Makanan Burung Lovebird

Makanan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung lovebird anda. Dengan memberikan makanan yang pas, burung peliharaan anda dapat tumbuh dengan baik. Pemilihan makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi burung lovebird peliharaan anda.

Kandungan Gizi

Sebagai pengetahuan dasar, pemahaman mengenai unsur-unsur didalam makanan burung sangat penting untuk anda ketahui. Berikut ini adalah unsur-unsur penting yang harus ada di dalam makanan burung lovebird anda.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan unsur di dalam makanan yang memiliki fungsi sebagai sumber energi, memperkecil oksidasi protein menjadi energi dan memelihara fungsi normal berbagai organ tubuh. Di dalam tubuh burung lovebird, kadar karbohidratnya ada pada kisaran 2%. Sementara pakan burung yang baik diberikan untuknya sebaiknya mengandung sekitar 60 hingga 70 % karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat di kisaran itu diantaranya pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai dan pisang.

Protein

Protein merupakan suatu nutrisi penting dalam pakan burung karena beberapa hal berikut ini :

  1. Protein merupakan zat pembangun tubuh, sehingga tanpa adanya nutrisi ini maka burung lovebird anda tidak dapat menciptakan sel-sel baru untuk pertumbuhannya.
  2. Seiring berjalannya waktu, di dalam tubuh lovebird akan ada sel atau jaringan yang mati. Adanya protein membuat sel/jaringan yang mati tersebut dapat digantikan dengan yang baru.
  3. Bahan baku pembentukan enzim, hormon dan zat-zat antibodi yang memiliki peran penting bagi kesahatan burung.
  4. Mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan luar sel.

Kekurangan protein dapat menyebabkan burung lovebird peliharaan anda menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, murung, susah berkicau dan seringkali berperilaku mencabuti sendiri. Burung lovebird yang kekurangan protein ini juga terkadang menunjukkan perilaku kanibalisme dengan cara memakan sesamanya yang berada sekadang.

Lovebird membutuhkan makanan yang mengandung sekitar 35% protein dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh dari makanan alami seperti ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacang panjang, kedelai dan jangkrik. Anda juga bisa memberikan Voer burung yang didalamnya terkandung protein dalam jumlah cukup tinggi (lihat nilai gizi dalam kemasannya).

Lemak

Lemak yang ada dalam makanan burung lovebird memiliki peran yang tidak bisa disepelekan. Lemak bisa menjadi sumber energi cadangan, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), pembawa berbagai vitamin (A,D,E dan K) serta sebagai pelindung bagian tubuh. Akan tetapi jangan berikan lemak dalam jumlah terlalu banyak, karena biasanya akan menyebabkan burung menjadi kegemukan. Burung yang gemuk ini biasanya cenderung malas untuk berkicau dan berkembang biak, tentunya ini tidak diinginkan bagi anda yang ingin menikmati kicauan burung lovebird anda.

Vitamin

Vitamin merupakan senyawa gizi penting yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin justru dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan burung kita. Misalnya saja ketika kita memberikan vitamin C terlalu banyak, burung lovebird kita beresiko terkena masalah pada ginjalnya.

Walau dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kita tidak bisa menyampingkan peranan vitamin. Beberapa fungsi pemberian vitamin dalam makanan burung lovebird diantaranya adalah :

  1. Membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel.
  2. Memperlancar metabolisme.
  3. Membentuk jaringan pengikat.
  4. Membantu pembentukan tulang.
  5. Membantu proses pembentukan darah.
  6. Sebagai antioksidan untuk mengikat berbagai senyawa radikal bebas.

Mineral

Kandungan mineral pada pakan lovebird juga tidak boleh anda abaikan. Anda perlu memberikan makanan dengan kandungan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhannya, Mineral berperan dalam pembentukan darah dan tulang, penyeimbang cairan tubuh, memfungsikan saraf, memfungsikan sistem pembuluh darah jantung dan lain sebagainya.

Sama seperti vitamin, mineral juga berfungsi sebagai koenzim yang dapat memungkinan tubuh melakukan fungsinya seperti memperoduksi energi, pertumbuhan dan penyembuhan. Beberapa mineral penting yang diperlukan lovebird adalah kalsium, fosfor, zat besi, mangan, yodium, cuprum, zink, magnesium, sodium, klorin dan kalium.

