Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Memilih jurusan perkuliahan memang tidak mudah. Ada banyak hal yang mungkin dipertimbangkan untuk memilihnya. Pasalnya, calon mahasiswa memiliki waktu yang singkat dan masa depannya tergantung pada momen yang sangat singkat tersebut. Salah satu jurusan yang belakangan banyak mendapatkan perhatian adalah jurusan kesehatan masyarakat. Jika kamu tertarik untuk memilih jurusan ini, berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang wajib kamu ketahui.

Mengenai jurusan kesehatan masyarakat

Sebelum berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat, alangkah baiknya kita mengenal jurusan ini terlebih dahulu. Jurusan kesehatan masyarakat memang bukan jurusan yang baru. Akan tetapi jurusan ini baru mendapatkan perhatian yang cukup besar di beberapa tahun belakangan. Jurusan ini semakin populer karena gaya hidup yang semakin modern. Gaya hidup yang semakin modern membuat masyarakat menjadi lebih sadar dengan kesehatan. Inilah yang membuat pekerjaan dari bidang ini menjadi lebih prospektif.

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali universitas yang sudah membuka jurusan kesehatan masyarakat ini. Salah satu universitas yang sangat populer dengan jurusan kesehatan masyarakatnya adalah Universitas Diponegoro. Universitas ini memiliki akreditasi A untuk jurusan dan fakultas kesehatan masyarakatnya.

Apa saja yang dipelajari dari jurusan kesehatan masyarakat?

Jika kita bicara mengenai kesehatan masyarakat, kita tahu bahwa sudah pasti jurusan ini belajar mengenai kesehatan masyarakat secara umum. Nah, jika dokter bekerja untuk merawat pasien perorangan, maka jurusan ini lebih identik dengan mempelajari apa yang ada di masyarakat secara umum.

Lebih tepatnya, jurusan ini akan belajar mengenai patologi, ilmu gizi dan hal-hal lainnya yang menyangkut kesehatan masyarakat secara umum. Jadi jika dilihat, sistem belajar di jurusan ini akan membutuhkan banyak kemampuan mengingat. Bahkan di tahun pertama kamu pasti akan belajar banyak sekali hal baru.

Akan tetapi selain membutuhkan daya ingat tinggi, jurusan kesehatan masyarakat juga membutuhkan kemampuan komunikasi dan jiwa sosial yang tinggi lho! Mengapa? Karena seperti tenaga kesehatan yang lainnya kamu akan bertemu dengan banyak orang saat kerja praktek dan bekerja setelah berkuliah. Jadi pastikan kamu memiliki passion melayani sebelum kamu memilih jurusan ini ya!

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat

Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di jurusan kesehatan masyarakat ini. Mungkin tidak sedikit yang mengatakan bahwa jurusan kesehatan masyarakat ini hanya akan memberikan kamu gaji yang kecil. Akan tetapi jika kamu memilih profesi dan pendalaman jurusan yang tepat kamu bisa saja mendapatkan kesempatan yang besar.

Menjadi ASN

Paling sederhana, kamu bisa mengambil jurusan kesehatan masyarakat untuk bekerja di pemerintahan. Kamu bisa mendaftar menjadi ASN dan bisa mendapatkan gaji serta tunjangan yang mencukupi. Paska bekerja kamu juga bisa mendapatkan tunjangan hari tua lho!

Menjadi Ahli Gizi

Selain bekerja sebagai ASN, jurusan kesehatan masyarakat juga bisa membawa kamu ke karier yang lebih profesional. Misalnya kamu mengambil ilmu gizi, kamu bisa bekerja di perusahaan yang memiliki kebutuhan tersebut. Seperti perusahaan membuat produk spesial diet. Di sini kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan dan gaji yang besar.

Menjadi YouTuber gizi yang profesional

Bahkan saat kamu kuliah, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan membuka kanal YouTube. Mengapa? Saat ini banyak sekali orang yang mencari teknik diet yang aman. Jika kamu mengetahui ilmu gizi, akan lebih mudah bagi kamu untuk membangun kanal diet.

Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat berupa dana tambahan dari kanal kamu dan ilmu kamu juga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bagaimana ada banyak sekali bukan peluang yang bisa kamu dapatkan dengan belajar di jurusan kesehatan masyarakat ini?

