Pantai Plengkung

Pantai di Indonesia memang ada banyak dan selalu cantik. Beberapa pantai cantik itu mempunyai ciri khas yang membuat wisatawan penasaran ingin berkunjung kesana. Salah satunya adalah kota Banyuwangi, kota paling ujung timur pulau Jawa ini mempunyai banyak pemandangan laut yang indah. Rekomendasi kali ini akan diulas terkait Pantai Plengkung yang eksotis.

Profil Pantai Plengkung

Pantai eksotis yang terletak di Banyuwangi ini sedang terkenal di kalangan dunia Internasional. Pantai dengan ombak yang besar dan indah ini terpilih menjadi Lokasi Liga Selancar Dunia 2021. Bukan kali ini saja pantai satu ini terpilih, tetapi tahun ini sudah menjadi kali kelima Pantai ini terpilih menjadi tempat diselenggarakan kejuaraan surfing Internasional.

Pantai plengkung ini sangat menarik dengan ciri khasnya yaitu bentuk lengkungannya yang berbentuk huruf G. Oleh karena itu, pantai cantik ini sering disebut dengan G land. Selain itu pantai ini juga disebut dengan Gland karena mewakili Teluk Grajagan. Pantai cantik di Banyuwangi ini begitu menarik perhatian turis lokal bahkan international.

Daya Tarik Wisata

Besarnya ombak yang ada di pantai Banyuwangi ini sudah dikenal dunia. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai salah satu ombak terbesar dunia. Ombak pantai ini masuk dalam jajaran 7 Gelombang Raksasa. Tak heran bila pantai Plengkung ini menjadi tuan rumah diselenggarakan lomba kejuaraan surfing tingkat dunia untuk yang kelima kalinya. Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 jenis ombak dengan berbeda ketinggian ombaknya.

Ombak pertama dan yang paling tinggi adalah jenis Kong waves. Ombak jenis ini bisa mencapai 6-8 meter tingginya. Ombak kedua adalah jenis speedis waves dengan tinggi ombak sampai 5-6 meter. Dan ombak yang terakhir adalah jenis many track waves yang mempunyai tinggi 2-4 meter saja. Jenis ombak ini akan sangat cocok bagi anda yang ingin memulai belajar berselancar.

Garis pantai ini yang melengkung indah ditambah dengan pemandangan laut yang cantik, membuat berjalan menyusuri pantai ini menyenangkan. Tak hanya bisa menyusuri pinggir pantai dengan berjalan kaki. Anda juga bisa membawa sepeda atau menyewa sepeda untuk berkeliling menikmati pemandangan senja pantai.

Kegiatan bersepeda di bibir pantai plengkung ini cukup terkenal karena mempunyai trek khusus yang bisa mengarah sampai ke Taman Nasional Alas Purwo. Sambil bercengkrama, bersepeda menyusuri lebatnya hutan terkenal di Jawa ini bisa memberikan sensasi refreshing tersendiri. Bila ingin membawa sepeda sendiri pun juga bisa tanpa dikenakan biaya apapun.

Bila anda tertarik dengan fotografi, pemandangan pantai satu ini tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Semburat warna jingga di langit di perbatasan laut bisa membuat latar fotomu terlihat lebih estetik. Ditambah dengan tingginya ombak yang menggulung ditambah pemandangan surfing profesional, tentu akan menjadi objek fotografi yang menarik.

Daya tarik pantai ini lainnya adalah dari sisi kulinernya. Sajian berbagai hidangan laut yang segar baru diambil langsung dari laut mempunyai citarasa tersendiri. Tak hanya cocok untuk wisatawan lokal, wisatawan asing pun sangat tertarik dengan beragam hidangan khas pantai ini. Menikmati makanan lezat dengan suasana pantai yang tenang, sangat menarik bukan?

Hal yang menarik dari pantai ini yang terakhir adalah kegiatan memancing. Bila anda tidak menyukai tantangan berselancar di tengah ombak tinggi, anda bisa mencoba memancing. Tetapi bila anda ingin melakukan aktivitas ini pastikan untuk datang pada saat musimnya, yaitu bulan November hingga bulan Maret saat ombak pantai sedang rendah.

