Ciri Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di bidang Psikologi setidaknya harus memiliki beberapa ciri ciri. Mengapa demikian? Apabila anda memiliki ciri ciri tersebut, anda tidak akan merasa kesulitan untuk belajar di bidang ini. Pasalnya, banyak hal yang harus anda pelajari dan hal itu minimal bisa selaras dengan ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi.

Beberapa Ciri Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi

Ada beberapa hal yang menjadi ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi, diantaranya :

1. Suka dengan Anak Kecil

Psikologi dan suka anak kecil rasanya tidak ada hubungannya, tapi sebenarnya sifat yang suka dengan anak kecil ini akan anda butuhkan ketika sudah masuk ke jurusan ini. Ketika menjadi mahasiswa Psikologi, biasanya tugas yang anda peroleh menuntut anda untuk berinteraksi dengan anak kecil. Itulah mengapa sifat ini sebaiknya anda miliki jika ingin masuk ke jurusan ini.

Apabila anda sudah memiliki sifat yang suka dengan anak kecil, maka hal itu akan lebih memudahkan anda untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen anda. Selain itu, anda juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan anak-anak. Sebab, meskipun terlihat sepele, berkomunikasi dengan anak-anak membutuhkan trik khusus yang tidak mudah.

2. Suka Membaca

Ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi selanjutnya adalah suka membaca karena ketika sudah masuk ke dunia perkuliahan nanti anda akan dituntut untuk membaca banyak buku dan artikel ilmiah. Hal ini memang penting untuk dilakukan supaya wawasan anda bertambah luas dan meminimalisir terjadinya kesalah diagnosa pada klien.

Dalam hal ini, tidak jarang anda harus membaca 3 hingga 4 artikel ilmiah dalam sehari untuk menguatkan pemahaman anda terhadap materi yang diberikan dosen. Apabila anda memiliki sifat yang gemar membaca dan mencari tahu lebih dalam, maka bisa dipastikan anda tidak akan merasa kuwalahan ketika menghadapi dunia perkuliahan nantinya.

3. Suka Mengamati

Seorang calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di bidang Psikologi harus suak mengamati karena anda dituntut untuk peka terhadap sekitar. Hal yang akan anda pelajari nantinya tidak akan jauh dari yang namanya pengamatan, baik itu seseorang atau lingkungan sekitar yang mendukung.

Untuk melatih kepekaan anda, maka bisa diasah mulai sekarang agar nantinya anda tidak kesulitan ketika dituntut untuk peka agar bisa mengerti kondisi klien anda. Ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi memang cukup membutuhkan kepekaan perasaan, sehingga anda tidak bisa menjadi orang yang cuek saat memilih bidang ini.

4. Sabar

Kriteria yang satu ini juga wajib dimiliki oleh orang yang ingin masuk ke jurusan Psikologi. Anda harus berlatih untuk sabar ketika membaca buku atau mencari referensi. Tidak hanya itu, anda juga dituntut untuk sabar ketika mendengarkan cerita dari klien dan sabar mengamati kondisi dari klien tersebut. Oleh karena itu, sifat sabar akan sangat mendukung studi anda.

Apabila anda masih sering marah atau merasa tidak sabar, maka sebaiknya mulai melatih diri agar tidak akan memberatkan anda sendiri nantinya. Jika anda terlatih untuk sabar menghadapi berbagai masalah, maka anda juga bisa menjadi Psikolog yang memahami dan mengerti peristiwa yang dialami oleh klien.

5. Selalu Berpikir Positif

Sebagai mahasiswa Psikologi, anda akan sering menerima curhat dari klien, bahkan tidak jarang banyak teman anda yang memilih untuk curhat kepada anda. Di sini anda berperan sebagai pihak ketiga yang berusaha untuk mendengarkan dan mengerti bagaimana kondisi mereka sebenarnya. Ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi adalah selalu berpikir positif.

