Kutu Busuk

kutu busukKutu busuk atau dikenal dengan nama latin Cimex hemipterus merupakan serangga parasit yang masuk ke dalam famili Cimicidae. Ia merupakan spesies serangga yang menghisap darah manusia dan mamalia lainnya. Pada malam hari, hewan ini melompat ke kulit manusia lalu menggigit untuk menghisap darah. Kutu busuk betina lebih banyak menghisap darah dibandingkan yang jantan.

Walaupun tidak menyebabkan penyakit serius, tetapi gigitannya dapat menyebabkan alergi dan iritasi. Daerah yang ditempati olehnya biasanya memiliki bau busuk serta meninggalkan noda pada peralatan perkakas atau dinding. Semua itu disebabkan oleh minyak yang dikeluarkan oleh tubuhnya.

Morfologi

Serangga ini memiliki tubuh berbentuk pipih dorsoventral yang berwarna cokelat kemerahan dengan panjang sekitar 8  milimeter untuk betina dan 4 mm untuk pejantan.  Bagian punggungnya datar dan tidak mempunyai sayap. Kepalanya berbentuk piramid, mempunyai sepasang mata dan sepasang antena. Probosisnya dapat dilipat di bawah kepala dan thorax.

Siklus Hidup

Serangga ini memiliki Metamorfosis tidak sempurna, telur menetas menjadi larva yang kemudian berubah menjadi nimfa dan dewasa. Telur diletakkan di sela-sela perabotan rumah tangga dalam kelompok 2-10 butir. Dalam sekali berkembang biak, kutu busuk bisa bertelur sebanyak 200 – 500 butir telur. Telur menetas dalam 4-10 hari, menjadi larva da tumbuh menjadi dewasa melalui 4 stadium nimfa. Stadium nimfa dan stadium dewasa serangga ini semuanya menghisap darah. Siklus hidupnya berlangsung selama 1,5 – 11 bulan tergantung keadaan, kutu busuk dewasa bisa hidup selama 1 tahun tanpa makan.

Ciri-Ciri Gigitan Kutu Busuk

Ciri-Ciri gigitan kutu busuk bervariasi, mulai tidak ada bekas sama sekali, ada bintik kecil, hingga pembengkakan yang muncul bersama rasa gatal hebat yang selama beberapa hari. Sering terjadi juga pendarahan kecil yang diakibatkan enzim yang mencegah penggumpalan darah yang ada di dalam air liurnya.

Gejala gigitan tidak muncul sampai beberapa hari setelah gigitan terjadi. Biasanya jika gigitan telah terjadi beberapa kali, reaksi tubuh terhadap gigitan akan lebih cepat terjadi dikarenakan sensitifitas kulit terhadap enzim yang ada di air liur serangga ini. Gigitan seringkali terjadi di daerah lengan, bahu, kaki dan sekitar rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Busuk

Ada beberapa cara menghilangkan kutu busuk, diantaranya dengan garam, daun sirsak dan baygon. Ketiganya aka saya bahas pada artikel ini.

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Dengan Daun Sirsak

Daun sirsak biasanya digunakan untuk menghilangkan kutu busuk yang ada di rambut. Hal itu dikarenakan penggunaan daun ini tidak berbahaya bagi manusia, karena bebas dari zat beracun. Cara menghilangkannya dengan cara menumbuk daun sisak hingga lembut kemudian oleskan ke bagian rambut anda dan didiamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaskan kepala anda dengan air hingga bersih.

Penggunaan daun sirsak ini biasanya membutuhkan waktu 2-3 kali perlakuan agar kutu dan telur yang ada dirambut bisa hilang total. Selain digunakan untuk menghilangkan kutu busuk yang ada dirambut, cara ini efektif digunakan untuk menghilankan kutu busuk yang menyerang hewan kesayangan anda seperti kucing, kelinci dan anjing.

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Dengan Garam

Garam tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi ia dapat juga digunakan membunuh berbagai serangga termasuk kutu busuk. Hal itu dikarenakan garam akan menyeram cairan tubuh yang ada di dalam kutu busuk. Hal itu terjadi karena adanya peristiwa osmosis dimana cairan dari bagian yang encer akan berpindah ke bagian yang lebih pekat.

Pengunaan garam untuk menghilangkan kutu busuk ini dengan cara mencampur 5 sendok garam dengan 2 liter air. Air garam ini dapat digunakan untuk memandikan hewan peliharaan yang terserang ataupun untuk keramas (jika manusia yang terkena). Walau begitu sebaiknya anda berhati-hati agar cairan ini tidak terkena mata.

Cara Menghilangkan Kutu Busuk Dengan Baygon

Baygon merupakan insektisida yang ampuh membunuh berbagai jenis serangga termasuk kutu busuk. Penggunaan baygon ini efektif untuk membunuh kutu busuk yang ada di lingkungan. Anda tinggal menyemprotkan baygon ke lokasi yang dimana serangga ini terlihat, misalnya di kasur kapuk. Jangan gunakan baygon untuk menhilangkan kutu yang ada di hewan peliharaan atau manusia karena ia merupakan zat beracun yang membahayakan. Selain itu, penggunaannya tidak terlalu efektif untuk membasmi serangga yang masih berupa telur.