Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS Yang Sepi PeminatApakah kamu sudah tau tentang sekolah kedinasan? Secara sederhana sekolah ini merupakan lembaga sekolah yang didirikan dan dibiayai oleh instansi pemerintah. Oleh sebab itu, cukup jarang ada sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat.

Persaingan untuk mendapatkan tempat masuk untuk sekolah kedinasan di Indonesia memang sangat ketat. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena saat ini terdapat banyak sekolah kedinasan di Indonesia.

Walaupun jumlahnya tidak banyak, masih ada beberapa sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat. Yuk cek disini, siapa tahu kamu tertarik untuk memasuki salah satu sekolah yang akan dibahas pada artikel ini.

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat di Tahun 2021

Bagi kamu lulusan jurusan IPS yang berminat untuk mendaftar di sekolah kedinasan, ada beberapa pilihan yang relatif sepi peminat di tahun 2021.

1. Politeknik Pelayaran Sorong

Politeknik Pelayaran Sorong merupakan sekolah yang mengembangkan potensi sumberdaya manusia melalui pelayaran. Sekolah ini beralamat di Jalan Tanjung Saoka No. 1, Sorong, Papua Barat. Sekolah ini tergolong baru dengan peletakan batu pertama pada tahun 2007 dibawah Kementrian Perhubungan Badan Pengembangan SDM.

Politeknik Pelayaran Sorong memiliki semboyan Patria Sapta Bahari Bhakti. Yang artinya cinta tanah air, berjiwa pejuang yang penuh pengabdian dalam mengarungi tujuh samudera. Semboyan ini cocok untuk membakar jiwa kemaritiman kamu yang ingin berkarya di atas lautan sebagaimana ketangguhan nenek moyang terdahulu.

Pada tahun 2021 Politeknik Pelayaran Sorong menerima kuota sebanyak 72 mahasiswa. Sementara yang mendaftar baru 212 orang. Artinya tingkat persaingannya rendah. Dimana secara matematis dapat dihitung satu orang hanya bersaing dengan sekitar 3 orang lainnya untuk mendapatkan kuota. Bagi kamu yang minat bisa bergabung disini.

2. Politeknik Pelayaran Barombong

Sekolah kedinasan Jurusan IPS yang sepi peminat selanjutnya adalah Politeknik Pelayaran Barombong yang merupakan sekolah transportasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Fasilitas yang ada di Politeknik Pelayaran Barombong antara lain fasilitas umum, nautika, teknika, kapal latih, perpustakaan dan lainnya.

Program Diklat Keahlian yang ada di Poltekpel Barombong akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi terdiri dari Diklat Pelaut Pembentukan dan Diklat Peningkatan Keahlian Pelaut. Selain itu, Poltekpel Barombong juga mempunyai Program Diklat Keterampilan diklat yang diperuntukkan bagi calon pelaut berstandar internasional.

Pendaftar di sekolah ini sebanyak 96 orang dengan kuota 72 orang. Jika kamu mendaftar di sana pasti memiliki peluang yang besar karena satu orang akan bersaing dengan dua orang lainnya. Meskipun begitu pastikan kamu tetap belajar sungguh-sungguh supaya menjadi satu orang dari 72 orang yang lolos seleksi.

3. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara

Apakah kamu sudah tau tentang Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara? Ya, sekolah tinggi ini juga bagian dari sekolah di bawah naungan Kementrian Perhubungan sesuai Amanah Peraturan Menteri Nomor 124 Tahun 2015. Tujuannya untuk memperkuat keutuhan sistem transportasi nasional sekaligus pemerataan realisasi pendidikan.

Sama seperti sekolah tinggi lainya, Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara juga sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat. Jika mendaftar disini kamu hanya akan bersaing dengan 2 sampai 3 orang lainnya. Tercatat pelamar sebanyak 165 orang dengan jumlah kuota yang dibutuhkan adalah 72 orang.

4. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Nah, bagi kamu yang berasal dari daerah barat Indonesia dapat mendaftar di Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. Sekolah ini memiliki nama yang diambil dari seorang pelaut perempuan yang bernama Laksamana Keumalahayati. Sekolah ini beralamat di Jalan Laksamana Malahayati Km. 19 No. 12 Gampong Durung, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap. Diantaranya adalah asrama, ruang kelas, kapal latih, mushola, Real GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) Simulator. Sementara untuk sekolah ini menerbitkan sertifikat COC (Certificate of Competency) dan COP (Certificate of Proficiency).

