Sekolah Kedinasan di Makassar

Bagi beberapa orang, melanjutkan studi di sekolah kedinasan menjadi sebuah pilihan utama. Hal itu dikarenakan adanya ikatan dinas membuat mahasiswanya memiliki peluang yang lebih besar untuk langsung bekerja. Oleh karena itu, tidak sedikit lulusan SMA yang memilih untuk melanjutkan ke sekolah kedinasan. Untuk itu, kali ini akan dibahas tentang 7 sekolah kedinasan di Makassar yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih sekolah kedinasan. Yuk simak ulasannya!

Rekomendasi 7 Sekolah Kedinasan yang Ada di Makassar

Terdapat 7 sekolah kedinasan yang ada di Makassar dan dapat menjadi pilihan anda, terutama yang tinggal di Pulau Sulawesi. Ketujuh sekolah kedinasan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Politeknik Penerbangan Makassar

Anda memiliki cita-cita untuk bekerja di penerbangan? Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Politeknik ini merupakan perguruan tinggi jenjang diploma yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan Indonesia. Poltekbang Makassar ini terletak di wilayah Biringkanaya yang masih berlokasi di Makassar.

Sebagaimana cabang lainnya di Indonesia, Poltekbang Makassar bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan profesional di tingkat perguruan tinggi jenjang diploma pada bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Untuk masuk ke Politeknik Penerbangan Makassar ini tentu juga ada persyaratan yang harus anda penuhi.

Beberapa syarat tersebut adalah WNI dengan usia 16 hingga 23 tahun dengan tinggi badan lebih dari 160 cm untuk pria dan lebih dari 150 cm untuk wanita. Tidak memiliki tato, kondisi mata sehat dan tidak plus, minus, atau silinder. Sementara itu, syarat yang diberlakukan untuk nilai adalah rata-rata tidak kurang dari 7 untuk skala 1-10, 70 untuk skala 10-100, atau 2,8 untuk skala 1-4.

2. Politeknik Kesehatan Makassar

Sekolah kedinasan di Makassar selanjutnya yang bisa menjadi pilihan anda adalah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Makassar yang terletak di wilayah Rappocini. Sekolah kedinasan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang berminat dengan bidang kesehatan. Poltekkes Makassar ini berada di bawah kelolaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Banyak lulusan SMA yang mengincar Poltekkes Makassar karena dinilai memiliki jaminan karir yang cukup menjanjikan. Lulusan dari Politeknik Kesehatan Makassar ini nantinya akan lebih mudah untuk menjadi tenaga medis atau ahli profesional yang sifatnya tetap di berbagai lingkungan kerja. Untuk lulusan SMK juga bisa mendaftar di Politeknik Kesehatan Makassar.

Poltekkes Makassar ini sudah mengantongi akreditasi B dengan beberapa pilihan program studi. Anda bisa memilih program studi yang cocok dengan minat anda, seperti Keperawatan, Gizi, Fisioterapi, Farmasi, Kesehatan Lingkungan, dan Analisis Kesehatan. Bagi anda yang suka dengan kesehatan, jangan sampai melewatkan sekolah kedinasan di Makassar ini.

3. Politeknik Akademi Teknologi Industri Makassar

Sekolah kedinasan yang satu ini juga sering disebut dengan Politeknik ATI yang berlokasi di wilayah Tallo, Makassar. Politeknik Akademi Teknologi Industri ini cocok sekali untuk anda yang menginginkan untuk berkarir di bidang industri. Sejak berdiri pada tahun 1967, sekolah kedinasan ini telah terbukti berhasil mencetak lulusan yang kompeten untuk dunia industri.

Sebagaimana politeknik pada umumnya, sekolah kedinasan ini juga bertugas untuk mendidik para mahasiswanya pada jenjang diploma. Saat ini akreditasi yang dimiliki oleh Politeknik Akademi Teknologi Industri adalah B dengan beberapa pilihan studi. Teknik Industri, Teknik Kimia, Ilmu Teknik, dan Teknik Mesin adalah beberapa jurusan yang bisa anda pilih di sini.