Related Post

Fasilitas Yang Disediakan

Bila ingin menghabiskan waktu lebih lama berlibur ke pantai plengkung ini atau staycation, anda bisa menyewa penginapan di dekat pantai. Beragam harga yang ditawarkan mulai harga yang murah hingga mahal dengan fasilitasnya. Tetapi bila anda ingin camping berbaur dengan alam, ada area camping di dalam hutan lindung.

Ada tiga area camping yang tersedia yang bisa menjadi pilihan anda. Yaitu Joyo’s Surf Camp, yang kedua G-Land Surf and Resort, dan terakhir Bobby’s Surf Camp. Untuk fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi sudah tersedia di banyak titik di sekitar pantai. Sehingga akan nyaman bagi anda yang memutuskan untuk camping di sekitar pantai.

Fasilitas lainnya yang akan memudahkan anda dalam berlibur di pantai ini adalah tempat persewaan peralatan selancar yang akan memudahkan anda bila tak membawa peralatan sendiri. Persewaan mulai papan selancar hingga baju renang pun ada. Kemudian bila ingin bersepeda juga ada tempat persewaan sepeda dengan harga yang terjangkau.

Rute Menuju Pantai Plengkung

Pantai Plengkung tepatnya berlokasi di daerah Kalipait, berada dalam kawasan Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi pantai, anda bisa menempuh dua jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Bila menggunakan jalur darat, anda harus masuk ke dalam Alas Purwo karena letak pantai ini berada di dalam Taman Nasional ini.

Bila berkendara dari pusat Kota Banyuwangi anda akan menuju arah Kaliapit. Setelah melewati Pasar Anyar dan Triangulasi anda akan meneruskan ke arah Pancur langsung ke lokasi pantai. Jalur kedua adalah dengan jalur laut, yang mana jalur ini sendiri tidak banyak orang yang mau menggunakannya karena masalah waktu yang bisa lebih lama.

Anda bisa memulai berkendara dari Kota Banyuwangi menuju ke Grajagan. Mulai dari sana anda bisa menyewa speed boat untuk menyebrang ke Teluk Grajakan dan langsung menuju lokasi pantai. Untuk jam buka pantai satu ini adalah setiap hari mulai pukul 07.30-16.00 WIB. Dan untuk harga tiketnya Rp 15 Ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 150 ribu untuk wisatawan asing.

Tips Yang Bisa Kamu Terapkan

Bila berkunjung ke pantai ini sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, karena akses menuju ke lokasi pantai masih belum banyak terjangkau oleh angkutan umum. Dengan cuaca yang sering kali terik cenderung panas, bisa disarankan juga untuk anda selalu menggunakan sunscreen dan menggunakan pakaian panjang berbahan kaos yang tidak terlalu tebal.

Usahakan untuk membawa peralatan berselancar milik sendiri bila berkunjung ke pantai satu ini. Selain bisa menghemat budget, anda juga bisa menggunakannya maksimal tanpa batas waktu persewaan. Tetapi yang harus diingat adalah jangan memberi makan satwa liar di sekitar pantai secara sembarangan, karena hewan liar ini sering tidak terkendali dan bisa membahayakan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke Pantai Plengkung ini adalah banyak fasilitasnya yang dibayarkan dalam bentuk dolar Amerika. Karena banyaknya turis asing yang berkunjung ke pantai ini, maka kebijakan ini diberlakukan. Tetapi bila untuk wisatawan lokal yang ingin membayar dengan rupiah pun masih bisa di beberapa tempat.

Berwisata di alam memang menyenangkan, dan akan memberi kesan refreshing tersendiri. Walaupun jumlah pengunjung yang masih dibatasi karena terkait kebijakan pemerintah PPKM, tetapi anda masih bisa menikmati keindahan pantai satu ini walau sebentar. Selagi berekreasi, tetap jangan lupakan protokol kesehatan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan ya, selamat berlibur.

Categories: Wisata