Jenis Buah Berry

Buah berry merupakan buah kecil yang kenyal dan berarir, biasanya rasanya asam atau manis. Di dalam buah tidak ada lubang dan memiliki banyak biji. Beberapa jenis buah berry yang sudah umum dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah Strawberry, Blueberr, Blackberry dan Mulberry. Biasanya, jenis buah berry ini digunakan sebagai makanan penutup (dessert) dan jus buah. Berry juga berfungsi untuk mempercantik tampilan makanan, hal itu dikarenakan buah ini memiliki tampilan yang menarik.

Selain memiliki rasa yang disukai, didalam buah berry terkandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Pada saat pandemi corona seperti saat ini, dimana kekebalan tubuh menjadi suatu hal yang sangat penting, mengkonsumsi buah berry setiap hari merupakan suatu hal yang sangat saya rekomendasikan.

Sejarah Buah Berry

Buah berry telah dikonsumsi oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu, sebelum manusia memulai pertanian. Berry pernah menjadi makanan pokok manusia khususnya di daerah Eropa dan Amerika, saat manusia masih berburu dan mengumpulkan makanan dari alam. Para penduduk asli benua Amerika juga menggunakan buah ini sebagai pengawet daging.

Buah berry, khususnya jenis blackberry dan rasberry mulai dibudidayakan di Eropa sejak abad ke-17. Sedangkan penduduk asli benua Amerika telah membudidayakan bleberry dan cranberry sejak abad ke 10. Di Jepang, buah berry dikenal dengan istilah ichibigo ichigo dan telah mulai dibudidayakan sejak abad ke-10. Jenis buah berry yang paling banyak dibudidayakan di zaman modern adalah strawberry, yang diproduksi secara global dengan jumlah dua kali lipat dibandingkan gabungan produksi buah berry lainnya.

Jenis Buah Berry Yang Nikmat Untuk Dimakan

Ada banyak sekali jenis buah berry yang tersebar di seluruh dunia. Berikut ini aka saya sampaikan beberapa jenis buah berry yang bisa anda coba untuk anda nikmati karena memiliki rasa yang enak.

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis buah berry yang paling populer. Buah yang berwarna biru tua ini memiliki kandungan vitamin C dan K yang tinggi sehingga dijuluki super fruit. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, buah ini cocok digunakan sebagai makanan bagi orang yang diet karena dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Didalamnya juga terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan gula didalam blueberry juga rendah, sehingga bagi anda yang terkena penyakit diabetes cukup aman untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Blueberry juga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang memiliki penyakit kolestrol. Didalam buah ini terdapat kandungan prerostilbene dan pektin yang cukup tinggi. Pterostilbene merupakan sebuah protein yang berfungsi merangsang sel untuk menurunkan kadar kolestrol di darah. Sedangkan Pektin merupakan serat larut air yang mampu mengikat kolestrol di darah.

2. Bilberry

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang Billberry di Indonesia. Buah ini bentuknya mirip dengan blueberry, tetapi ia berwarna ungu gelap. Perbedaan lain pada ujung buah bilberry tidak terdapat bentuk mahkota. Ukuran jenis berry ini juga sangat kecil, diameternya hanya sekitar 5-8 milimeter.

Walau ukuran kecil, jangan remehkan khasiat dari buah ini. Bilberry sangat populer di eropa sebagai obat alternatif untuk mengatasi retinopati diabetik. Retinopati diabetik sendiri merupakan penyakit mata yang diakibatkan rusaknya pembuluh darah retina yang disebabkan diabetes. Jika tidak segera diatasi orang yang terkena penyakit ini terancam mengalami kebutaan.

Selain untuk mengatasi Retinopati diabetik, Bilberry juga dapat digunakan mengatasi gangguan sirkulasi darah. Hal itu dikarenakan adanya kandungan flavonoid dan anthocyanins didalamnya yang akan menurunkan kadar gula darah dan kolestrol sehingga sirkulasi darah berlangsung lebih baik. Buah ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes karena adanya kandungan tannins didalamnya. Tannins merupakan senyawa yang dapat merangsang usus halus untuk mengeraskan tinja yang tercipta.

3. Blackberry

Nama buah ini digunakan sebagai nama sebuah perusahaan pembuat handphone. Ia merupakan jenis buah berry yang berwarna hitam saat matang, bentuknya mirip seperti miniatur anggur yang mengumpul menjadi satu. Dari segi rasa, buah ini juga mirip seperti anggur sehingga cukup enak digunakan sebagai cemilan di sore hari. Selain lezat untuk dimakan, ia memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Dalam 100 gram blackberry terkandung sekitar 44 kalori, 0,5 lemak, 1,38 gram protein, 0,7 mg sodium, 10 gram karbohidrat, 5 gram serat dan 5 gram gula. Selain itu, didalam buah ini terdapat kandungan vitamin C dan mangan yang cukup tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Didalam blackberry juga terkandung vitamin K, Vitamin A, magnesium, kalium dan zat besi.

4. Cranberry

Jenis buah berry ini berbentuk bulat dan berwarna merah, ia berukuran kecil dengan diameter sekitar 7-18 milimeter. Ia merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara, disana buah ini merupakan salah satu cemilan yang populer. Didalam buah ini terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi serta rendah kalori. Sehingga bagi anda yang terkena diabetes atau sedang diet mengkonsumsi buah ini secara rutin merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, mengkonsumsi Cranberry secara rutin dapat mengurangi resiko seorang pria terkena penyakit infeksi saluran kemih. Selain itu, buah ini dapat digunakan juga untuk mengobati penyakit kemih neurogenik. Penyakit kemih neurogenik merupakan sebuah penyakit yang membuat seseorang tidak dapat mengendalikan kapan ia akan mengeluarkan kencing. Orang yang terkena penyakit ini sebentar-sebentar akan mengeluarkan pipis.

5. Mulberry

Buah ini di Indonesia dikenal juga dengan nama bebesaran, ia merupakan tanaman yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia. Buahya berwarna merah saat muda yang kemudian akan berubah menjadi warna ungu gelap saat telah matang. Buahnya ini tumbuh bergerombol mirip seperti buah blackberry, gerombolan buah mulberry ini panjangnya sekitar 3 cm.

Di Indonesia, jenis buah berry ini sudah ada sejakdaulu kala, bahkan di Sumatra Barat tepat di Desa Andaleh, terdapat pohon mulberry yang umurnya lebih dari 150 ribu tahun. Selain buahnya yang enak untuk dimakan, daun tanaman ini juga memiliki fungsi yang penting bagi manusia. Ia merupakan makanan pokok bagi ulat sutra, kain yang dihasilkan ulat ini merupakan salah satu jenis kain paling berharga di dunia.

6. Strawberry

Buah yang berwarna merah ini merupakan salah satu buah paling populer yang dikonsumsi oleh manusia. Banyak sekali makanan yang menggunakan buah ini sebagai rasanya. Bagian daging buahnya memiliki rasa yang asam tetapi nikmat untuk dimakan. Saat masih muda daging buahnya berwarna putih, kemudian daging buahnya ini akan berubah menjadi berwarna kemerahan ketika ia telah masak.

Selain enak untuk dimakan, strawberry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga sehat untuk dikosumsi setiap hari. Didalam buah ini terdapat kandungan vitamin A, C, B dan E serta mineral seperti Kalsium, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Tembanga, mangan dan Selenium. Sayangnya di Indonesia budidaya strawberry masih kurang populer, padahal negeri kita ini memiliki luas wilayah dataran tinggi yang luas sehingga prospek untuk menjadi negara penghasil strawberry tertinggi di dunia terbuka lebar.