Categories: Karir

Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian

Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Tak mengherankan banyak kampus ternama yang memiliki fakultas agribisnis. Salah satu jurusan yang diminati adalah teknologi hasil pertanian atau yang lebih dikenal dengan THP termasuk jurusan yang diminati. Sebelum kamu menentukan jurusan, kamu harus tahu prospek kerja teknologi hasil pertanian berikut.

Apa itu Teknologi Hasil pertanian?

Salah satu jurusan berlatar agribisnis ini pada dasarnya mempelajari tentang ilmu terapan beserta tekniknya. Penerapan ilmu dan teknologi penunjangnya ini akan memudahkan untuk mengelola sumberdaya alam, berbagai tumbuhan pangan dan hewan. Pengelolaan yang baik akan membuat hasil pangan nantinya berkualitas.

Beberapa hal yang dipelajari dan menjadi fokus utama dalam jurusan ini antara lain seperti biokimia pangan, kemudian hal hal yang berkaitan dengan Metabolisme seperti Karbohidrat, Lemak, Protein, Enzim dan Koenzim, dan Asam Nukleat. Jurusan ini juga banyak membahas terkait berbagai susunan sel dan vitamin.

Mengapa Harus Memilih Jurusan THP?

Ada beberapa sebab mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih jurusan THP sebagai tujuan studimu.

1. Berstandar Internasional

Lulusan Teknologi Hasil Pertanian saat ini sudah berstandar internasional. Dalam artian bahwa bila kamu adalah lulusan jurusan agribisnis ini, kamu bisa dengan mudah diterima di berbagai perusahaan bertaraf internasional. Hal ini karena lulusan jurusan THP ini akan punya standar yang sama dengan para lulusan luar negeri di bidang yang sama.

2. Bisa Membuka Lapangan Kerja

Hal lain yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah, peluang lapangan kerja yang luas. Negara Indonesia dengan lahan agribisnis yang luas akan mendorong lulusan THP melakukan inovasi dan kreasi lapangan kerja nantinya. Yang mana hal ini juga akan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi anak muda lulusan lainnya.

3. Incaran Perusahaan

Banyaknya perusahaan Indonesia yang juga bergerak di bidang agribisnis ini juga menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini diminati. Perusahaan yang bergerak pada pengolahan pangan ini akan mengincar lulusan terbaik yang sesuai dengan bidang bisnis mereka. Oleh karena itu Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian ini patut menjadi pertimbangan saat ini.

Kampus yang Menawarkan Jurusan THP

Bagi anda yang tetarik untuk kuliah di jurusan Teknologi Hasil Pertanian, ada beberapa kampus top yang bisa menjadi pilihan anda.

1. Universitas Gadjah Mada

Salah satu universitas terkemuka Indonesia yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas negeri yang terletak di Yogyakarta ini mempunyai Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian yang sudah terakreditasi A. Reputasi yang sudah sangat baik ini menjadikan UGM sebaiknya menjadi pilihan pertama anda.

Sayangnya Teknologi Hasil Pertanian bukanlah salah satu Jurusan UGM yang mudah dimasuki. Peminat jurusan ini relatif cukup banyak sehingga anda perlu menyiapkan diri anda secara sungguh-sungguh. Semoga saja usaha keras anda dapat membuat hasil maksimal sehingga anda bisa diterima masuk kuliah di UGM.

2. Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi lainnya yang juga memiliki jurusan serupa adalah Universitas Hasanuddin. Universitas negeri yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan ini juga sudah mendapatkan akreditasi A dan mempunyai reputasi sangat baik. Jurusan yang bernama Ilmu dan Teknologi Pertanian ini bisa menjadi pertimbangan kamu juga.

3. Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman merupakan universitas negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Universitas ternama di Indonesia ini juga mempunyai jurusan THP. Jurusan satu ini sudah mempunyai reputasi yang baik dengan akreditasinya yang A dan akan menjadikan kesempatan dan Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian yang tinggi

Related Post

4. Universitas Brawijaya

Di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Universitas Brawijaya jurusan serupa juga dibuka. Universitas Brawijaya yang terletak di kota Malang, Jawa Timur ini juga sudah mendapatkan akreditasi A. Reputasinya yang sangat baik menjadikan jurusan satu ini cukup diminati kalangan muda.

