Jenis Mawar Langka Yang Diburu Para Kolektor

Mawar merupakan jenis tanaman perdu yang ada di dalam genus Rosa. Didalam genus ini terdapat lebih dari 100 spesies dan puluhan ribu varietas. Banyaknya varietas bunga mawar dikarenakan ia merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dilakukan rekayasa genetik, baik secara alami melalui persilangan ataupun menggunakan mutagen. Nah dari puluhan ribu varietas tersebut, ada beberapa jenis mawar langka yang diburu oleh para kolektor. Mau tahu apa saja itu? Mari anda simak artikel berikut ini.

Jenis Mawar Langka

Secara alami, bunga mawar berwarna putih, merah muda, merah ataupun kombinasi dari ketiga warna itu. Warna lain seperti warna hitam, kuning dan biru dapat muncul bila terjadi mutasi, baik mutasi secara alami di alam ataupun mutasi buatan yang dilakukan di laboratorium. Walaupun telah banyak dilakukan rekayasa genetik, ada dua warna bunga mawar yang masih terbatas jumlahnya, keduanya adalah mawar hitam dan biru.

Bunga Mawar Hitam

Di Indonesia, bunga mawar hitam pernah dijadikan sebuah lagu oleh grup band yang bernama Tipe X. Orang eropa menganggap bunga mawar yang berwarna hitam sebagai bunga yang telah diberi sihir kutukan. Sehingga disana banyak muncullah mitos menyeramkan mengenai bunga ini. Saya sendiri tidak mengetahui mengapa bisa muncul mitos seperti itu, karena di negara-negara barat pun tidak ada sejarahnya tumbuh sebuah bunga mawar yang berwarna hitam.

Jenis mawar langka ini di seluruh dunia hanya ada di sebuah desa di turki yang bernama Halfeti. Desa yang terletak di Provinsi Sanliurfa, Turki ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis dikarenakan adanya mawar berwarna hitam ini. Mawar ini hanya akan mekar pada musim panas, itupun sangat terbatas jumlahnya. Pemerintah turki pun telah berupaya membudidayakan varietas ini dirumah kaca agar dapat kelestariannya terjaka dan dapat terus menjadi sebuah wisata yang menarik.

Banyak kolektor tanaman hias yang menginginkan untuk membeli varietas ini. Hanya saja, pemerintah Turki masih melarangnya untuk diperjual belikan apalagi sampai dibawa ke luar negeri. Jikalaupun ada yang menjualnya secara ilegal, harganya akan sangat mahal sekali dan bahkan dapat mencapai ratusan juta rupiah. Wajar saja karena selain beresiko ditangkap, jenis mawar ini sangat sulit untuk dibudidayakan.

Bunga Mawar Biru

Mawar biru merupakan sebuah simbol kemewahan bagi orang barat. Banyak seniman di negara-negara barat yang menjadikan mawar biru sebagai obyek didalam karya seninya. Contohnya saja Rydtard Kipling yang menjadikan mawar biru sebagai sebuah puisi yang terkenal. Selain puisi, ada juga lukisan, lagu dan film yang menggunakan mawar biru sebagai inspirasinya.

Saya sendiri yakin para seniman tersebut sebenarnya belum pernah melihat secara langsung mawar biru. Hal itu dikarenakan mawar biru pertama kali muncul di dunia pada tahun 2004. Sebuah perusahaan biotehnologi asal Jepang berhasil menciptakan jenis mawar langka ini. Mereka menyisipkan sebuah gen yang dapat menghasilkan zat warna biru bernama Delphinidin.

Delphinidin merupakan sebuah pigmen yang berwarna biru, pigmen ini secara alami tidak terdapat di dalam tanaman mawar. Dengan menyisipkan gen untuk menghasilkan Delphinidin pada tanaman mawar, maka ilmuwan asal jepang berhasil menciptakan tanaman ini. Selain menyisipkan gen, para peneliti ini juga memotong gen yang memberi perintah untuk memproduksi pigmen warna lain.

Tingkat kesulitan pembuatanya sangatlah tinggi dan baru berhasil setelah dilakukan penelitian selama lebih dari 10 tahun. Itupun, para peneliti dari Jepang ini baru berhasil menciptakan bunga mawar dengan warna biru muda. Penelitian tentang bunga mawar biru ini sampai saat ini terus dilakukan, agar dapat menciptakan sebuah bunga mawar berwarna biru yang mencolok. Walaupun hingga kini, upaya tersebut belum menemui keberhasilan.

Saat ini, mawar berwarna biru muda ini telah dijual belikan secara bebas di Jepang. Harganya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar 40 dollar AS (600 ribu rupiah) per tanamannya. Bagi anda yang tinggal di Jepang, boleh juga tuh jika anda membeli tanaman ini lalu anda bawa pulang ke Indonesia. Siapa tahu, anda bisa berhasil membudidayakannya dan bisa dijual di Indonesia dengan harga yang mahal. Peluang bisnis yang menjanjikan tentunya karena jenis mawar langka ini belum banyak yang memilikinya di Indonesia.