Jenis Ikan Tetra

Ikan Tetra merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak ditemukan di Amerika Selatan khususnya Colombia, Brazil, dan juga Peru. Keberadaan ikan tetra di Indonesia sudah semakin banyak dan berkembang mengingat banyak orang yang membudidayakan ikan hias satu ini. Ikan tetra yang merupakan ikan hias kecil memiliki banyak spesies didalamya. Jenis ikan tetra sendiri sudah mencapai 100 lebih.

Jenis Ikan Hias Tetra Yang Paling Populer di Indonesia

Dari banyaknya jenis ikan hias berukuran kecil ini, mereka memiliki ciri khasnya tersendiri. Tapi tahukah kamu ada beberapa jenis ikan hias tetra yang sangat diminati dan sangat populer di Indonesia? Penasaran dengan jenis yang populer tersebut?. Maka dari itu, mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

Ikan Neon Tetra

Ikan ini yang berasal dari Sungai Amazon di Amerika Selatan merupakan jenis ikan hias tetra yang paling laris dibeli dan banyak yang memeliharanya. Ikan neon tetra merupakan spesies yang tidak memakan ikan lain atau karnivora, makannya adalah pelet, cacing sutra ataupun kutu air. Ia sangat disukai karena kecantikan dan keindahan warnanya yang memiliki 3 warna yang sangat kontras.

Ketiga warna kontras tersebut ketika dalam keadaan cahaya yang terang, terlihat lebih mencolok seperti lampu neon. Dari situlah ikan ini disebut ikan neon tetra. Jika kamu ingin memelihara ikan ini, disarankan untuk membeli dalam jumlah banyak, minimal 6 ekor. Karena ikan ini terbiasa hidup berkoloni dengan sesama jenisnya. Harganya pun sangat murah, dengan 5 ribu saja kamu bisa membawanya pulang 1 ekor neon tetra ini.

Ikan Cardinal Tetra

Jenis ikan hias berukuran kecil yang paling populer di Indonesia adalah ikan cardinal tetra. Ciri fisik yang dimiliki oleh ikan satu ini hampir sama dengan ikan neon tetra. Ikan satu ini juga memiliki ukuran yang sama yakni 3 sampai 4 cm saja. Hal yang terlihat membedakan dari jenis ikan tetra cardinal dengan ikan neon tetra adalah garis merah yang full mulai dari kepala hingga bagian ekornya.

Ikan ini sangat mudah dipelihara, hanya perlu menjaga kebersihan air dan jangan memberi makan terlalu banyak. Ikan satu ini memiliki kebiasaan berenang secara bergerombol. Jadi usahakan memeblinya dalam jumlah banyak agar terlihat lebih indah. Harganya sangat murah dan lebih murah daripada ikan neon tetra.Untuk per ekor ikan cardinal tetra dibanderol dengan harga di kisaran 2000 sampai 3000 rupiah saja.

Ikan Black Neon Tetra

Black neon tetra juga ciri fisiknya hampir sama dengan kedua jenis tetra yang sudah disebutkan tadi. Perbedaannya terletak pada warna dimana warna dari ikan tetra satu ini memiliki garis hitam yang memanjang di seluruh tubuhnya. Di bagian bawah ikan warna gradasi dari hitam ke putih abu-abu membuat keindahan dari ikan ini semakin meningkat. Harganya juga hampir sama, berkisar 2000 sampai 5000 rupiah saja.

Serpae Tetra

Jenis ikan tetra hias berukuran kecil ini merupakan ikan yang kanbal atau menggigit ikan lainnya. Maka dari itu, jangan memasukkan ikan ini menjadi satu akuarium dengan ikan lainnya ya jika kamu tidak ingin ikanmu tiba-tiba menghilang. Ikan satu ini sangat senang jika tinggal dekat dengan tumbuhaan atau tanaman laut.

Emperor Tetra

Ikan ini memiliki warna tubuh yang kontras sehingga terlihat sangat menarik. Benar sekali, dibalik warna tubuhnya yang putih terang terdapat  sebuah garis hitam di bagian tengah tubuhnya. Ikan ini sangat bagus  jika dipelihara secara berkkelompok sehingga mereka  akan berenang bersama-sama mengelilingi akuarium.

Ikan emperor tetra bisa juga dipelihara bersama-sama dengan ikan kecil lainnya di sebuah akuarium. Ikan ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis ikan tetra yang relatif tahan banting. Ia tidak memerlukan perlakuan khusus, paling-paling anda hanya perlu menjaga kebersihan air dan ketersediaan oksigen di dalamnya saja.

Itu adalah beberapa jenis ikan hias tetra yang sangat  populer dan banyak dicari oleh para pecinta ikan. Jangan lupa untuk membelinya dalam jumlah banyak karena keindahan dari ikan tetra akan lebih terlihat jika dipelihara dalam jumlah banyak.