Politeknik ini berada dibawah pengelolaan Kementerian Perindustrian Indonesia dengan tawaran beasiswa untuk mahasiswa yang kompeten. Untuk biaya per semesternya berbeda-beda, tergantung jurusan apa yang anda pilih. Namun, rata-rata biaya per semester yang perlu anda bayarkan adalah sebesar Rp 1 jutaan dengan waktu studi 3 tahun atau 6 semester.

Related Post

4. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Gowa

Sekolah kedinasan di Makassar selanjutnya yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa. Sekolah tinggi ini juga dikenal dengan Politeknik Pertanian Gowa yang beroperasi di bawah naungan Kementerian Pertanian Indonesia. Sekolah kedinasan yang satu ini juga cukup populer di Makassar.

Sebagai lulusan dari sekolah tinggi ini, anda akan mendapatkan gelar Diploma 4 dari beberapa program studi yang anda inginkan. Namun, sebagaimana namanya, ilmu yang akan anda pelajari di sini tentunya akan berhubungan dengan ilmu peternakan, pertanian, penyuluhan, atau pendidikan. Sekolah kedinasan ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengembangkan pertanian.

5. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Anda ingin bekerja di bidang pelayaran? Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Sekolah kedinasan ini juga biasa disebut PIP Makassar yang berlokasi di wilayah Wajo, Kota Makassar. Di sini anda akan belajar banyak hal seputar pelayaran, seperti Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan, Teknika, dan Nautika atau Kelautan.

PIP Makassar ini banyak menjadi incaran para lulusan SMA di Makassar yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan di Makassar pada bidang pelayaran. Daya tarik lainnya adalah jaminan langsung mendapatkan pekerjaan bagi para lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Dalam segi prospek kerja tentu sangat menguntungkan, bukan?

6. Politeknik Pelayaran Barombong Makassar

Politeknik Pelayaran Barombong juga menjadi sekolah kedinasan di Makassar yang bisa anda pilih jika menyukai bidang pelayaran. Politeknik ini juga berdiri dan beroperasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan sudah menghasilkan banyak pelaut handal. Politeknik Pelayaran Barombong berlokasi di Kecamatan Tamalate, Makassar.

Dengan melanjutkan pendidikan di sini, anda akan memperoleh sertifikat kompetensi melalui program diklat keahlian. Terdapat diklat pelaut pembentukan dan diklat peningkatan keahlian pelaut yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang unggul dan siap bekerja di bidang pelayaran.

Selain itu, disini juga terdapat diklat keterampilan yang dikhususkan untuk calon pelaut dan pelaut. Di dalam diklat ini, anda akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan standar internasional yang telah ditentukan oleh International Maritime Organization bagi para pelaut di dunia. Menarik, bukan?

7. Politeknik Pariwisata Makassar

Satu lagi sekolah kedinasan di Makassar yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda yang ingin melanjutkan studi di sekolah kedinasan. Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar adalah sekolah tinggi jenjang diploma yang beroperasi di bawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan terletak di Kecamatan Tamalate, Makassar.

Di sini terdapat beberapa jurusan yang bisa anda pilih, yaitu, jurusan hospitality, perjalanan, dan kepariwisataan. Masing-masing jurusan juga masih dibagi lagi menjadi beberapa program studi, kecuali jurusan kepariwisataan yang hanya memiliki satu program studi, yaitu Destinasi Pariwisata.

Untuk jurusan hospitality terbagi menjadi 4 program studi, yaitu Manajemen Tata Hidang, Manajemen Divisi Kamar, Seni Kuliner, dan Pengelolaan Perhotelan. Sementara itu, jurusan perjalanan dibagi menjadi 3 program studi, yaitu Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata.

Melanjutkan studi di sekolah kedinasan memang cukup menjanjikan dan memiliki prospek kerja yang bagus. Beberapa sekolah kedinasan yang ada di Makassar di atas bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda. sesuaikan sekolah kedinasan yang anda pilih dengan minat dan bakat yang anda miliki.