Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja BesarSebelum kita membahas mengenai jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar, kita perlu menyadari bahwa tujuan orang melanjutkan studi itu berbeda-beda. Namun, sebagian besar orang melanjutkan studinya di universitas dikarenakan ingin mendapatkan peluang kerja lebih besar. Oleh sebab it, menjadi wajar apabila anda memilih jurusan yang memiliki peluang kerja besar.

Sayangnya, jurusan yang memiliki peluang kerja besar itu biasanya memiliki banyak peminat. Banyak peminat untuk memasuki sebuah jurusan tentunya akan membuat persaingan dalam memasukinya cukup sulit. Tetapi anda tidak perlu berkecil hati, jika kita perhatikan lebih detail ternyata ada juga jurusan yang sedikit peminat tapi lulusannya memiliki peluang kerja besar.

5 Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Memiliki Peluang Kerja Besar

Berbicara mengenai jurusan yang sedikit peminat tapi memiliki peluang kerja besar, bukan berarti sedikit orang yang mengetahuinya. Banyak bimbingan belajar ataupun guru SMA yang mengetahui tentang informasi ini, tetapi masih banyak yang tidak merekomendasikannya. Apa penyebabnya ? Salah satunya karena biasanya jurusan tersebut memiliki tingkat kesulitan tinggi di dalam menyelesaikan studi didalamnya.

Hanya saja, bagi anda yang memang memiliki minat dan bakat tentang bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya maka anda sangat dianjurkan untuk memilihnya. Ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda, dikarenakan peluang memasuki mudah, lulusannya memiliki peluang kerja besar dan bidang keilmuannya sesuai. Lain halnya apabila anda tidak memiliki minat dan bakat tentang bidang keilmuan di dalamnya, memasuki jurusan ini bisa menjadi keputusan terburuk bagi anda. Untuk apa memasuki jurusan apabila anda tidak bisa lulus di dalamnya ? Tentunya hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu, tenaga dan uang yang anda miliki.

Langsung saja kita membahas ke topik pembahasan kita, berikut ini adalah 5 jurusan yang sedikit peminat tapi memiliki peluang kerja besar.

1. Kehutanan

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki hutan yang sangat luas, sehingga dijuluki paru-paru dunia. Luasnya hutan yang dimiliki negeri kita, tentunya membutuhkan banyak lulusan kehutanan untuk mengurusnya. Oleh sebab itu, banyak peluang kerja yang dimiliki lulusan jurusan kehutanan setiap tahunnya. Bagi anda yang menyukai alam liar, memilih jurusan kehutanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ada 2 hal utama yang harus kamu miliki apabila memutuskan untuk memilih jurusan ini. Hal pertama adalah memiliki fisik yang kuat, dikarenakan saat kerja nanti anda diharuskan untuk keluar masuk hutan. Tentunya hal tersebut membutuhkan fisik yang kuat dan sehat agar dapat melakukan pekerjaan anda secara lancar.

Hal kedua adalah anda memiliki kemampuan menghafal yang baik, dikarenakan di dalam pembelajaran jurusan kehutanan anda perlu menghafal banyak materi. Anda perlu menghafalkan flora dan fauna apa saja yang ada di hutan, bagaimana cara memanfaatkan hutan dan cara melakukan konservasinya.

Akan lebih baik lagi apabila anda memang memiliki daya tarik dengan hutan dan isi didalamnya. Adanya minat akan membuat anda menikmati semua proses di dalam studi anda. Apabila anda memiliki ketiga hal diatas di dalam diri anda, maka memilih jurusan yang sepi peminat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk diri anda.

2. Biologi

Biologi menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas, karena kita banyak sekali bidang yang berhubungan dengannya. Jurusan ini juga relatif mudah untuk dimasuki, saya sendiri pernah punya pengalaman lulus dan diterima di jurusan biologi UGM. Padahal kala itu saya hanya mengerjakan ujian tulis SNMPTN satu hari saja, dikarenakan hari keduanya saya berhalangan hadir.

Ternyata dari nilai ujian hari pertama saja saya berhasil diterima di jurusan biologi UGM. Ini menjadi salah satu bukti bahwa biologi merupakan jurusan yang sedikit peminat tapi memiliki peluang kerja besar. Hanya saja, saya hanya merekomendasikan anda memilih jurusan biologi apabila anda memiliki hafalan yang bagus dan menyukai berbagai bidang di dalamnya.

Luasnya ilmu yang diajarkan di dalam jurusan ini, mewajibkan anda memiliki kemampuan menghafal dan berpikir yang baik. Di jurusan ini anda harus menguasai seputar kimia, hewan, tumbuhan, mikroba dan genetika. Apabila anda tidak menguasai salah satu bidang tersebut, siap-siap IPK anda jeblok karena setiap bidang memiliki jumlah SKS yang besar.