Pendaftar di sekolah ini sebanyak 164 orang dengan kuota 72 orang. Jika kamu mendaftar di sana pasti memiliki peluang yang besar karena satu orang akan bersaing dengan 2 orang lainnya. Meskipun begitu pastikan kamu menjadi bagian dari mahasiswa Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh dengan belajar yang giat.

5. Politeknik Penerbangan Jayapura

Apakah kamu ditolak oleh beberapa PTN dan PTS? Jangan sedih dulu. Karena masih banyak sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat. Salah satunya adalah Politeknik Penerbangan Jayapura yang spesifikasinya khusus penerbangan. Bagi kamu yang punya cita-cita ingin menjadi pilot bisa banget mendaftar di sekolah ini.

Pada tahun 2021 Politeknik Politeknik Penerbangan Jayapura membuka kuota sebanyak 48 mahasiswa. Sementara yang mendaftar sebanyak 206 orang. Untuk persaingannya sendiri tidak terlalu ketat. Karena setiap pendaftar akan bersaing dengan 4 orang pendaftar lainnya. Pastikan kamu dapat lolos seleksinya ya.

6. Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Banten beralamat di Jalan Raya No. 1, Karang Serang Kec. Sukadiri, Tangerang, Banten. Pada tahun ini Politeknik Pelayaran Banten menerima mahasiswa sebanyak 78 orang sementara yang mendaftar sebanyak 351 orang. Satu orang pendaftar akan bersaing dengan 4 sampai 5 orang pendaftar lainnya.

Politeknik Pelayaran Banten masih membuka peluang bagi kamu yang ingin mendaftar sekolah tinggi. Di sekolah ini tersedia fasilitas berupa simulator center, laboratorium, ruang belajar, perpustakaan dan poliklinik. Kamu wajib daftar disini karena termasuk sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat.

7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Tidak jauh beda dengan sekolah lainnya. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar masih membuka kesempatan kamu mendaftar. Dari 887 orang yang memilih sekolah ini baru sekitar 508 orang yang mendaftar. Sementara untuk bangku persaingan peserta akan memperebutkan kuota sebanyak 72 kursi.

8. Politeknik Penerbangan Makasar

Ternyata untuk Politeknik Penerbangan Makassar juga masih sepi peminat. Kuota yang disediakan oleh sekolah ini sebanyak 144 orang dengan jumlah pendaftar sebanyak 631. Kamu hanya perlu menggeser sekitar 4 sampai 5 orang untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa Politeknik Penerbangan Makasar.

9. Politeknik Penerbangan Medan

Politeknik Penerbangan Medan merupakan sekolah yang mengembangkan potensi sumberdaya manusia bidang penerbangan. Sekolah ini beralamat di Jalan Penerbangan No. 85 Sempakata Medan – Sumatera Utara. Bagi kau yang berminat sekolah ini masih membuka pendaftaran.

Politeknik Penerbangan Medan memiliki beberapa program studi. Inilah pilihan prodi yang dapat kamu pilih, (PLLU) Pemandu Lalu Lintas Udara, (TTNU) Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, (TLB) Teknik Listrik Bandara, dan (TPPU) Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara. Untuk saat ini jumlah pendaftar sebanyak 531 orang dengan kuota 96 orang.

10. Politeknik Penerbangan Palembang

Saat ini pendaftar di Politeknik Penerbangan Palembang sebanyak 743 orang sementara kuota yang dibuka sebanyak 96 orang. Kamu masih bisa mendaftarkan diri di sekolah ini. Karena sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat. Tentunya dengan persiapan yang matang supaya dapat bersaing dengan peserta yang lain.

Bila kamu mendaftar ke sekolah ini kamu mengambil jenjang pendidikan yang kamu inginkan. Terdapat 3 jenjang, antara lain DIII Manajemen Bandar Udara, DIII Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran, dan DIV Teknologi Rekayasa Bandar Udara. Selain itu fasilitas penunjang pendidikan juga tersedia lengkap disini.

Itulah beberapa sekolah yang masih memberikan kesempatan buat kamu bergabung bersama. Menjadi mahasiswa di sekolah akan memberikan pengalaman menarik bagi kamu setelah lulus sekolah menengah atas. Siapkan dirimu baik-baik. Pastikan kamu menjadi bagian dari sekolah-sekolah terbaik di Indonesia.