Related Post

Mengapa demikian? Anda harus bisa memberikan motivasi dan semangat kepada orang yang membagikan ceritanya kepada anda. Di sinilah pentingnya menjaga pikiran selalu positif agar orang yang bercerita kepada anda juga tertular pikiran positif tersebut. Jika pikiran anda penuh dengan prasangka negatif, klien bukannya tenang, justru akan semakin panik.

6. Teliti dan Berpikir Kritis

Karakter yang teliti dan selalu berpikir kritis adalah karakter yang penting agar seorang Psikolog bisa melihat suatu peristiwa dari banyak aspek. Ketika anda menjadi seorang mahasiswa Psikologi, anda tidak boleh melihat suatu masalah yang dialami oleh klien hanya dari sisi klien saja. Namun, anda juga perlu melihat sisi lain yang mungkin bertolak belakang dengan klien.

Jika anda tidak memiliki sifat yang kritis dan teliti, maka akan sulit untuk mengetahui bagaimana cara memberikan feedback yang baik untuk klein anda. itulah mengapa penting sekali untuk memiliki karakter yang selalu kritis dan teliti saat melihat suatu masalah. Dengan demikian, anda juga bisa terhindar dari salah diagnosis yang akan memberikan kerugian kepada klien.

7. Ramah

Ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi selanjutnya adalah ramah karena nantinya akan sering bertemu dengan banyak orang. Sikap ramah yang anda tunjukkan juga akan berpengaruh terhadap klien yang anda tangani. Seorang Psikolog sebisa mungkin harus menciptakan suasana yang nyaman agar kliennya dapat bercerita dengan leluasa.

Jika anda memilih untuk melanjutkan studi di jurusan ini, maka anda harus menghindari sifat yang jutek dan berpotensi untuk menciptakan suasana yang tidak nyaman. Hal semacam ini memang perlu dilatih supaya anda bisa melakukan tugas dengan baik dan tercipta kedekatan secara emosional dengan klien yang anda tangani.

8. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Cara berkomunikasi yang baik kerap kali dianggap sebagai hal yang sepele oleh calon mahasiswa Psikologi. Padahal, kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci agar anda tidak kesulitan dalam menjalani studi di bidang Psikologi. Sebab, tugas anda nantinya akan lebih banyak dan lebih dekat dengan masyarakat.

Oleh karena itu, anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan memberikan penjelasan yang mudah untuk diterima. Seorang klien yang anda tangani tentu membutuhkan masukan dan saran dari anda. Jika kemampuan komunikasi anda buruk, maka saran yang anda berikan bisa jadi salah paham saat diterima oleh klien dan hal semacam ini berbahaya.

9. Mencintai Hidup

Mencintai hidup juga menjadi salah satu ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan Psikologi. Tugas seorang Psikolog yang mendengarkan dan memberikan masukan kepada klien juga harus dibarengi dengan sifat yang mencintai hidup. Dengan demikian, energi positif yang dimiliki oleh seorang Psikolog tersebut akan mengalir kepada klien yang ditangani.

Oleh karena itu, banyak sekali Psikolog yang senang dengan kegiatan bermasyarakat yang akan menunjang kehidupan. Contohnya seperti projek dengan anak jalanan, terlibat dengan tim pembantu korban bencana, senang berbagi cerita tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik, dan lain-lain. Sifat seperti ini memang sangat penting dimiliki calon mahasiswa Psikologi.

Ketika anda ingin melanjutkan studi di bidang Psikologi, setidaknya anda harus memiliki 3 ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi diatas. Hal ini tidak hanya berguna untuk mempermudah perjalanan studi anda, tapi juga bermanfaat untuk memaksimalkan peran anda sebagai seorang Psikolog.

Prospek kerja lulusan psikologi akan menjadi maksimal ketika ia cocok dengan bidang ilmu dan pekerjaannya. Ketika dirasa anda kurang cocok dengan sebuah jurusan, maka janglah anda memaksakan diri untuk masuk ke jurusan tersebut. Apalagi jika kamu masuk ke jurusan tersebut hanya karena keinginan orang tua atau keluarga.

Categories: Psikologi