasta, biasanya biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan jurusan pariwisata jumlahnya lumayan besar. Namun anda tidak perlu khawatir, apabila kondisi keuangan anda kurang baik.

Related Post

Anda tetap bisa melanjutkan studi di jurusan ini, namun pilihannya adalah pada Universitas Negeri. Hal itu dikarenakan anda bisa mendapatkan beasiswa bidik misi, apabila mendaftarkan diri ke Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Ketika anda mendapatkan beasiswa bidik misi, tidak hanya anda akan mendapatkan sekolah gratis, anda juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

Cinta Akan Lingkungan

Ketika anda bekerja di bidang pariwisata, tentunya secara langsung akan berhubungan dengan alam. Oleh sebab itu, anda harus memiliki sifat cinta akan lingkungan agar bisa bekerja di bidang pariwisata dengan baik. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, tentunya bidang pariwisata menjadi lebih berkembang.

Lancar Dalam Berbahasa Asing

Sebagai orang yang bekerja di bidang pariwisata, tentunya anda akan bertemu dengan berbagai turis dari berbagai negara. Oleh karena itu, lancar dalam berbahasa asing menjadi salah satu syarat masuk jurusan pariwisata yang perlu anda persiapkan. Minimal, anda bisa berbicara menggunakan bahasa inggris dengan baik dan berkomunikasi lancar dengan para bule yang menjadi turis.

Memiliki Ide Kreatif

Kreatifitas menjadi hal penting yang perlu dimiliki seorang yang bergerak di bidang pariwisata. Dengan ide segar yang anda miliki, anda bisa mengembangkan potensi di tempat anda bekerja. Apalagi negeri kita Indonesia, memang dari awalnya telah memiliki potensi yang besar di bidang pariwisatanya.

Mudah Bergaul

Sebagai orang yang bekerja di bidang pariwisata, tentunya anda akan bertemu dengan beragam orang. Oleh sebab itu, kemampuan bergaul dengan berbagai kalangan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki. Ini menjadi salah satu syarat masuk yang perlu anda miliki, apabila ingin melanjutkan studi di jurusan pariwisata.

Dengan kemampuan bergaul yang anda miliki, anda bisa menjalin relasi dengan berbagai kalangan. Relasi ini tidak bisa anda sepelekan, karena sangat berhubungan erat dengan kesuksesan pekerjaan anda. Oleh karena itu, berlatihlah dari sekarang untuk bisa mengembangkan kemampuan bergaul yang dimiliki.

Universitas yang Ada Jurusan Pariwisata

Setelah membahas mengenai syarat masuk jurusan pariwisata diatas, tentunya anda perlu juga mengetahui pilihan universitas untuk dimasuki. Beberapa Universitas Negeri Top di tanah air ternyata mengajarkan jurusan pariwisata di dalamnya, sebut saja UGM, UNIBRAW dan UI. Ketiga universitas tersebut menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin melanjutkan studinya di bidang pariwisata. Biasanya alumni dari Universitas Negeri top akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Selain ketiga Universitas negeri top diatas, ada juga Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Bandung (STPIB). STPIB merupakan perguruan tinggi yang berafiliasi langsung dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Lulusannya juga terbukti banyak yang disalurkan oleh pemerintah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Ini bisa menjadi pilihan alternatif, apabila anda tidak diterima di ketiga universitas yang telah saya sebutkan diatas.

Apabila anda tidak diterima juga di STPIB dan tetap ingin melanjutkan studi di jurusan pariwisata, maka perguruan tinggi swasta bisa menjadi alternatif berikutnya. Hanya saja, biasanya biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Swasta jurusan pariwisata biasanya cukup tinggi. Beberapa perguruan tinggi swasta yang memiliki jurusan pariwisata terbaik diantaranya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP Sahid), Sekolah Tinggi pariwisata Trisakti dan Universitas Pelita Harapan.