Jika burung tercukupi kebutuhan mineralnya, ia akan memiliki bulu yang kuat, mulus dan berkilau sehabis molting. Burung tersebut juga tidak mudah terkena penyakit rakhitis (tulang lembek), paralysis (lumpuh), perosis (tumit bengkak) dan urat kenting (tendo). Produktivitas indukan yang tercukupi mineralnya juga menjadi tinggi dengan tingkat kematian embrio yang rendah.

Related Post

Cara Pemberian Makan Burung Lovebird

Di habitat alaminya, jenis makanan yang biasa dikonsumsi burung lovebird diantaranya sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Lovebird biasanya makan dalam porsi banyak ketika hidup secara bebas di alam. Walaupun makan dalam jumlah banyak, jarang terjadi kegemukan atau masalah kesehatan lain yang diakibatkan oleh pola makannya. Hal itu disebabkan di alam liar burung lovebird pergerakannya cukup aktif.

Hal berbeda dengan lovebird yang dipelihara di kandang, yang mana pergerakannya sangat terbatas. Oleh karena itu, anda perlu memberikan makanan yang seimbang dan diatur sedemikian rupa sesuai dengan aktivitasnya. Makanan yang mengandung lemak sebaiknya dibatasi pemberiannya. Pemberian makanan yang mengandung lemak secara berlebih akan membuat burung anda menjadi terlalu gemuk. Burung lovebird yang terlalu gemuk cenderung malas untuk bergerak dan berkicau.

Pemberian pakan burung lovebird harus dengan takaran yang cukup dan teratur. Secara sederhana, proses pemberian pakan lovebird dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  1. Berikan sayuran segar seperti brokoli, tauge, bayam, sawi atau kangkung setiap hari secara bergantian.
  2. Berikan buah-buahan segar, seperti apel, pisang atau pepaya 2-3 kali seminggu. Jika memberikan buah apel sebagai makanan, pastikan bijinya telah dibuang karena bisa menjadi racun bagi lovebird.
  3. Biji-bijian kaya lemak harus diberikan dalam jumlah yang terbatas, kecuali untuk lovebird yang akan diternakkan.
  4. Seminggu sekali bisa diberikan minuman susu cair.
  5. Semaksimal mungkin hindari pemberian makanan seperti buah alpukat, coklat dan kopi karena bisa berakibat buruk bagi lovebird.

Pemberian makanan yang baik untuk lovebird adalah dilakukan secara variatif sehingga burung anda tidak merasakan makanan monoton setiap harinya. Variasi pakan juga dapat memberikan asupan nutrisi, vitamin dan mineral yang cukup karena setiap bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Pakan yang bagus adalah pakan yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, juga vitamin.

Selain itu, diperlukan pula pakan yang cukup mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid dan Ca-D. Pemberian vitamin yang dicampur minuman juga diperlukan. Minuman sebaiknya diganti setiap hari untuk menjaga higienitasnya sehingga burung anda terhindar dari penyakit.

Jenis Makanan Burung Lovebird

Lovebird pada umumnya suka makan biji-bijian, terutama biji bunga matahari. Akan tetapi pemberiannya perlu diwaspadai bila terlalu banyak karena didalamnya terkandung lemak dalam jumlah tinggi. Untuk mencegah kegemukan pada burung lovebird peliharaan anda, ada baiknya pemberian biji bunga matahari dibatasi 7-10 biji saja per hari. Jangan lupa tempat makan lovebird dibersihkan setiap hari dari sisa-sisa kulit biji yang dimakannya.

