Mengenal Jenis Kucing Himalaya yang Pesek

Jenis.net – Bagi pecinta kucing sudah tidak asing lagi mendengar jenis kucing himalaya ini. Sesuai dengan nama dari jenis kucing ini, kucing ini berasal dari daerah gunung himalaya loh sobat. Kucing himalaya ini sangat populer di kalangan ternak kucing atau pemelihara dan penyayang kucing. Warnanya yang elok nan lucu ini lah yang membuatnya banyak diminati para pecinta kucing. Untuk kalian para pemula yang ingin memelihara kucing dan ingin tahu lebih jauh tentang kucing himalaya, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sejarah

Kucing ini merupakan ras kucing yang berasal dari hasil perkawinan silang antara kucing siam dan juga kucing persia. Kucing satu ini mulai populer di era 1950-an dan pertama kali diperkenalkan di Eropa. Meskipun merupakan salah satu keturunan dari ras persia, kucing satu ini berdiri sendiri atau bisa dibilang memiliki ras tersendiri. Itulah mengapa kucing ini tidak disebut sebagai kucing persia melainkan disebut dengan kucing himalaya.

Jenis kucing himalaya ini memiliki beberapa ciri atau beberapa karakteristik yang harus kamu ketahui. Kebanyakan dari kucing himalaya ini memiliki ukuran tubuh yang gemuk, besar dan bulat serta kaki pendek yang sangat lucu jika sedang berjalan. Kekuatan lompatan dari kucing ini sangat kurang dikarenakan kakinya yang pendek dan juga badannya yang gemuk dan bulat. Tetapi ada jenis kucing satu ini yang memiliki tubuh ramping dimana hasil persilangannya memiliki  sifat-sifat dominan dari kucing siam.

Jenis Kucing Himalaya

Terdapat 2 jenis kucing himalaya yang dibedakan berdasarkan wajahnya, keduanya adalah Jenis Doll Face dan Ultra Face. Perbedannya adalah jenis kucing himalaya doll face memiliki wajah yang sedikit bengkak jika dilihat dari samping sedangkan jenis ultra face memiliki hidung yang sangat pesek jika dilihat dari samping sehingga antara hidung dan mulutnya terlihat rata.

Kepribadian Kucing Himalaya

Meskipun kucing ini memiliki tubuh yang gemuk dan kaki yang pendek, jenis kucing yang mudah dipelihara ini memiliki kepribadian atau sifat yang aktif dan sangat suka bila diajak bermain. Kucing Himalaya memiliki tingkat kecerdasan dan kewaspadaan yang tinggi dan juga sangat bersahabat. Kucing ini sama seperti kucing ras lainnya yang sangat suka jika dibelai di bagian leher dan juga perutnya.

Merawat Kucing Himalaya

Terdapat beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan nih kawan jika ingin merawat jenis kucing himalaya ini. Salah satunya adalah menyediakan tempat untuknya yang luas dan bebas, pentingnya untuk memastikan bahwa kucing peliharaanmu memiliki ruangan yang cukup luas untuk ia bermain supaya tidak merasa bosan. Sesekali perlu dilepaskan atau diumbar di luar kandangnya agar ia dapat beraktivitas seingga lebih sehat dan tidak merasa terkurung.

Berikan waktu secukupnya untuk kucing kesayanganmu merasakan bagaimana bermain di taman yang luas dan tidak di dalam ruangan, kucing satu ini menyukai jalan-jalan bersama pemiliknya keliling daerah sekitar rumah anda. Pemberian makanan juga tidak bisa serta merta sama seperti makanan yang manusia konsumsi selama ini. Hal itu dikarenakan sistem pencernaannya tidak dapat mencerna nasi atau jenis makanan yang berasal dari tumbuhan lainnya dengan baik. Terdapat beberapa makanan yang memang khusus diproduksi untuk kucing kalian. Kamu bisa menemukan makanan tersebut di toko hewan peliharaan yang makanannya disesuaikan dengan usia dan jenis kucing himalaya.

Kucing Himalaya merupakan kucing yang banyak dipelihara oleh pecinta kucing karena memang jenis kucing satu ini sangat menggemaskan dan juga memiliki postur yang sangat lucu ketika berjalan. Kucing yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi ini juga bisa kamu andalkan untuk menjaga rumah dan menghindarkan kamu dari serangan tikus dan serangga kecil yang mengganggu.