Jenis Kucing Besar Yang Bisa Dipelihara

Dari sekian banyak kucing ras di dunia, ada jenis kucing yang memang berbakat untuk menjadi berukuran besar. Memiliki kucing gemuk dan berukuran besar tentunya merupakan sesuatu hal yang menyenangkan bagi sebagian cat lovers. Saya sendiri termasuk pecinta jenis kucing besar tersebut, kucing saya bobotnya sekarang sekitar 10,5 kilogram, lumayan berat lah kalau sedang diangkat.

Salah satu penyebab kucing saya bisa berukuran seperti itu adalah karena memang jenisnya yang berbakat menjadi besar. Jangan berharap kucing persia atau siam beratnya dapat mencapai 10 kilo, hal tersebut karena memang di dalam gennya terkode sifat yang membuatnya tidak bisa besar.

Berbagai jenis kucing besar peliharaan

Bagi anda yang ingin mempunyai kucing berukuran besar anda bisa memilih salah satu jenis kucing besar yang akan kita ulas di artikel ini.

Kucing Anggora

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau kucing anggora dapat berukuran lebih dari 10 kilo. Wajar saja karena di Indonesia panggilan anggora kerap kali digunakan untuk menyebut ras persia. Masyarakat kita banyak yang mengira bahwa kucing yang berbulu lebat adalah anggora, padahal pemahaman tersebut keliru.

Memang jenis kucing yang berasal dari turki ini memiliki bulu yang panjang dan tebal. Perbedaan diantara keduanya yang paling mencolok adalah ada wajahnya. Anggora memiliki wajah yang bulat dan pendek sedangkan ras persia kepalanya agak persegi. Salah satu jenis kucing anggora yang berukuran besar adalah diego, kucing anggora hitam ini beratnya mencapai 10 kilogram di umurnya yang ke 13 tahun ini.

Mainecoon

Maine coon merupakan jenis kucing yang terkenal akan ukuran tubuhnya yang besar. Tak jarang panjangnya dapat mencapai 1,5 meter dengan tinggi 1 meter, sehingga wajar saja jika jenis kucing besar ini dapat memiliki berat hingga 30 kilogram.

Mainecoon ini juga memiliki beberapa keunikan jika dibandingkan jenis kucing lainnya diantaranya adalah lebatnya bulu dibagian leher kucing ini sehingga ia terlihat seperti singa, jari kakinya berjumlah 6 (kucing lain berjumlah 5) dan berbeda dengan kucing kebanyakan yang takut air, mainecoon justru menyukai bermain dengan air.

Savannah

Kucing ini dikenal sebagai kucing termahal di dunia, harganya sekitar 100 – 300 juta rupiah. Hal ini dikarenakan savannah merupakan ras baru yang belum banyak ada di dunia dan merupakan hasil persilangan kucing serval dari afrika, spink dari mesir, bengal dari amerika dan persia dari iran. Jenis kucing ini panjangnya dapat mencapai 1,4 meter dengan berat sekitar 11 kilogram.

Norwegian forest cat

Sesuai namanya, kucing ini merupakan kucing hutan yang berasal dari Norwegia. Karena habitatnya yang dingin Norwegian forest cat memiliki bulu yang sangat tebal yang digunakannya untuk menghangatkan badannya. Kucing ini dapat tumbuh panjang hingga 100 cm dengan berat 1 kg.