Kolibri Ninja

kolibri ninjaKolibri Ninja menjadi salah satu burung yang banyak digemari di masyarakat Indonesia. Meskipun ia memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetapi keindahan warna bulu yang ada di tubuhnya tidak bisa terbantahkan. Selain masalah keindahan tubuhnya, kicauan dari burung yang sering dipanggil Konin ini pun tidak kalah dengan burung pengicau lainnya.

Kolibri Ninja yang memiliki nama latin Nectarinia sperata ini termasuk salah satu spesies di dalam Famili Nectariniidae dari genus Nectarinia. Anggota dari famili Nectariniidae ini semuanya merupakan jenis burung pemakan madu sebagai makanan utama mereka. Burung ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, Konin terdapat juga di daerah Myanmar, Thailand, Malaysia, Kamboja dan Filipina.

Walau belum termasuk ke dalam jenis burung yang terancam punah, populasi burung Konin khususnya di Indonesia sudah cukup memperihatinkan. 30 Tahun lalu, kita masih dapat dengan mudah menemukan burung ini terbang disekitar kita. Akan tetapi, beberapa tahun belakang kita sudah sulit menemukan burung ini terbang secara bebas di daerah pedesaan sekalipun.

Ciri Ciri Burung Kolibri Ninja

Burung ini termasuk ke dalam jenis yang memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang hanya sekitar 9 hingga 10 cm saja dan berat tubuh sekitar 5,2 gram sampai 7,5 gram. Dibandingkan spesies burung pemakan madu lainnya, ciri – ciri kolibri ninja yang paling mencolok dapat dilihat di bagian bulu tenggorokannya yang berwarna ungu mencolok. Hal itulah yang menyebabkan orang barat menyebut burung ini dengan nama Purple Throated Sunbird, atau burung matahari yang memiliki leher ungu.

Selain dari bulu tenggorokan, kita juga bisa melihat kombinasi warna bulu burung ini untuk melakukan identifikasi. DI bawah tubuhnya, bulu burung Konin berwarna terang biasanya orange atau coklat sedangkan bagian atasnya bulu tubuhnya berwarna gelap (kehitaman). Ciri Ciri Kolibri Ninja lain yang tak kalah penting adalah masalah paruh yang dimilikinya. Seperti burung pemakan madu lainnya, Kolibri Ninja juga memiliki paruh yang panjang dan ramping. Hal itu sesuai dengan fungsi utama paruh mereka untuk mendapatkan nektar yang ada di dalam bunga tanpa harus merusak struktur bunga tersebut.

Membedakan Pejantan dan Betina

Bagi pecinta burung kicau, mengetahui ciri ciri kolibri ninja tidaklah cukup karena antara burung yang berkelamin jantan dan betina memiliki suara kicauan yang jauh berbeda. Kicauan burung pejantan jauh lebih merdu dan bervariasi dibandingkan betina, sehingga perlu juga kita mengetahui bagaimana membedakan keduanya.

Ada beberapa hal yang bisa kita amati untuk membedakan jenis kelamin burung ini, pertama adalah dengan melihat warna bulunya. Bulu burung Konin yang berkelamin jantan biasanya lebih terang dan mengkilap, sedangkan betinanya memiliki warna yang relatif lebih gelap. Biasanya mengamati bulu bagian dada dan perut bisa menjadi patokan untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Kolibri jantan memiliki warna orange terang di bagian tersebut, sedangkan biasanya sang betinanya berwarna sedikit kemerahan atau coklat tua.

Ciri Ciri kolibri ninja jantan lain bisa dilihat dari ujung paruhnya yang memiliki warna orange, sedangkan pada burung yang berkelamin betina anda tidak akan menemukan warna tersebut. Kita juga bisa melihat pada bagian telapak kaki dari burung Konin ini, dimana sang pejantan memiliki warna yang lebih terang dibandingkan betinanya. Seiring bertambahnya usia, warna telapak kaki burung konin betina juga akan semakin pudar dan terlihat pucat.

Makanan Kolibri Ninja

Secara alami, burung ini memakan nektar yang ada pada bunga sebagai makanan utamanya. Walau begitu, nektar bukanlah makanan satu-satunya dari burung ini. Konin juga memakan biji-biji berukuran kecil, buah-buahan dan serangga berukuran kecil. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memelihara burung ini tidaklah perlu repot menyediakan nektar sebagai makanan utama mereka.

Anda bisa memberikannya makanan yang dengan mudah anda peroleh di toko burung, misalnya saja kroto dan jangkrik. Selain makanan yang dibeli tersebut, anda perlu meracik makanan lain yang terdiri dari sirup, gula dan madu sebagai tambahan energi untuknya. Bagaimanapun juga burung ini di alamnya merupakan burung pemakan madu, sehingga kita juga perlu menyediakan alternatif jenis makanan lain untuk mensubstitusi kebutuhan madu dari burung ini.

Salah satu resep untuk membuat makanan tambahan untuk burung Konin ini adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan sirup (pilih yang bebas pemanis buatan), 2 sendok makan susu kental manis dan 1 sendok makan madu. Ketiganya kemudian diaduk hingga tercampur secara merata dan taruhlah di wadah makanan yang di bagian bawahnya diberi alas air untuk menghindari semut yang mendekatinya.

Anda jangan memberikan kapur barus di sekitar wadah makanan burung anda untuk menghindari semut, karena hal tersebut bisa meracuni burung kesayangan anda. Tak lupa anda perlu mengganti makanan burung ini setiap hari sekali, untuk menghindari adanya kontaminasi dari bakteri dan jamur yang akan mengganggu kesehatan burung anda.

Harga Kolibri Ninja

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang indah dan kicauan yang mempesona, harga burung kolibri ninja tergolong cukup ekonomis. Anda yang memiliki dana terbatas bisa memiliki burung ini sebagai hewan peliharaan anda. Untuk burung yang masih anakan dan belum gacor, biasanya hanya dibanderol dengan harga sekitar 100 ribu untuk pejantan dan 50 ribu untuk betinanya.

Burung yang sudah berusia sekitar 10 bulan dan sudah memiliki variasi kicauan yang cukup baik, biasanya harganya akan meningkat hingga kisaran 250 ribu hingga 750 ribu rupiah. Sedangkan burung yang sudah pernah menjuarai kontes burung biasanya akan dibanderol hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari skala kejuaraan yang dimenangkannya.