Jenis Philodendron

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang paling terkenal di Indonesia. Pada tahun 2020 ini, Popularitasnya menyaingi Anthurium dan aglaonema yang telah menjadi tanaman hias daun terpopuler selama beberapa tahun di Indonesia. Salah satu jenis Philodenron yang termahal adalah monstera yang menjadi salah satu tanaman hias termahal di tahun 2020 ini. Kepopuleran jenis tanaman ini dikarenakan memiliki bentuk yang unik, yaitu terdapat bolong-bolong disekitar daunnya.

Saat ini terdapat lebih dari 200 spesies dari tanaman ini yang telah teridentifikasi di dunia. Kebanyakan tersebar di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, jadi wajar saja jika kita menemukan banyak varietas philodendron di sekitar kita.

Selain karena banyaknya jenis dari tanaman hias ini, philodendron juga banyak ditanam orang dikarenakan memiliki fungsi sebagai penyerap polutan udara. Dengan terserapnya polutan ini maka udara di sekitar lingkungan yang ditanami tanaman hias ini akan terasa lebih sejuk dan segar.

Jenis Philodendron Termahal di 2020

Jenis philodendron ini sedang memiliki harga yang sangat mahal di tahun 2020 ini. Namanya adalah philodendron mmonstera atau dikenal orang sunda dengan sebutan janda bolong. Saat ini satu buah tanaman ini yang berukuran kecil, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tidak tahu juga apa sebabnya mengapa tanaman ini tiba-tiba harganya melonjak tajam.

Memang dari segi daunnya, ia memiliki keunikan karena adanya bolong-bolong yang memiliki pola teratur. Perawatan tanaman ini juga sangat mudah dan bisa ditempatkan di dalam ataupun luar ruangan. Menaruh tanaman ini di dalam sebuah pot tinggi yang ditaruh di atas meja akan membuatnya menjadi pusat perhatian.

Harganya pun bisa tambah mahal jika tanaman tersebut mengalami mutasi, atau dalam bahasa kerennya mengalami Variegata. Contohnya saja philodendron variegata yang dijual oleh mas iwan dari Bogor. Ia berhasil menjual tanaman variegatanya yang baru memiliki 4 daun seharga 95 juta rupiah. Dengan harga segitu, menjadikan philodendron tersebut sebagai tanaman hias termahal di 2020.

Harga tanaman hias yang mengalami mutasi bisa menjadi mahal karena mutasi jarang sekali terjadi. Tanaman pertama yang mengalami mutasi, apabila menghasilkan sebuah corak yang unik maka ia menjadi tanaman yang tiada duanya. Corak yang dihasilkan biasanya bersifat acak, ada yang muncul corak berwarna merah, putih, kuning dan lain sebagainya.

Sayangnya, karena sifat mutasi ini akan diturunkan ke anakannya maka biasanya dalam selang beberapa waktu varietas tersebut akan mengalami penurunan harga yang cukup drastis. Apalagi jika tanaman tersebut mudah dikembangbiakan secara vegetatif seperti Philodendron.

Karaktersitik Philodendron

Philodendron sebenarnya mempunyai bentuk tubuh yang sangat beragam diantara spesies dan varietasnya. Contohnya saja masalah perakaran, ada jenis philodendron yang akarnya di dalam tanah tetapi ada yang memiliki akar nafas yang berada di permukaan tanah. Spesies philodendron yang hidupnya merambatlah yang memiliki akar nafas.

Batangnya pun juga beragam dari segi bentuk dan warna, akan tetapi sebagian besar philodendrom memiliki batang yang bulat. Saat tanaman masih muda, batang ini biasanya berwarna hijau sedangka saat telah dewasa ada yang batangnya tetap berwarna hijau dan ada pula yang berubah menjadi warna kemerahan dan keabu-abuan.

Philodendron merupakan tanaman yang memiliki bunga majemuk, bentuk bunga ini mirip seperti yang dimiliki anthurium dan aglaonema. Hal yang menarik adalah bunganya ini jarang sekali menjadi biji karena jarangnya penyerbukan yang sukses.

Daun merupakan bagian yang paling menarik dari tanaman hias ini. Bentuk daunnya bervariasi tergantung jenisnya, ada yang berbentuk hati, lanset, menjari atau melebar. Warna daunnya pun beranekaragam, ada yang berwarna hijau, hijau kekuningan, merah dan bahkan ada yang berwarna perak.

Jenis Philodendron

Terdapat sekitar 200 spesies philodendron yang bisa dikelompokkan ke dalam dua jenis yaitu philodendron merambat dan tegak lurus. Penggunaan kedua jenis ini sebagai tanaman hias memiliki peran yang berbeda.

