Categories: Koleksi

Jenis Batu Zamrud Termahal dan Harganya

Batu zamrud merupakan salah satu jenis batu permata termahal di dunia. Zamrud seringkali menjadi perhiasaan yang dimiliki oleh para raja, artis dan pengusaha. Selain karena memiliki tampilan yang mempesona, terdapat mitos yang mengatakan bahwa memakai batu ini dapat meningkatkan wibawa pemakainya.

Mengenal Batu Zamrud

Batu zamrud merupakan salah satu varian dari mineral beryl (Be3Al2(SiO3)6) yang memiliki warna hijau diakibatkan adanya kandungan chromium atau vanadium didalamnya. Batu ini memiliki kekerasan cukup tinggi yaitu 7,5 – 8 skala mohs, walau begitu ia memiliki struktur batu yang tidak padat sehingga ia mudah sekali retak dan pecah.

Bahkan secara alami batu zamrud biasanya memiliki retakan didalamnya. Hal itulah yang menyebabkan sebagian besar zamrud diberi minyak sebelum dan sesudah dipoles. Pemberian minyak ini akan menyebabkan retakan yang ada di dalamnya menjadi tidak kasat mata. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak zaitun karena memiliki indek bias yang sama dengan batu zamrud.

Treatment pemberian minyak ini dilakukan dengan cara merendam batu ke dalam cairan asam kuat selama sekitar 15 – 30 menit untuk menghilangkan kotoran yang ada didalamnya. Setelah itu zamrud direndam di dalam minyak zaitun, agar minyak dapat masuk ke dalam pori-pori batu maka perendaman ini dilakukan pada suhu 50º C dan selama 3 hari. Pemberian treatment ini efeknya tidak permanen dan seiring berjalannya waktu (apalagi jika sering terkena air) maka retakan pada batu akan terlihat kembali secara jelas.

Jenis Batu Zamrud

Batu zamrud merupakan batu yang langka, hanya sebagian kecil negara di dunia yang menghasilkan batu permata ini. Biasanya batu zamrud diklasifikasikan berdasarkan negara dimana ia ditemukan. Sehingga Jenis batu zamrud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Zamrud Colombia

Colombia merupakan penghasil sebagian besar zamrud yang ada di dunia. Diperkirakan sekitar 50-60% zamrud yang ada di dunia berasal dari negara ini . Batu zamrud yang berasal dari colombia juga dikenal sebagai jenis batu zamrud termahal.

Salah satunya disebabkan karena banyak zamrud yang berasal dari negara ini memiliki tingkat kejernihan yang tinggi. Batu zamrud yang memiliki kejernihan tinggi ini tidak perlu diberi treatment minyak atau hanya diberi sedikit treatment (minor oiling). Selain tingkat kejernihan, masalah warna pun menjadi daya tarik lain dari batu yang berasal dari negara ini.

Banyak zamrud yang berasal dari Colombia memiliki warna hijau yang menggoda. Oleh karena itu, banyak pecinta batu yang menganggap bahwa batu yang berasal dari negara ini sebagai yang terbaik di dunia. Hingga saat ini, 10 batu zamrud termahal yang ada di dunia semuanya berasal dari Colombia.

Walau begitu sebenarnya tidak semua batu zamrud colombia berkualitas bagus. Banyak juga batu zamrud colombia yang kualitasnya buruk dan dijual murah di pasar batu permata. Walau begitu, nama colombia sudah menjadi trademark tersendiri bagi para pecinta batu Nusantara.

Seringkali, setiap batu zamrud yang memiliki kualitas baik biasanya diklaim berasal dari Colombia. Penyebabnya adalah banyak pecinta batu, khususnya yang masih awam yang hanya mau membeli batu zamrud yang berasal dari colombia.

Zamrud Brazil

Negara Brazil sebenarnya hanyalah sebuah produsen minor batu zamrud. Negara ini kira-kira hanya menyumbang sekitar 5 – 10% produksi zamrud yang ada di seluruh dunia. Banyak zamrud yang diklaim berasal dari brazil sebenarnya merupakan zamrud Colombia yang berkualitas kurang baik. Akan tetapi di negara samba ini dilakukan pemrosesan untuk mempercantik penampakan batu tersebut. Pemrosesan ini dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang diberi minyak, diberi tambahan warna (dye) atau diberi lapisan warna dibagian bawah batunya (coating).

Related Post

Untuk itu jika anda berminat membeli emerald beryl ini, sebaiknya anda berhati-hati. Jangan terkecoh zamrud yang memiliki warna hijau cemerlang tetapi berharga murah karena bisa dipastikan itu merupakan batu dye atau coating. Kecemerlangan batu yang diberi kedua treatment ini tidak dapat bertahan dengan lama.

