Categories: Koleksi

Ciri Batu Bacan Kualitas Bagus dan Layak Pakai

Bacan memang tergolong jenis batu baru, karena baru beredar luas di pasaran pada sekitar tahun 2010an. Tepatnya setelah presiden saat itu, SBY memberikan batu ini kepada Barack Obama yang merupakan presiden Amerika ke 44. Bagi anda pecinta batu akik dan permata, belumlah lengkap jika anda tidak memiliki batu ini. Nah, bagi anda yang sedang ingin membeli batu bacan untuk dikoleksi, tentunya anda perlu mengetahui ciri batu bacan kualitas bagus.

Jenis Batu Bacan

Sebelum kita membahas tentang ciri batu bacan kualitas bagus, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu tentang jenis-jenis batu bacan yang ada di Indonesia. Walaupun sama-sama batu berjenis Chrysocolla Chalcedony, batu bacan ternyata memiliki banyak variasi warna yang bisa dipilih sesuai selera kita. Berikut ini beberapa jenis batu bacan yang bisa anda pilih untuk dijadikan koleksi :

Bacan Doko

Batu bacan doko merupakan jenis yang pertama kali muncul dan salah satu yang paling banyak diminati. Penyebabnya adalah batu ini memiliki warna hijau tua yang sangat memikat. Jenis batu ini pulalah yang banyak digemari pecinta batu di luar negeri, banyak sekali masyarakat Korea yang membeli bacan doko. Banyaknya peminat doko pun menyebabkan harganya relatif tinggi dibandingkan jenis batu bacan lainnya.

Bacan Palamea

Jenis bacan ini yang paling banyak beredar di pasaran dengan warna hijau tosca. Hanya saja, anda perlu berhati-hati ketika ingin membelinya dikarenakan banyak juga yang merupakan hasil treatment. Bacan Palamea kristal yang beredar di pasaran cukup banyak yang merupakan hasil treatment bacan kapur. Bacan kapur ini direndam dalam cairan kimia selama beberapa waktu sehingga akan membuat kapur menjadi padat dan tak terlihat oleh mata.

Hanya saja, treatment ini tidak bertahan dalam waktu lama sehingga bacan tersebut lama-lama akan kembali berubah menjadi kapuran. Tentunya hal tersebut akan merugikan anda sebagai konsumen, sehingga anda perlu berhati-hati ketika membelinya. Disarankan untuk membeli Palamea dari pedagang yang memiliki reputasi bagus dan telah berjualan dalam waktu lama. Hindarilah membeli dari pedagang baru, walaupun harga yang ditawarkannya begitu menggiurkan.

Bacan Blue Elektrik

Bacan blue elektrik memang kurang begitu populer di kalangan pecinta batu tanah air, tetapi tidak ada salahnya anda memiliki batu yang berwarna hitam kebiruan ini. Terkadang, ada variasi warna hitam, cokelat dan kehijauaan di dalam batu blue elektrik in yang akan menambah kemenarikannya. Sepengetahuan saya, tidak ada batu ini yang sudah mengkristal dan kemungkinan memang tidak bisa menjadi demikian. Masalah motif yang terdapat pada batu menjadi keunggulan dari jenis batu bacan ini, sehingga saya lebih menyarankan anda untuk membeli batu yang memiliki motif enak dilihat.

Bacan Gulau

Sekilas, batu ini sangat mirip dengan bacan doko karena sama-sama berwarna hijau. Namun, ada perbedaan diantara keduanya dimana batu bacan gulau memiliki warna hijau yang lebih muda. Jenis ini biasanya memiliki kualitas yang bagus dan minim kapur di dalamnya, sehingga menjadi primadona bagi pecinta batu nusantara. Namun, tetap ada juga Gulau hasil treatment yang menyebabkannya terlihat mengkristal ketika dijual. Treatment ini biasanya dilakukan dengan merendam batu di dalam cairan asam khusus dalam waktu beberapa bulan lamanya.

Ciri Batu Bacan Kualitas Bagus

Berbicara tentang ciri batu bacan kualitas bagus, tentunya dalam pikiran kita biasanya berada di sekitar bacan yang kristal, tanpa kapur dan minim bagian yang berwarna hitam. Memang bacan yang berkualitas bagus wajib memiliki 3 hal diatas, tetapi ternyata tidak hanya 3 hal tersebut saja yang menjadi ciri batu bacan kualitas bagus.

Paling tidak ada 6 ciri batu bacan kualitas bagus yang bisa kita amati, silahkan disimak uraian singkat mengenai hal tersebut dibawah ini.

