Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning dengan Benar

Ketika kucing kesayangannya muntah kuning, biasanya cat lovers merasa ketakutan karena itu menjadi salah satu pertanda adanya masalah kesehatan serius. Membawa ke dokter hewan sesegera mungkin dianggap merupakan cara mengobati kucing muntah kuning terbaik yang bisa dilakukan, akan tetapi terkadang tidak selalu bisa demikian. Bisa jadi ketika kucing anda muntah kuning, dokter hewan di sekitar anda sedang tutup sehingga anda perlu melakukan tindakan pertolongan pertama sendiri.

Mengetahui cara mengobati kucing muntah kuning menjadi sangat penting bagi seseorang catlovers karena bisa saja masalah kesehatan ini menimpa hewan peliharaan anda. Dengan mengetahui tindakan yang perlu anda lakukan ketika menghadapi masalah ini, maka anda bisa memberikan tindakan yang tepat kepada hewan kesayangan anda. Hal itu tentunya akan memberikan peluang kesembuhan semakin besar kepada kucing kesayangan anda tersebut.

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengobati kucing muntah kuning, ada baiknya kita mengulas secara singkat hal apa saja yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini. Sebenarnya ketika kucing anda muntah kuning, itu belum pasti menjadi pertanda adanya masalah kesehatan serius yang menimpanya. Bisa jadi itu hanyalah sebuah masalah sepele ketika kucing tersebut makan terburu-buru, sehingga menyebabkan makanan yang sudah masuk ke sistem pencernaannya keluar. Ketika cairan empedu telah dikeluarkan oleh sistem pencernaan kucing tersebut, maka muntahan yang dikeluarkan akan berwarna kuning.

Penyebab lain yang bisa terjadi adalah karena ketidakcocokan kucing dengan makanan barunya, apabila anda baru mengganti makanannya dengan merk / jenis lain maka ini mungkin menjadi masalahnya. Makanan yang tidak cocok dengan tubuhnya akan membuat lambung si kucing teriritasi, misalnya karena adanya tambahan bahan kimia di dalamnya. Banyak merk makanan kucing dengan harga ‘murah’ mengandung zat kimia yang dapat mengganggu kesehatannya. Oleh sebab itu, dalam memilih makanan kucing sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan kepercayaan anda. Jangan memilih makanan kucing karena murah harganya, hewan peliharaan anda tersebut juga butuh makanan berkualitas agar bisa tumbuh dengan sehat.

Mengkonsumsi benda asing atau keracunan juga bisa menjadi penyebab terjadinya muntah kuning pada kucing. Kedua zat tersebut akan mengiritasi lambung hewan berbulu ini, sehingga secara otomatis sistem pencernaannya mencoba mengeluarkannya. Saya sangat menyarankan anda untuk menjauhkan hewan peliharaan anda dari benda beracun ataupun benda kecil yang bisa tertelannya. Dengan begitu, keamanan hewan peliharaan anda menjadi semakin terjaga sehingga terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Penyebab lain yang bisa terjadi adalah karena infeksi parasit maupun patogen yang menyerang sistem pencernaan kucing. Cacing menjadi parasit yang paling sering menyerang sistem pencernaan hewan berbulu ini. Apabila jumlah cacing yang menginfeksi jumlahnya sudah banyak maka sistem pencernaan ini dapat mengalami masalah serius, sehingga membuat si kucing muntah kuning. Hal yang sama terjadi ketika ada virus yang menginfeksi saluran pencernaannya, misalnya saja panleu yang sangat membahayakan nyawa kucing kesayangan kita.

Adanya penyakit di sistem pencernaan juga bisa menjadi penyebab kucing muntah, misalnya ketika ia mengalami peradangan di usus, maag, sakit pankreas dan lain sebagainya. Mengetahui penyebab kucing muntah kuning sangat penting untuk menentukan cara mengobati permasalahan kesehatan ini. Anda bisa mengamati dari gejala lain yang ada pada hewan peliharaan anda tersebut, misalnya saja ketika kucing terinfeksi penyakit maka selain muntah kuning ia juga menjadi malas makan.

Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning

Cara mengobati kucing muntah kuning bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu tindakan pertolongan pertama dan pengobatan susulan. Untuk pertolongan pertama mengatasi masalah kesehatan kucing ini, anda perlu mencari tahu penyebabnya dengan mengamati tanda lain yang bisa anda lihat. Selain itu, untuk mencegah terjadinya penularan kepada hewan peliharaan lain di rumah anda, maka sebaiknya jauhkanlah kucing yang sakit tersebut dari kucing lain yang ada di dalam rumah.

Setelah memperkirakan penyebab muntah kuning yang terjadi, anda bisa mulai memberikan pengobatan kepadanya. Apabila dicurigai kucing anda keracunan, maka anda bisa memberikannya susu bear brand, air kelapa ataupun norit untuk menyerap racun yang terlanjur masuk kedalam tubuhnya. Walau begitu, anda tetap harus membawa kucing anda yang keracunan tersebut ke dokter hewan sesegera mungkin untuk mendapatkan pertolongan lanjutan.

Pemberian susu bear brand dan air kelapa juga bagus dilakukan apabila kucing anda terindikasi terserang kuman atau parasit. Susu dan air kelapa memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk memulihkan kesehatan kucing anda. Apalagi jika kucing anda tidak mau makan, pemberian susu dianggap dapat menjadi pengganti asupan energi yang dibutuhkannya. Susu juga dapat membuat sistem pencernaan kucing tidak rusak akibat banyaknya zat asam yang dihasilkan oleh lambung karena tidak adanya makanan yang masuk.

Anda juga bisa memberikan oralit pada kucing anda yang muntah beberapa kali, agar tidak mengalami dehidrasi. Oralit dapat anda beli dengan mudah di apotek terdekat di rumah anda, campuran oralit : gula dengan perbandingan 1 : 2 dan larutkan dalam air hangat untuk diminumkan kepada kucing anda. Apabila kucing anda tidak mau minum, anda bisa menggunakan spet 1 ml untuk mempermudah pemberian minuman ini.

Hal terpenting di dalam cara mengobati kucing muntah kuning adalah tetap membuat hewan peliharaan anda tersebut mengkonsumsi makanan dan minuman. Apalagi jika penyebab sakitnya adalah karena serangan virus, memperkuat sistem imun dengan meningkatkan gizi yang masuk menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Virus panleu yang dianggap sebagai salah satu yang paling mematikan pun bisa dikalahkan apabila anda dengan telaten memberikan gizi yang cukup kepada kucing yang sedang sakit ini.

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan di dalam cara mengobati kucing yang muntah kuning ini adalah tetap membawanya ke dokter hewan. Paling tidak dokter hewan lebih mampu dalam memeriksa kondisi kesehatan kucing anda, sehingga bisa menentukan tindakan yang paling tepat. Misalnya ketika kucing anda dicurigai mengalamid dehidrasi, maka menginfusnya dapat menjaga kondisinya agar tidak drop.

Obat Alami Kucing Muntah Kuning

Masih banyak orang yang menganggap bahwa obat alami memiliki khasiat lebih baik dibandingkan dengan kimia. Dalam kasus kucing yang mengalami muntah kuning ini, pemberian obat alami memang bisa membuat kondisinya semakin baik. Pemberian susu dan air kelapa dianggap sangat baik, sehingga banyak catlovers yang melakukannya.

Untuk menjaga kondisi sistem pencernaan kucing anda, memberikan makanan rendah lemak dalam porsi kecil dinilai sangat baik untuk dilakukan. Pemberian makanan rendah lemak ini menjadi pertolongan lanjutan yang dilakukan ketika kucing anda muntah kuning karena infeksi penyakit. Apabila penyebabnya karena keracunan atau makan benda asing, maka pemberian makanan ini justru akan memperburuk keadaannya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai cara mengobati kucing yang muntah kuning. Dengan tindakan yang tepat sasaran, diharapkan hewan kesayangan anda tersebut bisa melalui masalah kesehatan yang dialaminya dengan baik.