Sekolah Kedinasan di Jogja

Sekolah kedinasan dapat menjadi pilihan pendidikan selain sekolah umum. Banyak sekolah dengan ikatan dinas yang tersebar di seluruh wilayah negara kita. Salah satu kota yang memiliki sekolah kedinasan di dalamnya adalah Jogja. Banyak alasan mengapa sekolah kedinasan ini banyak diminati. Daftar beberapa Sekolah Kedinasan di Jogja kali ini akan membantumu menentukan pilihan pendidikan selanjutnya.

Apa Itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan merupakan sekolah khusus yang lulusannya akan mendapatkan ikatan dinas langsung. Dalam hal ini, lulusan sekolah kedinasan akan menjadi ASN atau aparatur sipil negara. Dengan status para lulusannya yang dijamin negara inilah yang menjadikan sekolah kedinasan menjadi sekolah yang diincar dan diminati.

Pendapatan yang akan diterima Lulusan sekolah dinas ini, mungkin akan menjadi salah satu alasan mengapa kamu ingin menempuh pendidikan satu ini. Berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2015 berisi Perubahan Ketujuh Belas atas PP Nomor 7 Tahun 1977 mengatur Peraturan Gaji PNS, berkisar Rp 1,92 juta untuk golongan IIA hingga Rp 2,66 juta golongan IIIC.

Lulusan dari Sekolah Kedinasan di Jogja ini pun akan mempunyai pendapatan yang kurang lebih sama. Tetapi gaji pokok yang akan diterima nantinya akan ditambahkan lagi dengan tunjangan kerja yang nominalnya sesuai dengan porsi kerja masing masing divisi. Nah, berikut ada beberapa sekolah Kedinasan di daerah Jogja yang bisa jadi tujuan.

Deretan Sekolah Kedinasan di Jogja

Ada 7 Sekolah Kedinasan di Jogja yang bisa anda jadikan tujuan untuk melanjutkan studi anda, yaitu :

1. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Seperti namanya, Akademi Angkatan Udara adalah sekolah dengan ikatan dinas yang akan mencetak calon perwira Angkatan Udara di Indonesia. Akademi ini sudah cukup lama didirikan di Indonesia, yaitu sejak 1965. Akademi ini sendiri berdiri dibawah naungan TNI Angkatan Udara langsung yang dipimpin oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara.

Dengan program belajar dan pola kedisiplinannya, AAU Indonesia sampai saat ini sudah mencetak banyak perwira Angkatan Udara yang tangguh. Pusat pendidikan akademi ini berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto KM 10, Yogyakarta. Perpaduan pelatihan formal maupun pelatihan fisik kedisiplinan menjadi poin utama akademi ini.

2. Poltekkes Kemenkes (Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan)

Sekolah dinas berikutnya adalah sekolah yang mempunyai program kesehatan. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan atau biasa disebut Poltekkes Kemenkes. Sekolah yang sudah didirikan sejak tahun 2001 ini, berdiri dibawah naungan langsung Kementerian Kesehatan lho. Jenjang pendidikan yang tersedia mulai dari DIII sampai DIV.

Program pendidikan yang berfokus pada kesehatan masyarakat ini bertujuan untuk mencetak para tenaga ahli dibidang kesehatan yang mumpuni. Lulusan lulusan terbaik akademi ini akan memberi sumbangsih besar kepada Indonesia kedepannya, terutama dalam kondisi seperti saat ini. Keahlian dan keprofesionalan adalah fokus utama pengajaran akademi ini.

Salah satu sekolah kedinasan di Jogja ini berada di alamat jalan Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman dan dipimpin langsung oleh seorang Direktur. Direktur yang bertugas merupakan jabatan dalam akademi yang berada di bawah organisasi Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM)

3. STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)

Sekolah dengan ikatan dinas di Jogja berikutnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir atau yang disingkat sebagai STTN. Sekolah khusus ini mempunyai program pendidikan yang berkaitan dengan nuklir beserta pengelolaannya. Tenaga nuklir yang jaman ini sudah mulai dikembangkan menjadi salah satu faktor akademi ini didirikan tahun 2001 silam.

Related Post

Sekolah tinggi ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1985 yang dipelopori oleh Pendidikan Ahli Teknik Nuklir (PATN). Dibawah naungan langsung BATAN, akademi ini pada saat itu hanya memiliki jenjang pendidikan setara DIII. Kemudian setelah tahun 2001 PATN mengubah nama menjadi STTN maka ditambahkan juga jenjang pendidikan DIV sampai sekarang.

