Jenis Batu Ruby Termahal

Berbagai jenis batu ruby termahal yang pernah terjual, semuanya berasal dari Birma. Memang negara ini dikenal sebagai salah satu sumber batu permata terbaik di dunia. Selama berabad-abad, burma memang dikena menjadi salah satu pusat batu permata terpenting di dunia. Selain menjadi sumber batu ruby, birma juga menjadi negara penghasil Giok dan Safir.

Tambang batu permata di Mogok yang ada di birma merupakan tambang terbesar ruby yang ada di Dunia. Saat ini lebih dari 85% dari produksi ruby dan safir per tahun yang ada di dunia berasal dari tambang satu ini. Hal itu terutama setelah tambang Khasmir yang ada di India ditutup dikarenakan depositnya yang telah mulai habis. Selain menghasil jumlah ruby dalam skala besar, tambang mogok juga dikenal menghasilkan jenis batu ruby yang terbaik, sehingga batu yang berasal dari tambang ini memiliki harga termahal jika dibandingkan daerah lainnya.

Jenis Batu Ruby Termahal

Saat ini yang menjadi batu ruby termahal di dunia adalah sebuah batu yang dijuluki Sunrise Ruby. Batu ini terjual dengan harga $30,42,000 atau sekitar 45 milyar rupiah, membuatnya menjadi batu permata termahal selain berlian. Pada artikel ini saya akan sedikit mengulas tentang jenis batu ruby termahal yang pernah terjual di dunia.

1. Sunrise Ruby

Ruby ini terjual dengan harga 30,42 juta dollar amerika pada tanggal 12 Mei 2015 di pelelangan Sotheby, Jenewa, Swiss. Sebelum dilelang, awalnya batu ini diperkirakan bernilai sekitar 12 hingga 18 juta dollar dan penawaran awal dimulai dari 11 juta Franc Swis atau sekitar US $ 11,8 Juta. Pelelangan berlangsung sekitar 7 menit dengan melalui telepon dan tatap muka. Ruby Sunrise ternyata jauh melampau pemegang rekor sebelumnya yaitu Cincin Ruby Graff, yang terjual seharga US $ 8,6 juta pada November 2014. Sehingga hingga saat ini, batu ini menjadi batu ruby termahal yang pernah terjual.

Batu ruby berwarna merah darah seberat 25,58 karat ini berasal dari Birma. Perhiasan cincin ini dirancang oleh Cartier dan dipasangkan di antara dua buah berlian seberat 2,47 karat dan 2,70 karat. Batu ini dianggap menjadi salah satu yang paling bagus dari semua batu permata. Swiss Gemmological Institute mengambarkannya sebagai “harta karun alam yang unik” dan memuji potongannya yang proposional serta warna merahnya yang sangat indah. Lab Batu Permata Gubelin di Zurich menyatakan bahwa kombinasi karakteristik seperti ini, sangat jarang terdapat di rubi birma dengan ukuran sebesar ini.

Direktur Sotheby’s International Jewellery Division, David Bennet, ketika diwawancarai tentang batu ruby termahal ini menyatakan bahwa selama 40 tahun ia berada di industri perhiasan, dia belum pernah melihat batu ruby seindah ini. Dalam sertifikat yang dikeluarkan lab Gubelin, menyatakan bahwa ruby ini berasal dari birma dan bahwa warna merahnya masuk kategori blood pigeon tanpa terdeteksi adanya treatment apapun di batu ini. Batu permata dengan kualitas yang sama biasanya terbentuk hanya dalam kristal kecil, menjadikan permata ini sangat langka.

2. The Crimson Flame Ruby

Keberadaan batu ruby di Birma memang fenomenal sejak ratusan tahun yang lalu. Saat Marco Polo menjelajah dunia pada abad ke-13, ia sangat tertarik denga keindahan batu dari Birma ini. Delapan ratus tahun kemudian, batu rubi birma berkualitas menjadi sangat langka sehingga selalu menimbulkan kehebohan di ruang lelang. Apalagi jika batu tersebut tidak diberi threatment sama sekali dan berukuran lebih dari 15 karat seperti yang dimiliki The Crismon Flame ini. Batu berwarna merah darah engan berat 15,04 karat ini terjual seharga HK$141,800,000 atau sekitar 18,9 juta dollar amerika pada Desember 2015. Hal itu menjadikannya sebagai batu ruby termahal di dunia ke dua dibawah the sunrise.

3. Kalung Ruby dan Berlian Etcetera

Edmon Chin adalah seorang perancang perhiasan ternama di balik merek Etcetera, yang ia dirikan pada tahun 2000. Merek ini terkenal karena memiliki desainnya yang unik dan banyaknya inovasi yang ditampilkannya. Pada Juni 2014 di Hongkong, Etcetera melelang sebuah perhiasan karyanya yang menurut Edmon chin sangat istimewa. Perhiasan itu adalah sebuah kalung yang menampilkan 48 rubi oval dengan berat 1,10 hingga 7,02 karat dan semuanya berasal dari birma. Semua ruby yang ada di kalung ini juga berwarna merah darah dan tidak terindikasi adanya treatment apapun. Kalung ini akhirnya terjual seharga 13 juta dollar menjadikannya perhiasan ruby termahal ketiga yang pernah terjual.

4. Graff Ruby

Batu ruby termahal lainnya yang terjual di pelelangan Sotheby, Jenewa adalah Graff Ruby yang dijual terjual kembali ke pemilik sebelumnya Laurence Graff pada November 2014. Batu ruby ini memiliki potongan cushion dan berwarna merah darah. Memiliki berat 8,62 karat dan dipasang di antara berlian berbentuk segitiga dalam emas putih yang dikelilingi dengan potongan berlian berbentuk bulat sehingga terlihat sungguh mempesona.

5. Bros Ruby dan Berlian

Dalam sebuah pelelangan yang diadakan Christie’s di hongkong pada November 2014, sebuah bros yang terbuat dari emas putih, berlian dan ruby birma yang didesain oleh Cartier terjual serhaga 8,4 juta dollar. Bross ini berisi sebuah ruby Mogok Burma seberat 10 karat dan berwarna merah darah. Menurut Christie’s, permata ini menunjukkan warna merah darah yang dikombinasikan dengan kejernihan dan potongan yang terlihat sangat indah. Inklusi kecil yang ditemukan dengan pemeriksaan mikroskopis menunjukkan ciri khas batu ruby yang ditambang di lembang Mogok, Burma. Bross ini dilengkapi dengan empat berlian putih berbentuk segitiga di sudutnya dan dua belas berlian persegi tambahan disekelilingnya.