Categories: Tanaman

Wortel (Daucus carota)

Tentu kita semua telah mengetahui apa itu tanaman wortel. Tanaman ini dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang penting bagi manusia. Selain itu ia dikenal sebagai tanaman yang disukai para kelinci. Ia dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, ada yang menjadikannya bahan sayur, ada yang membuat jus wortel dan ada juga yang memakannya secara mentah.

Klasifikasi Wortel

Kebanyakan orang mengira bahwa wortel berkembang biak dengan cara umbi saja. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya tanaman ini memiliki bunga. Hal itulah yang menyebabkannya dimasukan ke Divisi Magnoliopthyta yang berisikan tanaman berbunga.

Wortel merupakan spesies tanaman yang masuk ke dalam Famili Apiaceae. Ini merupakan sebuah famili besar tanaman yang berisi lebih dari 3.700 spesies. Didalam famili ini kebanyakan berisi tanaman aromatik yang biasa digunakan sebagai bumbu masak, diantaranya seledri, jintan, jintan hitam dan adas. Tetapi ada juga yang merupakan spesies tanaman beracun seperti hemlock air,  hemlock racun, dropwort dan cowbane.

Secara lengkap, Klasifikasi Wortel adalah sebagai berikut :

Kerajaan: Plantae
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Daucus
Spesies: D. carota

Morfologi

morfologi bunga wortel

Bentuk morfologi wortel yang paling menonjol adalah bagian umbi akarnya. Umbi inilah yang biasa diambil dan dikonsumsi oleh manusia. Umbinya berwarna orange dan rata-rata panjangnya pada sebuah tanaman yang sehat adalah 30 cm. Bahkan ada juga pada varietas tertentu, umbi wortel dapat tumbuh berkembang hingga mencapai 1 meter.

Related Post

Wortel memiliki sistem perakaran akar tungang. Akarnya inilah yang kemudian berubah menjadi umbi dan digunakannya sebagai tempat cadangan makanan dan salah satu cara perkembangbiakannya. Bentuk morfologi batangnya adalah bulat dengan diameter sekitar 1 – 2 cm dan berukuran sangat pendek (hanya sekitar 2 cm). Batangnya ini berwarna kuning dengan strukstur yang keras yang menyambungkan akar dengan tangkai daunnya.

Tangkai daunnya berjumlah antara 4 hingga 7, berwarna hijau dan berukuran panjang. Pada tankainya tumbuh daun majemuk yang berbentuk lanset. Daunnya ini sangat tipis sekali dan mudah sobek jika diterpa angin.

Wortel memiliki bunga yang tumbuh di bagian ujung tangkainya, ia memiliki bunga majemuk yang berwarna putih. Dalam satu tanaman dapat menghaslkan puluhan bunga yang nantinya dari bunga ini kemudian dihasilkan biji. Biji tanaman ini ukurannya sangat kecil yaitu panjang 3 mm dan lebar 1,5 mm. Bijinya berwarna cokelat dan diselimuti bulu halus.

Habitat

Habitat alami tanaman ini adalah wilayah yang memiliki iklim sub tropis, ia dapat hidup dengan baik pada suhu antara 9 hingga 20 C. Di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, tanaman ini biasa ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian 1.000 – 1.200 m dpl. Pada ketinggian tersebut, biasanya kondisi udaranya lebih lembab dan dingin. Wortel yang di tanam di daerah dataran rendah Indonesia yang memiliki cuaca panas umbi yang dihasilkan akan berukuran kecil dan berwarna pucat.

Cara Berkembang Biak Wortel

Ada 2 cara wortel berkembang biak, yaitu secara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakannya secara generatif dilakukannya menggunakan bunga yang tumbuh diujung tanamannya. Dalam sebuah bunga biasanya dihasilkan 2 butir biji saja, tetapi seperti yang telah saya jelaskan di bagian morfologi diatas bahwa dalam satu tanaman dapat menghasilkan puluhan bunga. Para petani yang akan membudidayakan tanaman ini biasanya menggunakan biji untuk perbanyakan.

Selain secara generatif, wortel dapat berkembang biak secara vegetatif menggunakan umbi akarnya. Umbi akar yang dimilikinya dapat dipotong di bagian yang berisi pangkal batang dan darisanalah akan tumbuh sebuah tunas yang kemudian akan menjadi sebuah tanaman baru.

Manfaat

Umbi wortel memiliki banyak manfaat bag kesehatan manusia. Biasanya, orang mengolahnya menjadi campuran sayur bayam, sup, lalapan atau bisa juga dijadikan sebagai jus. Dikutip dari Aldodokter, beberapa manfaat dari mengkonsumsi wortel diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menjaga kesehatan mata da kulit
    Seperti yang kita ketahui, didalam tanaman ini terdapat banyak kandungan vitamin A. Vitamin A sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, terutama dalam menjaga lensa mata dan mencegah katarak.
  • Memperkuat sistem imun
    Saat memasuki pandemi penyakit seperti saat ini, sistem imun menjadi sebuah benteng pertahanan yang sangat penting. Didalam wortel terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang terbukti mampu memperkuat sistem imun manusia. Dengan mengkonsumsi umbinya secara teratu, anda akan menjadi lebih sulit untuk terserang penyakit.
  • Mempercepat penyembuhan luka
    Selain terdapat kandungan vitamin A yang tinggi, didalam 100 gram wortel terkandung lebih dari 6 mg vitamin C. Kedua vitamin ini merupakan sebuah antioksidan yang memiliki fungsi menutup luka lebih cepat.
  • Mengontrol tekanan darah dan kolestrol
    Didalam wortel terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kalium merupakan sebuah mineral yang dapat menyeimbangkan kadar garam di darah manusia. Dengan mengkonsumsinya, maka anda beresiko lebih rendah untuk terkena gangguan kolestrol maupun tekanan darah.