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Universitas yang terakhir adalah Universitas Mercu Buana yang juga terletak di Yogyakarta. Universitas swasta ternama ini mempunyai Jurusan THP yang terakreditasi B. Reputasinya yang cukup baik ini juga membuat jurusan pada universitas satu ini cukup diminati para generasi muda.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan THP?

Lulusan jurusan teknologi hasil pertanian memiliki prospek kerja yang sangat bags. Tercatat banyak yang bekerja di sektor formal maupun non formal. Perusahaan yang bergerak di industri pangan, dinas pertanian pemerintah sampai lembaga pendidikan pun mencari lulusan terbaik dari jurusan ini, seperti lembaga pendidikan universitas dan sekolah kejuruan.

Selain itu, Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian akan membuka lapangan kerja baru dan menjadi entrepreneur pun akan menjanjikan. Banyaknya lahan di Indonesia saat ini membuat banyak sektor yang membutuhkan tenaga pengolahan yang baik, sehingga jurusan THP ini menjadi salah satu jurusan yang akan diminati kedepannya.

1. Di Industri Pengolahan Pertanian

Saat ini banyak perusahaan besar yang bergerak dibidang pengolahan pangan. Perusahaan seperti ini biasanya akan mencari lulusan terbaik dari Teknologi Hasil Pertanian. Bila kamu masuk dan diterima di perusahaan pengolahan pangan seperti ini, biasanya kamu akan digaji sekitar antara Rp 3 juta – Rp 10 juta rupiah, tergantung dari tugas yang diberikan tentu saja.

2. Di Departemen Pertanian

Salah satu Departemen Pemerintahan ini bisa jadi incaran pekerjaan favorit para lulusan Teknologi Hasil Pertanian. Posisi ASN pada departemen pemerintahan ini mempunyai gaji sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta tetapi gaji tersebut belum termasuk tunjangan pekerjaan yang diterima.

3. LIPI

Menjadi peneliti terkait pengolahan pangan juga menjadi pilihan karir yang bisa kamu pilih. Lembaga penelitian Indonesia seperti LIPI akan menjadi sebuah tawaran pekerjaan yang menarik. Gaji yang ditawarkan profesi ini pun menggiurkan, dari angka belasan hingga puluhan juta tiap bulannya.

4. BPOM

Selain LIPI, Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian sebagai peneliti juga tersedia di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Selain melakukan penelitian, kamu juga akan memastikan kualitas produk pangan yang akan dijual di pasaran. Untuk gaji, seperti halnya ASN, kamu akan mendapatan gaji pokok berikut dengan tunjangan kerja tiap bulan.

5. Manajer Produksi

Bergabung pada perusahaan swasta dapat menjadi pilihan yang baik pula untuk kamu. Perusahaan swasta yang identik dengan gaji yang besar ini juga akan mempunyai beban tugas yang lebih besar tentunya. Tetapi hal ini akan seimbang, seiring dengan pendapatan yang akan kamu terima.

Dari mulai staff, kamu bisa meniti karir bahkan sampai jenjang manager. Untuk lulusan Teknologi Hasil Pertanian biasanya akan ditempatkan di bagian produksi pangan yang bertanggung jawab atas quality control pangan sebelum keluar ke pasar. Jenjang karir seperti ini bisa kamu dapatkan seiring dengan loyalitas kerja yang kamu kerjakan nantinya.

6. Dosen / Pengajar

Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian sebagai Pengajar juga layak dipertimbangkan. Bekerja di Lembaga pendidikan yang bergerak di bidang Teknologi Hasil Pertanian atau bahkan Dosen bisa menjadi salah satu pilihan karir kamu. Banyaknya peminat untuk jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini membuat mahasiswa juga akan semakin banyak.

Tapi memang untuk menjadi tenaga pendidik seperti ini membutuhkan tingkat pendidikan yang memadai. Bila kamu berminat pada profesi satu ini kamu paling tidak harus melanjutkan pendidikan sampai jenjang magister atau doktoral. Membagikan ilmu kepada para generasi muda sebagai guru merupakan sebuah profesi yang tak banyak orang bisa.

Berbagai macam jurusan yang tersedia di Universitas saat ini memang beragam. Tetapi jurusan yang bergerak di bidang agribisnis selalu mempunyai tempat khusus bagi peminatnya. Tak hanya demi mimpi bekerja di perusahaan besar, menjadi pengusaha atau entrepreneur demi membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain pun menjadi alasan.