Categories: Tanaman

Jenis Bunga Krokot

Krokot merupakan jenis bunga yang awalnya tumbuh liar, tetapi selama pandemi Covid-19 ini banyak orang yang mulai meliriknya. Walaupun memiliki tampilan yang sederhana dan mungil, krokot memiliki keunggulan tersendiri. Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi tampilan rumah minimalis, penggunaannya sebagai tanaman hias gantung bisa memberikan suasana berbeda bagi rumah anda.

5 Jenis Bunga Krokot dengan Tampilan Mempesona

Beberapa pembudidaya tanaman hias mulai melirik prospek bunga krokot sebagai tanaman yang laku dijual. Bahkan beberapa hobiis mulai mengawinkan bunga krokot berlainan jenis agar bisa menghasilkan varietas baru yang lebih menarik. Pembuatan varietas baru ini sangat penting untuk dilakukan, agar tercipta jenis bunga krokot baru yang bisa menarik minat konsumen.

Sejauh ini, jenis bunga krokot yang beredar di perdagangan tanaman hias Indonesia memang belum begitu banyak. Minimnya variasi terjadi dikarenakan kepopuleran krokot yang belum begitu lama. Beberapa jenis bunga krokot yang sudah beredar di pasaran diantaranya adalah sebagai berikut :

Bunga Krokot Paraguay

Sesuai namanya, tanaman yang memiliki nama latin Portulaca amilis ini berasal dari Paraguay. Habitat alaminya berada di daerah tanah berpasir dan banyak tumbuh liar di sekitar halaman rumput dan kebun warga disana. Krokot Paraguay memiliki tampilan mirip dengan Portulaca oleracea, spesies krokot yang banyak beredar di Indonesia. Bagian ujung daunnya biasanya tajam dan memiliki bunga yang berwarna merah muda.

Bunga Krokot Australia

Tanaman yang memiliki nama latin Portulaca bicolor ini dianggap sebagai jenis bunga krokot yang terindah. Bunganya terdiri dari dua warna, putih dan merah mudah dengan diameter sekitar 7 mm. Walaupun ukuran bunganya kecil, tampilan bunga krokot Australia tidak kalah menarik lho. Apalagi jika tanaman ini ditanam dalam pot kecil yang subur sehingga akan tumbuh sederetan bunga yang sangat cantik.

Tanaman hias yang berasal dari pesisir Australia ini, memiliki daun yang berbentuk silindris berwarna hijau tua. Dikombinasikan dengan batangnya yang berwarna merah, Krokot Australia memiliki kombinasi warna yang cukup semarak. Bagi anda yang ingin memelihara tanaman hias bunga berukuran kecil tetapi cantik, maka anda Krokot Australia bisa menjadi pilihan tepat.

Portulaca filsonii

Jenis bunga krokot satu ini memang jarang ditemukan di Indonesia, sehingga tidak memiliki nama lokal. Orang barat biasanya memanggil tanaman ini dengan sebutan Pink Rock Wort. Penyebabnya adalah karena tanaman hias ini memiliki bunga yang berwarna pink dan sering tumbuh di bebatuan. Sepintas bunganya mirip versi mini dari bunga kamboja jepang, karena keduanya memiliki mahkota berbentuk tabung.

Related Post

Bunga Krokot Mawar

Jenis bunga krokot ini banyak dibudidayakan oleh orang Amerika Selatan sejak abad ke 16 karena keindahannya. Kemudian, di sekitar abad ke-18 bunga krokot mawar sudah tersebar luas hingga daerah Asia Selatan dan Balkan. Wajar saja tanaman ini begitu populer, bagian bunganya terlihat begitu indah menyerupai versi mini dari mawar.

Apalagi, bunga krokot mawar juga sangat mudah ditanam dan dirawat di berbagai kondisi lingkungan. Ia bisa tumbuh dengan sangat cepat dan merambat ke daerah sekitarnya. Tanaman ini memiliki daun yang terlihat berwarna hijau tua dan berdaging, dengan panjang sekitar 2,5 cm. Sedangkan bagian bunga yang menjadi daya tarik utamanya, berukuran sekitar 3 cm diameternya. Terdapat banyak sekali variasi warna dari jenis bunga krokot ini, ada yang berwarna merah, putih, pink dan kuning.

Bunga Krokot Sutra

Tanaman yang bernama latin Portulaca hamiloides ini memiliki bunga yang bentuknya sangat unik. Hal ini disebabkan bentuk bunganya yang menyerupai kepompong ulat sutra. Tentunya, keunikan yang dimiliki jenis bunga kokon ini merupakan suatu kelebihan tersendiri yang dimilikinya. Biasanya bagian bunga dari Krokot sutra berwarna merah keunguan, di bagian dalam bunganya biasanya terdapat untaian trikoma seperti bulu rambut.

Perawatan

Krokot merupakan jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat sehingga sangat cocok bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang. Hal terpenting adalah tanaman tersebut sebaiknya mendapatkan sinar matahari pagi/sore setiap harinya. Biasanya ketika tanaman ini mendapatkan sinar matahari secara cukup, bunga akan tumbuh dengan lebat.

Untuk masalah tanah, krokot bisa tumbuh di berbagai jenis media tanam dan bahkan di alamnya ia dapat tumbuh di atas batu. Hal yang perlu anda perhatikan adalah masalah kebutuhan airnya. Siramlah tanaman hias anda secukupnya, ketika anda melihat bagian media tanamnya telah mengering. Jangan menyiramnya hingga menggenang karena bagian akar tanaman ini relatif rawan mengalami pembusukan akibat tingginya kelembaban.

Biasanya tanaman bunga krokot jarang terserang hama, tetapi tidak ada salahnya anda menyiapkan insektisida. Terkadang, kutu daun menyerang tanaman ini sehingga menyebabkan bagian daunnya rusak. Memang intensitas serangannya jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya mengantisipasi kemungkinan terburuk.