Berikut ini adalah jenis makanan yang biasanya diberikan kepada burung lovebird :

  • Campuran biji-bijian
    Pakan berupa biji-bijian sebaiknya tidak melulu disajikan dalam bentuk sejenis saja. Ada baiknya apabila anda mencampur dengan jenis biji-bijian lain agar kandungan nutrisi dan vitaminnya menjadi lebih lengkap. Campuran biji-bijian bisa dijadikan pakan utama, tetapi pilihlah biji-bijian yang kadar lemaknya rendah. Biasanya di toko atau pasar burung banyak yang menyediakan campuran biji-bijian sebagai pakan lovebird.
  • Sayuran segar
    Sayuran segar tidak hanya menjadi konsumsi pemilik lovebird, tetapi burungnya pun juga menyukainya. Burung lovebird sangat menggemari sayur-sayuran segar seperti kangkung, sawi putih, jagung muda dan jenis sayur lainnya. Jangan memberikan sayuran sisa dapur kepada lovebird karena bisa jadi didalamnya terdapat bibit penyakit yang dapat membahayakannya.
  • Buah segar
    Beberapa jenis burung menyukai buah-buahan sebagai pakan utama ataupun pakan tambahan. Diantara buah-buahan yang bisa diberikan kepada burung lovebird adalah pepaya, pisang kepok yang sudah matang dan apel. Buah untuk pakan burung lovebird anda sebaiknya yang telah matang di pohon. Tidak disarankan untuk memberikan buah yang matangnya karena dikarbit, ini dapat membahayakan kesehatan burung anda.
  • Tulang sotong
    Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan ketahanan tulang burung lovebird anda. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, anda perlu memberikannya asupan kalsium tambahan. Lovebird dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkannya.
  • Extra fooding
    Biji bunga matahari, biji fumayin, biji kedelai, biji kacang merah dan kacang hijau sangat digemari oleh burung lovebird. Anda bisa memberikannya sebagai pelengkap untuk mencukupi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuhnya. Pemberian biji juga dapat meningkatkan sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh lovebird.

Jumlah Makanan

Jumlah makanan yang diberikan untuk burung lovebird harus diatur agar mencukupi kebutuhannya. Tetapi, pemberian makanan tidak boleh dilakukan dalam dosis berlebih. Jumlah yang cukup dapat diperkirakan berdasarkan pengamatan dan pengalaman sehari-hari pada burung peliharaan anda. Pemberian pakan dilakukan dengan frekuensi dua kali sehari, pagi dan siang hari.

Pada pagi hari, berikan makanan yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan makanan yang diberikan pada siang hari karena pada waktu tersebut burung lebih aktif makan. Setiap hari pakan harus diganti dengan yang baru, terutama apabila anda memberikan pakan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang mudah basi. Memakan makanan yang sudah basi ini dapat menyebabkan burung peliharaan anda menjadi sakit.

Beberapa hal yang menjadi faktor penentu berapa jumlah yang perlu diberikan kepada burung lovebird adalah :

  • Berat badan burung
    Berat badan mempengaruhi kebutuhan asupan makanan burung lovebird. Untuk pedoman, burung berkicau yang beratnya sekitar 1-90 g dapat makan sekitar 20% dari bobot badannya per hari. Jika lovebird mempunyai bobot 50 gram maka jumlah makanan yang diberikan per hari sekitar 10 gram.
  • Jenis pakan
    Jenis pakan mempengaruhi jumlah makanan yang diberikan kepada burung peliharaan. Misalnya biji-bijian mengandung lebih sedikit air daripada buah dan sayuran, sehingga sebaiknya diberikan kurang dari 20% bobot makannya.
  • Umur burung
    Umur burung juga mempengaruhi jumlah makanan yang diberikan kepadanya dalam sehari. Burung dewasa dapat diberikan makanan sekitar 20% berat tubuhnya, sedangkan anak burung bisa diberikan makan 50% berat tubuhnya dalam sehari.

Jumlah makanan yang diberikan juga berkaitan dengan luas sangkar tempat hidupnya. Jika burung menempati sangkar yang kecil, pakan yang diberikan lebih sedikit dibandingkan dengan yang tinggal di sangkar besar. Hal ini dapat dimaklumi sebab di dalam sangkar yang kecil, energi yang dikeluarkan oleh burung relatif kecil jika dibandingkan dengan burung yang menempati sangkar besar.

Di samping faktor-faktor yang telah disebutkan diatas, burung juga mempunyai selera terhadap suatu jenis pakan. Gejala ini disebut palatabilitas dan tergantung kepada beberapa faktor. Misalnya saja ada jenis burung lovebird yang lebih menyukai makanan yang basah seperti pepaya, tetapi ada juga yang lebih menyukai makanan kering seperti biji-bijian.

Categories: Hewan