Related Post

Tanpa treatment

Bagi saya batu bacan kualitas bagus wajib tidak mendapatkan treatment dari saat diambil dari alam. Batu tersebut merupakan hasil pengolahan bongkahan melalui para tukang gosok batu. Batu yang telah di treatment, baik yang dilakukan saat telah digosok ataupun masih bongkahan tidak masuk di dalam ciri batu bacan kualitas bagus versi saya. Hal tersebut dikarenakan treatment yang dilakukan seringkali akan merusak batu dan hasil dari treatment tersebut tidak berlangsung secara permanen.

Salah satu treatment yang paling sering dilakukan adalah dengan merendam batu bacan di dalam cairan asam, dimana hal itu akan membuat batu menjadi lebih ampuh dan pori-porinya membesar. Tentunya itu akan menyebabkan batu menjadi rapuh dan mudah pecah, apalagi jika batu tersebut terjadi. Terlebih hasil pengkristalan yang dilakukan akibat perendaman cairan asam ini biasanya hanya akan bertahan selama beberapa waktu saja.

Minim kapur

Adanya kapur ini tentu akan menghilangkan daya tarik yang terdapat di dalam batu bacan. Terlebih apabila letak kapur tersebut berada di bagian permukaan batu. Batu bacan yang berkualitas bagus tentunya wajib minim kapur, baik yang ada di permukaan ataupun di bagian dalamnya. Kapur yang berada di dalam batu bacan juga menjadi salah satu penyebab mengapa batu tersebut tidak bisa digosok kinclong. Sayangnya, banyak pedagang yang melakukan treatment yang membuat kapur di dalam batu menjadi tidak terlihat kasat mata dalam kurun waktu sementara.

Kristal

Ciri batu bacan kualitas bagus lainnya adalah telah mengkristal, apalagi jika sudah giwang. Semakin giwang suatu batu bacan maka akan semakin tinggi harganya. Hal inilah yang menyebabkan orang berlomba-lomba untuk melakukan treatment pada batunya sehingga dapat terlihat lebih mengkristal. Hanya saja, hasil treatment tersebut biasanya berlangsung secara sementara saja sehingga bagi saya tidak layak untuk dicoba.

Minim warna hitam

Batu bacan yang berkualitas bagus tentunya wajib minim warna hitam di dalamnya. Adanya warna hitam dalam jumlah banyak tentu akan membuat bacan kehilangan sejumlah pesonanya. Memang ada juga orang yang menyukai variasi warna hitam di dalam batu bacan, tetapi warna hitam ini akan terlihat indah bila berada di bawah 30% saja. Walau begitu, mayoritas pecinta batu akik dan permata biasanya lebih memilih yang berwarna hijau polos.

Ukuran

Batu bacan berkualitas bagus tentunya perlu memiliki ukuran yang pas. Tentu akan percuma jika suatu batu memiliki 4 ciri yang telah saya sebutkan diatas, tetapi ukurannya dibawah 1 cm. Batu bacan yang layak pakai, minimal memiliki panjang 18 mm dan lebar 13 mm. Biasanya semakin besar sebuah batu bacan juga akan semakin mahal harganya.

Gosokan yang presisi dan mengkilap

Batu bacan kualitas bagus tentunya harus memiliki gosokan yang presisi dan mengkilap pada permukaannya. Diperlukan seorang ahli gosok batu untuk bisa mengolah batu bacan karena tingkat kesulitannya. Membuat bacan untuk bisa mengkilap memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Harga Batu Bacan Berkualitas Bagus

Batu bacan kualitas bagus tentunya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan yang biasa saja. Di akhir tahun 2021 ini, bacan kembali banyak diminati orang sehingga harganya juga relatif stabil. Apalagi pasokan bahan dari maluku saat ini juga sangat terbatas yang menyebabkan bacan menjadi langka. Keenam ciri batu bacan kualitas bagus yang telah saya sebutkan sebelumnya memegang peran penting dalam mematok harga suatu batu.

Berdasarkan survei yang saya lakukan di pasar batu akik dan permata dalam negeri, bacan palamea berkualitas bagus dengan dimensi 18 x 13 mm biasanya dapat diperoleh di kisaran 1 juta rupiah. Untuk batu bacan doko dan gulau biasanya dibanderol dengan harga lebih tinggi, sekitar 1,5 – 2 juta rupiah. Apabila anda mencari batu yang berukuran lebih besar, maka anda perlu menyiapkan dana yang semakin banyak pula.

Sebagai referensi, beberapa hari yang lalu kawan saya berhasil menjual batu bacan jumbonya (dimensi 25 x 18 x 12 mm) dengan harga 5 juta. Itupun batunya belum terlalu mengkristal dan tidak bergiwang, sehingga belum termasuk kualitas top. Anda juga bisa mengecek harga batu bacan terbaru di beberapa marketplace Indonesia, seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.