Deretan Sekolah Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Mungkin ada salah satu diantara kalian yang memiliki cita-cita sebagai juru parkir pesawat atau bahasa kerennya “aircraft marshaller”. Namun, untuk menjalani profesi ini diperlukan keahlian dan ketrampilan khusus. Oleh karena itu, kalian perlu mengikuti pelatihan di sekolah menjadi tukang parkir pesawat.

Di Indonesia, sekolah menjadi tukang parkir pesawat dikelola oleh LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) yang bekerja sama langsung dengan Kemenhub dan Direktorat Jendral Perhubungan Udara. LPK yang secara khusus menyediakan pelatihan marshaller tidak banyak, kalian dapat memilihnya dari beberapa yang kami rekomendasikan dalam artikel ini.

Mengenal Profesi Tukang Parkir Pesawat

Walaupun memiliki sebutan sebagai “tukang parkir”, tapi jangan kalian anggap remeh profesi satu ini. Pasalnya, gajinya jauh berlipat-lipat dibandingkan tukang parkir kendaraan mobil maupun motor. Hal ini karena tugas yang diemban memiliki tanggung jawab yang besar yang berpengaruh langsung terhadap keselamatan seluruh penumpang pesawat.

Tugas utama seorang tukang parkir pesawat adalah memberi arahan kepada pilot saat sedang parkir agar pesawat dapat terparkir pada posisi yang tepat. Selain itu, marshaller juga memiliki tugas untuk memberi instruksi kepada pilot saat akan landing maupun take off.

Walau kebanyakan juru parkir pesawat adalah seorang laki-laki, namun wanita juga diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan marshaller. Terlebih syarat-syaratnya yang tidak rumit membuat semua orang bisa mengikutinya.

Syarat Masuk Sekolah Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Sebelum kalian memutuskan untuk mendaftar sebagai tukang parkir pesawat, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa persyaratan yang dibutuhkan seperti di bawah ini:

  1. Warga negara Indonesia usia minimal 18 dan maksimal 27 tahun.
  2. Tinggi badan minimal pria 165 cm.
  3. Tinggi badan minimal wanita 160 cm.
  4. Kondisi fisik sehat.
  5. Tidak buta warna
  6. Tidak bertato dan tidak bertindik
  7. Bebas dari narkoba

Selain itu, kalian perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan digunakan oleh pihak sekolah / LPK untuk memverifikasi identitas kalian. Berikut diantaranya:

  1. Fotokopi e-KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Kepolisian (SKCK)
  4. Pas foto 2×3 dan 3×4 sebanyak @4 lembar
  5. Surat keterangan sehat dari dokter

Setelah persyaratan dan dokumen yang kalian butuhkan tersedia, silakan langsung saja datang ke LPK. Nanti kalian akan diberi tahu kapan waktu pendaftaran dan kapan masa pelatihan akan dimulai.

Sebelum masuk, nanti kalian akan di interview terlebih dahulu mengenai kesiapan untuk bergabung dalam akademi tukang parkir pesawat.

Daftar Sekolah Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Di Indonesia ada beberapa sekolah menjadi tukang parkir pesawat yang bisa anda pilih. Nah, bagi kalian yang bingung mencari tempat pelatihan atau sekolah menjadi tukang parkir pesawat, maka berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasinya. Untuk informasi lebih lanjut, nanti kalian dapat langsung datang ke sekolah tersebut atau mengunjungi website resminya.

Related Post

Jogja Flight

Seperti namanya, Jogja Flight memang sekolah khusus di bidang penerbangan. Bahkan, tidak hanya menyediakan program pelatihan dan pendidikan kilat saja, melainkan menyediakan sekolah jurusan khusus penerbangan mulai dari SMK hingga perguruan tinggi S1.

Jika kalian memang berencana kerja di jurusan penerbangan, maka alangkah baiknya sejak SMK bergabung di sekolah ini hingga S1. Namun, jika sudah tidak punya waktu maka kalian dapat mengikuti pendidikan kilatnya pada bidang Ground Support Equipment (GSE).

Namun, untuk dapat mengikuti pendidikan kilatnya kalian harus sudah mahir berbahasa Inggris. Karena itu merupakan salah satu syarat untuk menjadi seorang aircraft marshaller.

AVIA Kampus Penerbangan

AVIA secara khusus membuka pelatihan dan program kerja di bidang penerbangan. Karena itu, materi yang disediakan pun lebih padat dan lebih berbobot dibandingkan di LPK lainnya.

Lokasi AVIA berada di Bali dan termasuk salah satu pelatihan dengan biaya paling murah yakni sekitar Rp4.500.000 selama satu tahun pelatihan. Namun biaya ini belum termasuk biaya lisensi seharga Rp5.000.000 dan biaya pendaftaran sebanyak Rp300.000.

Setidaknya, ada 50 perusahaan di bidang penerbangan yang bekerja sama dengan AVIA. Sehingga hampir semua lulusannya dapat diserap langsung oleh industri.

Pembelajarannya dilaksanakan selama setahun penuh yang terdiri atas pembelajaran teori, pelatihan langsung di lapangan, on job training, dan rekomendasi kerja. Semua materinya sudah disusun berdasarkan kurikulum kompetensi yang berlaku mulai pembelajaran bahasa Inggris, kemampuan complaint handling, dan keahlian sebagai customer service.

SAS Training Center

Jika kalian merasa lokasi AVIA terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal kalian berada, maka cobalah untuk mendaftar di SAS Training Center yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

LPK satu ini tidak hanya menyediakan sekolah penerbangan, tapi juga pelayaran dan perhotelan. Berbeda dengan AVIA yang membutuhkan waktu pelatihan selama setahun penuh, disini pendidikannya benar-benar singkat yakni hanya dalam waktu seminggu / 7 hari saja.

Biaya pelatihan di SAS Training Center berkisar pada angka Rp8.500.000 yang sudah termasuk biaya lisensi dan juga biaya pendaftaran. Kalian pun akan mendapatkan sertifikasi langsung yang dikeluarkan oleh Dirjen Penerbangan.

Itulah beberapa daftar sekolah menjadi tukang parkir pesawat beserta syarat-syarat yang perlu kalian siapkan sebelum memasukinya. Semoga bermanfaat!