Jenis Philodendron Merambat

Jenis philodendron yang tumbuhnya merambat sangat cocok dijadikan tanaman yang ditaruh di pot gantung. Selain itu, ia bisa juga dengan baik dijadikan tanaman penutup lahan ataupun tanaman rambat pagar. Beberapa jenis philodendron merambat diantaranya adalah sebagai berikut :

Philodendron epipremnum aureum

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama Sirih Gading Kuning. Ia termasuk ke dalaman tanaman yang tumbuhnya merambat, sehingga sering kali dijadikan sebagai tanaman hias gantung yang ditanam di pot. Tanaman ini bisa juga ditanam untuk tumbuh merambat pada pagar, dinding rumah ataupun pada pohon yang lebih besar. Di bagian atas, daunnya berwarna putih dengan semburat hijau sedangkan pada bagian bawahnya berwarna hijau tua.

Philodendron scandens

Jenis Philodendron ini berasal dari Brazil dan merupakan salah satu tanaman hias yang paling direkomendasikan untuk menjadi tanaman hias gantung. Tanaman ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama sirih belanda variegata, yaitu tanaman sirih belanda yang mengalami mutasi genetis sehingga di bagian tengah daunnya terdapat warna kuning yang membelah kedua sisi hijau yang ada di daunnya. Hati-hati tanaman ini tumbuh dengan sangat baik dan cepat, sehingga dalam waktu beberapa tahun dapat tumbuh merambat hingga lebih dari 10 meter.

Philodendron Pink Princess

Merupakan salah satu jenis Philodendron yang paling langka dan berharga mahal. Sesuai namanya, jenis tanaman ini memiliki daun yang terdiri  dari  dua warna yaitu hijau gelap dan pink.

Warna pink pada daunnya muncul karena adanya mutasi genetik (variegata). Kombinasi warna daun yang tersebut, sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang didapatkannya. Jika terlalu banyak terkena sinar matahari maka warna pinknya akan mulai menghilang. Sedangkan apabila kekurangan cahaya, maka warna pinknya akan menjadi dominan.

Oleh karena itu, saya merekomendasikan tanaman ini hanya ditanam secara indoor saja. Anda bisa menaruhnya pada pot berukuran sedang yang diletakkan di dekat jendela. Tanaman ini akan memberikan keindahan tersendiri bagi rumah anda.

Philodendron baumfreund

Tanaman satu ini memiliki daun berukuran kecil yang lebat, sehingga ketika ditaruh didalam ot gantung akan menjadi daya tarik tersendiri. Orang Indonesia sering mengenal tanaman ini dengan nama sirih-sirihan hijau. Jumlah tanaman ini di Indonesia cukup banyak, tak jarang ia ditemukan tumbuh dengan liar di sebuah kebun. Jika anda menginginkan tanaman yang murah tetapi terlihat menarik, philodendron baumfreund bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jenis Philodendron Tegak Lurus

Sesuai dengan namanya, jenis philodendron ini pertumbuhannya tegak keatas. Ada yang memiliki batang panjang dan juga pendek. Bentuk daunnya pun sangat bervariasi, mulai yang berbolong-bolong, menjari, berbentuk hati ataupun membulat.

Philodendron selloum

Berbeda dengan Philodendron epipremnum yang tumbuhnya merambat, tanaman hias ini merupakan tanaman terestial yang sangat baik ditanam di daam pot. Keindahan dari tanaman ini ada pada daunnya yang berwarna hijau tua dan bentuknya menjari. Karena daunnya itulah banyak orang yang menanamnya di teras rumahnya sehingga menimbulkan kesan eksotik. Akibat keunikan daunnya ini, Philodendron selloum menjadi jenis philodendron yang paling populer di Indonesia pada tahun 2020.

Philodendron xanadu

Tanaman ini dari segi tampilan mirip dengan Philodendron selloum tetapi ukurannya lebih besar. Ia sangat cocok dijadikan tanaman landscape karena akan membuat halaman rumah anda terlihat sangat eksotis. Daunnya yang berbentuk menjari dan berukuran besar membuat pemandangan halaman anda menjadi lebih hijau. Apalagi daunnya juga tumbuh dengan lumayan rapat.

Philodendron Moonlight

Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk oval memanjang berwarna kekuningan. Ia merupakan varietas philodendron yang sering dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Ukuran daunnya yang tidak terlalu besar membuatnya cocok ditaruh di pot berukuran sedang yang ditaruh di meja yang ada di dalam rumah anda. Perawatannya juga sangat mudah karena ia tahan di berbagai kondisi lingkungan.

Philodendron Black Cardinal

Memiliki tanaman hias yang memiliki daun warna hitam bisa menjadi sesuatu yang memberikan kesan lain terhadap penampilan anda. Warna hitam dikenal dianggap sebagai warna mistis dan misterius. Tak jarang banyak hewan atau tanaman yang berwarna hitam memiliki harga yang sangat mahal. Ayam cemani misalnya, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekornya.

Bagi anda yang ingin memiliki tanaman hias berwarna hitam, philodendron black cardinal solusinya. Ia memiliki daun berbentuk lonjong yang berwarna hitam. Terkadang di daunnya ada yang menjadi kemerahan, hal itu terjadi apabila tanaman ini mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. Tempatkan tanaman ini di daerah yang hanya terkena sinar matahari pagi atau bisa juga diletakkan di dalam ruangan.