Bagi kamu yang berminat mempelajari tentang nuklir, Sekolah tinggi ini bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Pusat akademi yang terletak di jalan Babarsari, Yogyakarta ini sudah banyak mencetak para tenaga ahli di bidangnya. Menyenangkan bukan, mempelajari sumberdaya terbarukan beserta penelitian inovatif terkait nuklir?

4. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Negara)

Masih banyaknya lahan di Indonesia saat ini menjadikan pertanahan sebagai salah satu jurusan pendidikan yang dikhususkan. Sekolah tinggi satu ini memang berfokus pada pendidikan pengelolaan pertanahan dan pemetaannya. Sehingga lulusan terbaik dari sekolah tinggi ini dapat mengisi kekosongan posisi tenaga ahli yang dibutuhkan Indonesia di bidangnya.

Sekolah Tinggi yang sudah didirikan sejak tahun 1963 ini awalnya mempunyai nama Akademi Agraria. Sekolah kedinasan di Jogja satu ini berdiri dibawah naungan BPN (Badan Pertanahan Nasional) dan memiliki beberapa jenjang pendidikan seperti DIII dan DIV. Selain itu terdapat 2 jurusan yang bisa kamu pilih, yaitu Manajemen Pertanahan dan Perpetaan.

Berlokasi di jalan Tata Bumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sekolah Tinggi Pertanahan Negara ini mempunyai sebuah portal resminya sendiri. Portal resmi STPN akan bisa kamu akses langsung bila diterima sebagai siswa. Banyak informasi dan update terkait program belajar pada portal resmi ini yang akan membantumu menempuh pendidikan.

5. POLTEK ATK (Politeknik Akademi Teknologi Kulit)

Meski akademi satu ini tidak begitu dikenal, tetapi akademi satu ini cukup banyak peminatnya. Sekolah akademi unik yang dimiliki Joga satu ini khusus memfokuskan pembelajaran pada teknologi kulit. Tujuan didirikan awalnya adalah untuk mencetak tenaga ahli di bidang pengolahan kulit untuk mendongkrak laju perekonomian nasional.

Sekolah Kedinasan di Jogja ini mempunyai dua jurusan yaitu Teknologi Pengolahan Kulit dan Desain dan Teknologi Kulit. Sejak diresmikan pada tahun 1958 Politeknik Akademi Teknologi Kulit berada dibawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dan terletak di jalan Professor Doktor Wirjono Prodjodikoro, Glugo, Sewon, Yogyakarta.

6. STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian)

Sekolah tinggi satu ini berfokus pada pertanian dan pengolahannya. Mempunyai jenjang pendidikan setara DIV, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian ini mempunyai program studi yaitu Penyuluhan Pertanian. Berdiri dibawah Kementerian Pertanian. Membuat kepala STTP akan langsung bertanggung jawab terhadap Menteri Pertanian.

Masih banyaknya lahan pertanian di wilayah Indonesia dan kurangnya tenaga ahli di bidang ini menjadikan lulusan terbaik sekolah tinggi masih banyak dicari. Dari mulai perusahaan swasta sampai lembaga pemerintahan. Jabatan dan posisi strategis di berbagai sektor menjadikan pilihan bersekolah di sekolah tinggi ini adalah hal yang tepat.

7. MMTC (Sekolah Tinggi Multi Media)

Berdiri dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sekolah Kedinasan di Jogja satu ini bergerak dibidang multimedia. Bila kamu sangat tertarik mempelajari dunia multimedia, berurusan dengan teknologi dan pengembangannya, pilihan Sekolah Tinggi Multi Media ini mungkin cocok untukmu.

Berbagai macam pilihan jurusan tersedia disini. Jenjang pendidikan DIV menawarkan jurusan Manajemen Produk Siaran, Manajemen Produksi Berita, Manajemen Teknik Studio Produksi, Animasi, dan Teknologi Permainan. Kemudian bila kamu berminat pada jenjang S1 MMTC juga menyediakan jurusan Manajemen Informasi Komunikasi yang bisa kamu pilih.

Pilihan pola pendidikan di jaman ini sudah bervariasi. Selain pendidikan umum, pendidikan dengan ikatan dinas pun jadi incaran. Walaupun tes lolos masuk sekolah kedinasan cenderung tidak mudah, tetap tidak menyurutkan semangat kaum muda untuk mendaftar. Dengan bekal pendidikan yang baik sedari kecil, akan membantu menentukan masa depanmu nantinya.