Jenis Tanaman Perdu Berbunga

Tanaman perdu adalah tanaman berkayu yang banyak cabangnya dan tidak mempunyai batang utama yang tegak. Beberapa jenis tanaman perdu berbunga dapat digunakan sebagai tanaman hias yang menghiasi taman-taman atau pekarangan rumah.

Jenis Tanaman Perdu Berbunga Untk Taman

Pada artikel ini saya akan menguraikan sedikit tentang jenis tanaman perdu berbunga yang cocok untuk menghiasi taman anda.

Kakapasan (Hibiscus venustus)

Tanaman yang masuk ke dalam famili Malvaceae ini sering tumbuh liar di pulau Jawa. Tinggi tanamannya dapat mencapai 4 meter dan dikenal sebagai salah satu penghasil minyak kasturi. Meskipun dapat dimanfaatkan manusia untuk dijadikan minyak kasturi, jarang sekali orang yang mau menanam tanaman ini. Biasanya ia tumbuh secara liar di daerah pegunungan dengan ketinggian 650 di atas permukaan laut.

Selain dapat dijadikan minyak kasturi, tanaman perdu ini sangat cocok untuk menghiasi taman. Daya tarik tanaman ini terletak pada bunganya yang berukuran besar dan bersusun-susun. Bunganya ini bisa berwarna putih atau kesumba dan bentuknya menyerupai bunga waru landak. Kapasan memiliki daun yang berbentuk seperti bintang, berwarna hijau dengan panjang sekitar 6-22 cm. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan setek.

Gandapura (Abelmoschus moschatus)

Gandapura merupakan tanaman perdu yang tingginya dapat mencapat 3 meter. Daunnya berbentuk daun kapas. Gandapura memiliki bunga yang bagus bentuknya sehingga sangat cocok untuk taman. Bunganya ada yang berwarna merah atau kuning dengan daun bunga bagian dalam berarna putih. Tangkai bunga tumbuhan ini berbulu halus tetapi keras sehingga jika tertusuk dapat dengan mudah menembus kulit.

Tanaman perdu berbunga ini sering kali dipelihara orang untuk diambil bijinya. Biji itu mengandung zat yang baunya seperti minyak kasturi dan digunakan sebagai campuran pafum. Ada juga bedak yang dicampur dengan biji Gandapura yang digiling halus dan dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Biji yang hampir masak tetapi masih mudah ditusuk jarum dapat dirangkai untuk dijadikan kalung. Kalung yang dibuat dari biji gandapura ini harumnya daat bertahan lama.

Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis)

Pesona jenis tanaman perdu ini ada bunganya. Tanaman kembang sepatu menghasiilkan banyak bunga berwarna merah yang sudah terlihat mencolok dari jauh. Oleh sebab itu taman yang ditanami tanaman kembang sepatu ini akan terlihat bersemarak. Tanaman perdu berbunga ini membutuhkan tanah yang gembur dan cukup mengandung air. Perbanyakannya dapat dilakukan dengan setek.

Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa)

Tanaman perdu berbunga ini adalah tanaman yang tingginya dapat mencapai 2 meter dan berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis. Walau begitu, saat ini penyebarannya sudah hampir ke seluruh dunia.

Di Philipina dan Indonesia, bunga rosella selain dijadikan tanaman hias juga ada yang membudidayakannya dengan maksud diambil buahnya yang kemudian dijadikan selai dan sirup. Buah muda dari rosella dapat dijadikan asinan, ada juga yang membuatnya menjadi minuman yang disebut sorrel drink.

Kemuning (Murraya panniculata)

Tanaman perdu ini hidup di daerah beriklim tropis dan banyak dijadikan sebagai tanaman hias untuk taman di tempat yang terkena sinar matahari penuh. Daunnya kecil, berwarna hijau mengkilap dan mirip seperti daun jeruk. Bunganya berwarna putih dan baunya harum. Bunga kemuning dapat berkembang menjadi buah berukuran kecil yang berwarna oranye kemerahan jika sudah matang.

Kecubung (Pseudodatura suaveolens)

Tanaman perdu berbunga ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Tingginya dapat mencapai 4 meter, cabang-cabangnya berdiri tegak dan berkayu lembek. Keistemewaan dari tanaman kecubung sebagai adalah pada bunganya yang berbentuk seperti terompet berwarna putih menggantung pada tangkainya.

Kamboja Putih (Plumeria pudica)

Dulu yang namanya tanaman kamboja identik sebagai tanaman kuburan, tetapi kini karena keindahan bunganya sudah banyak menanamnya di pekarangan rumah atau taman yang langsung menerima cahaya matahari. Kamboja putih tingginya dapat mencapai 2-3 meter dan bercabang banyak. Cabang-cabang tanaman ini tumbuh dengan cepat sehingga anda harus rajin memotongnya supaya tanaman anda terlihat tetap indah. Kamboja putih bunganya tumbuh dengan lebat dan berkumpul dalam sebuah rangkaian bunga yang besar. Bagian luar bunga berwarna putih dengan campuran warna kuning di bagian dalamnya.