Zamrud Zambia

Zambia merupakan produsen zamrud terbesar kedua di dunia. Negara yang sebagian besar penduduknya masih dibawah kemiskinan ini menyumbang sekitar 20 – 25% produksi zamrud dunia. Batu ini banyak ditemukan di sekitar sungai Kafubu sekitar 45 km (28 mil) di sebelah barat daya Kitwe. Pada tahun 2011, negara ini menghasilkan zamrud sebanyak 7 ton.

Jenis batu zamrud zambia memiliki kualitas yang cukup baik. Bahkan sebagian besar batu yang berasal dari negara ini dari segi kualitas tidak kalah dengan yang berasal dari Colombia. Hanya saja karena zambia merupakan produsen baru yang penambangan pertamanya di tahun 2000an, batu zamrud zambia masih belum memiliki trademark khususnya bagi orang awam.

Negara Lain Penghasil Batu Zamrud

Selain ketiga negara di atas, negara lain yang menjadi penghasil batu ini adalah Afghanistan, Australia, Austria, Bulgaria, Kamboja, Canada, Cina, mesir, Ethiopia, Prancis, Jerman, India, Itali, Kazakhstan, Madagaskar, namibia, Mozambique, Nigeria, Pakistan, Rusia, Amerika dan Zimbabwe. Hanya saja produktivitas negara – negara tersebut sangat sedikit, bahkan tambang zamrud di sebagian besar negara di atas telah ditutup karena tidak tersedia lagi deposit zamrud di dalamnya.

3 Batu Zamrud Termahal

Hingga saat ini, 3 batu zamrud termahal di dunia semuanya berasal dari Colombia. Colombia saat ini memang menjadi penghasil zamrud kualitas terbaik di dunia. Walau begitu, zamrud berkualitas terbaik ini jumlahnya sangat jarang lho. Hal itulah yang menyebabkan harganya menjadi begitu mahal, sangat jauh dibandingkan dengan yang kualitas standar.

Anting Zamrud Christie Hongkong

Pada bulan Mei 2019, sepasang anting zamrud colombia berkualitas terbaik di lelang oleh Christie di Hongkong. Dengan berat masing-masing batu adalah 23,34 dan 23,18 crt kedua batu ini tidak mendapatkan treatment sama sekali.

Anting ini dilengkapi dengan butiran berlian dengan berat total 3.01 sehingga menambah keindahannya. Meskipun tidak berhasil memecahkan rekor dunia, sepasang anting ini terjual dengan sangat mahal yaitu seharga $ 4,4 juta. Menjadikannya sebagai batu zamrud termahal ketiga di dunia.

Zamrud Sotheby

Pada bulan Desember 2013 sebuah batu zamrud berukuran besar dijual di Sotheby, New York. Zamrud yang memiliki berat 61.35 crt ini , dipotong dengan bentuk persegi dan dipasang ke dalam sebuah cincin emas putih yang sangat indah.

Di dalam sertifikat yang dikeluarkan AGL bahwa batu ini berasal dari Colombia dan mengalami sedikit treatment. Batu ini akhirnya terjual di harga 4.6 juta U.S Dollar dan menjadikannya sebagai batu zamrud termahal kedua di dunia.

Walau berhaga sangat mahal, tetapi sebenarnya batu ini tidak bebas dari retakan. Seperti yang anda bisa lihat di foto diatas, ia memiliki retakan yang kasat mata di dalamnya. Akan tetapi, warna hijau dari batu ini memang sangat indah. Hal itulah yang meningkatkan harga jual batu ini.

Zamrud Rockefeller

Sampai Saat ini, Zamrud Rockefeller yang dilelang pada tahun 2017 menjadi zamrud paling mahal yang pernah dijual di dunia. Batu ini terjual dengan harga sangat mahal, yaitu 5,5 juta U.S Dollar. Awalnya merupakan salah satu batu dalam sebuah bros buatan Van Cleef & Arpels yang dibeli oleh John D. Rockefeller pada tahun 1930 sebagai hadiah untuk istrinya.

Setelah istrinya meninggal, Rockefeller meminta brand perhiasan Ramond Yard untuk membongkar bros tersebut dan membagi bagikan batu yang ada disana kepada anaknya. David Rockefeller lah yang menerima zamrud seberat 18.04 crt ini. Ia kemudian mempercayakan Yard untuk memasang batu pertama yang menakjubkan ini ke dalam cincin platinum. Laboratorium Gemologi Amerika menilai batu zamrud ini sangat menakjubkan.