Bagi anda yang merasa memiliki kemampuan menyelesaikan studi di jurusan biologi dengan baik, maka anda boleh mencobanya. Rata-rata lulusan Biologi dengan IPK diatas 3 akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Sebut saja lulusan biologi yang ahli di bidang mikrobiologi dapat bekerja di Yakult dan perusahaan Vaksin dengan gaji tinggi. Apalagi jika anda merupakan lulusan Universitas dengan jurusan biologi terbaik di Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat menjadi nilai tambah dari diri anda sehingga mempermudah ketika mencari pekerjaan yang mapan.

3. Filsafat

Banyak orang yang menyepelekan jurusan filsafat, menyebabkan setiap tahunnya hanya sedikit orang yang mencoba memasukinya. Padahal peluang kerja alumni jurusan ini sangat terbuka lebar, contohnya saja untuk menjadi dosen dimana setiap jurusan ada beberapa mata kuliah yang diajarkan oleh dosen filsafat. Oleh karena itu, kebutuhan akan seorang dosen filsafat begitu tinggi setiap tahunnya.

Padahal seperti yang kita tahu, bahwa mahasiswa jurusan ini jumlahnya tidak begitu banyak.Hal itu menyebabkan lulusan filsafat dengan IPK 3,5 keatas dapat dengan mudah untuk menjadi seorang dosen. Selain menjadi dosen, seorang lulusan filsafat juga dibutuhkan di lembaga pemerintahan dan swasta.

Sebut saja tes wawasan kebangsaan yang diajukan kepada semua calon PNS ataupun PNS yang akan naik jabatan. Test tersebut membutuhkan seorang ahli filsafat untuk bisa mendesainnya dengan tepat sehingga tidak disalahgunakan seperti yang terjadi pada pegawai KPK tahun 2021 kemarin.

Oleh karena itu, walaupun filsafat termasuk jurusan yang sepi peminat tapi lulusannya memiliki peluang kerja yang besar. Saya menyarankan anda untuk mempertimbangkan jurusan ini untuk menjadi pilihan studi anda. Apalagi jika memang anda termasuk salah satu yang tertarik untuk mempelajari bidang keilmuan ini.

4. Pendidikan Luar Biasa

Menjadi guru menjadi salah satu pekerjaan dengan daya tarik tinggi di Indonesia. Hal itu menyebabkan setiap tahun persaingan untuk memasuki jurusan pendidikan begitu ketat. Setelah lulus pun banyak sekali lulusan jurusan pendidikan yang menjadi pengangguran. Hal itu dikarenakan jumlah lulusannya setiap tahun tiap sebanding dengan jumlah lowongan kerja yang ada.

Bagi anda yang ingin menjadi guru tetapi merasa minder dengan kemampuan akademik anda, ada satu jurusan pendidikan yang sepi peminat. Selain sepi peminat, jurusan ini juga memiliki peluang kerja yang baik dikarenakan minimnya jumlah lulusan dari jurusan tersebut. Bagi anda yang penasaran, jurusan yang maksud adalah pendidikan luar biasa dimana tugasnya adalah untuk menjadi guru bagi penyandang disabilitas.

Kebutuhan akan guru bagi penyandang disabilitas jumlahnya begitu besar, padahal orang yang berminat kepada pekerjaan ini sedikit jumlahnya. Menjadi guru bagi penyandang disabilitas memang membutuhkan kesabaran yang luar biasa, dikarenakan harus menghadapi anak-anak dengan berbagai kebutuhan. Bagi anda yang memiliki tingkat kesabaran tinggi dan tertarik untuk menjadi guru maka jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk anda.

5. Teknik Perpipaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan perpipaan di masa modern ini begitu besar. Ada sebuah jurusan yang didalamnya diajarkan bagaimana merekayasa perpipaan, namanya teknik perpipaan. Didalamnya kamu akan diajari bagaimana merancang dan menganalisa berbagai hal tentang pipa dan komponennya. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan lho, dimana berbagai industri yang ada tidak bisa luput dari kebutuhannya akan perpipaan.

Di Dalam jurusan teknik perpipaan, mahasiswanya tidak akan diajari mengenai pipa saja kok. DIdalamnya ada banyak mata kuliah yang berkaitan dengan teknik fisika, misalnya mekanika, pneumatik dan hidrolik, teknologi mekanik dan lain sebagainya. Untuk saat ini, jurusan perpipaan masih memiliki sedikit peminat sehingga memasukinya masih relatif mudah.

Itulah sedikit uraian mengenai 5 jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar, untuk bahan referensi anda. Bagi anda yang memiliki ketertarikan terhadap bidang keilmuan yang diajarkan dalamnya, memilih salah satu jurusan diatas bisa menjadi pilihan baik.