Apa kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat?

Setiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan jurusan kesehatan masyarakat ini. Untuk kekurangan dan kelebihan dari jurusan ini, berikut ini adalah ulasannya.

Kelebihan belajar di jurusan kesehatan masyarakat

Ada banyak sekali kelebihan belajar di jurusan kesehatan masyarakat ini. Apa saja? Ini dia ulasannya.

Related Post

Memiliki banyak peluang kerja

Pertama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa masuk ke banyak pekerjaan. Sebagai alumni jurusan kesehatan masyarakat kamu bisa mendapatkan peluang yang sangat besar di bidang kerja. Bukan hanya itu, jika memang kamu belum mendapatkan peluang di dunia kerja, ilmu kamu juga bisa digunakan untuk mencari peluang sendiri lho!

Bertemu dengan banyak orang

Jika kamu adalah orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, kamu jurusan ini adalah jurusan yang paling tepat untuk kamu. Jurusan kesehatan masyarakat merupakan jurusan yang bisa membantu kamu bertemu dengan banyak orang saat bekerja maupun saat melaksanakan pendidikan.

Karena ada banyak orang yang akan kamu temui, kamu bisa belajar banyak tentang cara komunikasi. Jadi ada banyak skill yang bisa kamu asah di sini. Untuk kamu yang mendamba masa depan yang bersinar, jurusan ini bisa jadi salah satu cara untuk kamu mencapainya. Mengapa? Tidak ada orang yang sulit berkomunikasi yang bisa bertahan dan sukses di dunia kerja yang sangat sulit ini.

Memiliki masa depan yang cukup menjanjikan

Jika kita lihat saat ini, jurusan kesehatan masyarakat memang belum banyak menunjukkan taringnya. Akan tetapi dengan adanya pandemi ini, kesehatan masyarakat dan lingkungan mungkin akan meroket.

Mengapa? Pasalnya dengan adanya pandemi ini perhatian mengenai kesehatan lingkungan akan lebih ditingkatkan. Hal inilah yang akan membuat pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan dan kesehatan secara umum akan mendapatkan spotlight yang cukup menjanjikan.

Ingat ya! Jika kamu akan mencari jurusan kuliah, pastikan kamu melihat potensi di masa depan, bukan pekerjaan yang menghasilkan di masa kini. Mengapa? Karena kamu paling cepat akan bekerja di 3.5 tahun kemudian jika memungkinkan. Jadi pastikan kamu memiliki pandangan yang lebih jauh di masa depan.

Kekurangan dari jurusan kesehatan masyarakat

Jika bicara mengenai kekurangannya, jurusan kesehatan masyarakat ini tentu juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya?

Jumlah tenaga kerja andal yang dibutuhkan masih cukup sedikit

Ada banyak sekali profesi menguntungkan yang bisa didapatkan dengan jurusan kesehatan masyarakat. Profesi menguntungkan ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan gaji yang besar. Akan tetapi pada saat ini, profesi ini memang belum bisa ditemukan dengan mudah. Kamu harus bisa mencari peluang sebaik mungkin untuk bisa memanfaatkan ilmu kamu.

Caranya adalah dengan belajar giat dan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat yang luas. Tujuannya adalah untuk membuka wawasan kamu mengenai pekerjaan menarik yang bisa kamu dapatkan dengan jurusan ini.

Membutuhkan kemampuan komunikasi dan sosial yang tinggi

Bekerja dengan orang, memang ada suka dan dukanya. Sukanya adalah kamu bisa belajar banyak mengenai hal yang tidak kamu tahu sebelumnya tetapi kamu juga harus bisa menangani karakter orang yang bermacam-macam. Sulit jika kamu tidak memiliki keinginan untuk belajar dan menjadi lebih baik jika kamu ingin masuk ke jurusan ini. Oleh karena itu, siapkan diri kamu ya!

Nah, kini kamu sudah tahu bukan apa saja kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang mungkin akan kamu hadapi. Intinya, apapun jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang baik dan bermanfaat. Asal kamu mau berusaha untuk menjadi terbaik di bidang tersebut.