Nama Malaikat dan Tugasnya

Berbicara mengenai nama malaikat dan tugasnya, kita perlu lebih dahulu mengetahui tentang apa itu malaikat. Malaikat merupakan hamba Allah swt yang diciptakannya dari cahaya. Para malaikat diciptakan Allah swt jauh sebelum manusia pertama (Nabi Adam) diciptakan.

Malaikat memiliki ketaatan yang tinggi terhadap perintah Allah swt dan tidak ada makhluk lain yang dedikasinya melebihi malaikat. Karena ketaatan yang dimilikinya, malaikat merupakan hamba Allah swt yang dimulaikan. Penyebab mengapa malaikat selalu patuh adalah karena mereka tidak memiliki nafsu. Tanpa adanya nafsu yang ada dalam dirinya, dipastikan tidak ada keinginan untuk melanggar apapun yang diperintahkan Allah swt.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

Berapa jumlah seluruh malaikat yang ada di alam semesta ? Allah swt menciptakan malaikat dan dipastikan hanya Allah swt semata yang mengetahuinya. Namun, dalam ajaran agama islam terdapat 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib kita ketahui. Kesepuluh nama malaikat dan tugasnya tersebut adalah sebagai berikut :

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril menjadi nama malaikat yang perlu diperkenalkan kepada anak anda sedari kecil. Hal ini dikarenakan tugasnya yang sangat penting, yaitu menyampaikan wahyu dari Allah swt kepada nabi dan rasulnya sehingga dapat disampaikan kepada para umatnya. Selain menyampaikan wahyu, Malaikat Jibril tugasnya juga untuk meniupkan ruh pada janin yang ada di dalam kandungan.

Malaikat Mikail

Tugas dari malaikat Mikail adalah memberi rejeki pada manusia dan makhluk Allah swt lainnya. Selain mengatur rezeki, diketahui bahwa malaikat Mikail pernah turun kepada nabi dan rasul Allah swt. Malaikat Mikail diketahui pernah juga menemani Rasulullah saw, walaupun memang Jibrillah yang lebih banyak bertemu dengan Rasulullah. Selain itu, Malaikat mikail juga bertugas mengatur hujan, tanaman dan angin atas izin Allah swt.

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniup terompet sangkakala pada waktu hari kiamat kelak. Tiupan pertama membuat seluruh makhluk hidup di alam semesta mati. Setelah semua makhluk hidup mati, Allah swt akan menghidupkan malaikat Israfil dan memerintahkannya untuk kembali meniupkan terompet sangkakala. Atas izin Allah swt, tiupan kedua yang dilakukan Malaikat Israfil ini akan membuat semua makhluk yang telah mati bangkit kembali.

Malaikat Izrail

Nama malaikat berikutnya yang perlu kita imani adalah Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Ketika Allah swt telah mentakdirkan makhluknya mati, maka malaikat Izrail tidak akan terlewat untuk mencabut nyawanya. Tidak akan ada makhluk hidup ciptaan Allah swt yang bisa melepaskan diri dari takdir kematiannya.

Malaikat Munkar

Nama malaikat dan tugasnya yang perlu kita imani adalah malaikat Munkar. Tugas dari Malaikat Munkar adalah menanyakan dan memeriksa perbuatan buruk manusia yang dilakukan selama hidupnya. Apabila orang tersebut memiliki banyak perbuatan buruk, terutama orang kafir maka malaikat Munkar akan datang dalam wujud yang menyeramkan.

Ada yang menyebutkan bahwa ketika malaikat Munkar membawa godam ketika ia menanyai orang yang banyak dosa. Apabila orang tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan sang malaikat, maka malaikat Munkar akan menghantamnya hingga hancur. Setelah hancur, orang tersebut akan dibangkitkan kembali dan diberi pertanyaan oleh sang malaikat. Apabila ia kembali tidak bisa menjawab pertanyaannya, maka ia akan dihantam kembali hingga hancur.

Related Post

Malaikat Nakir

Tugas malaikat nakir dilakukan bersama-sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai seseorang di alam kubur. Bedanya adalah malaikat Nakir akan menanyakan dan memeriksa amalan baik manusia. Tentunya kita berharap agar amalan kebaikan yang telah kita kerjakan di dunia dapat lolos dari pemeriksaan.

Mungkin anda bertanya-tanya, dalam satu waktu manusia yang meninggal kan bisa mencapai ribuan orang maka bagaimana kedua malaikat tersebut menjalankan tugasnya ? Sebagian ulama berpendapat bahwa malaikat yang bertugas menanyai manusia di alam kubur adalah kelompok malaikat, bukan individu. Separuh dari kelompok malaikat ini disebut dengan nama Munkar, sedangkan separuhnya lagi disebut dengan Nakir.

Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tanggung jawab untuk mencatat amalan baik yang dilakukan manusia selama hidupnya. Malaikat Raqib akan selalu siap untuk mencatat amalan baik yang kita lakukan dan bahkan baru niat baik yang keluar saja sudah langsung dicatat olehnya. Selain bertugas mencatat dan mengawasi, malaikat Raqib bertugas untuk memelihara manusia. Terkadang ketika ingin melakukan kebaikan, manusia mengalami rasa ragu-ragu atau takut. Kemudian dalam hatinya terdapat dorongan secara tiba-tiba untuk berbuat baik, itu adalah dorongan dari Allah swt untuk mengukuhkan hati seseorang agar berbuat baik melalui malaikatnya.

Malaikat Atid

Atid merupakan nama malaikat yang tugasnya untuk mencatat segala perbuatan dosa yang dilakukan manusia selama hidupnya. Malaikat Atid tidak mencari-cari kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Ketika seseorang baru mengeluarkan niat buruk, Atid tidak akan mencatat niat buruk tersebut sebelum dilakukan oleh manusia.

Sang malaikat juga akan berusaha menjaga agar niat buruk yang kita miliki tidak menjadi sebuah perbuatan. Misalnya saja ketika ada niatan buruk untuk mengambil barang orang lain, tetapi ada bisikan di hati kita untuk jangan mengambilnya. Bisikan untuk tidak mengambil tersebut merupakan salah satu cara malaikat untuk memelihara kita dari perbuatan dosa.

Malaikat Malik

Tugas dari Malaikat Malik tertuang di dalam surat At Thamrin ayat 6, yang bunyinya :

Dari ayat diatas, disebutkan bahwa ada kelompok malaikat yang bersifat kasar, keras namun tetap taat kepada Allah swt. Kelompok malaikat itulah yang kita kenal dengan nama Malik dan tugasnya adalah untuk menjaga dan mengatur Neraka sesuai dengan perintah Rabbnya.

Malaikat Ridwan

Nama malaikat dan tugasnya yang terakhir adalah Malaikat Ridwan yang bertugas untuk menjaga dan mengatur Surga. Surga menjadi tempat orang-orang beriman yang banyak mengerjakan perbuatan baik semasa hidupnya. Ini merupakan tempat yang dijanjikan oleh Allah swt sebagai hadiah bagi orang-orang yang menjalankan perintahnya semasa hidupnya. Tentunya kita berharap bahwa saat di akhirat kelak, kita akan ditempat di surganya Allah swt.

Itulah kesepuluh nama malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui oleh segenap umat muslim. Tetapi ingat, sesungguhnya Allah swt menciptakan banyak sekali malaikat dan hanya dialah yang mengetahui berapa jumlah tepatnya. Apapun tugas dari Allah swt yang diperintahkan kepadanya, malaikat akan selalu menjalankan dan menaatinya tanpa cela dan jeda.

Categories: Islam