Jurusan UGM yang Sepi Peminat

jurusan UGM sepi peminatSebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus incaran banyak orang dari seluruh Indonesia. Tercatat di UGM terdapat kurang lebih 60 jurusan yang tersebar di 18 fakultas. Namun, ternyata ada jurusan di UGM yang sepi peminat, sehingga memiliki peluang besar untuk diterima di jurusan ini. Yuk simak ulasan lengkapnya!

9 Jurusan UGM yang Sepi Peminat

Bagi anda yang ingin UGM tetapi ragu dengan kemampuan dirinya maka memasuki jurusan yang sepi peminat bisa menjadi solusi. Berikut ini adalah 9 jurusan UGM yang sepi peminat sehingga relatif mudah untuk dimasuki.

1. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Penyuluhan dan komunikasi pertanian termasuk salah satu jurusan UGM yang sepi peminat, padahal prospek kerja yang dijanjikan cukup menarik. Tidak hanya itu, jurusan ini juga sudah terakreditasi A, sehingga memberikan peluang kerja yang lebih luas untuk para lulusannya. Memilih jurusan yang sepi peminat dapat memperbesar peluang untuk diterima.

Jika anda merupakan lulusan jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian, anda memiliki peluang untuk bisa bekerja di Bulog, Departemen Kehutanan, Bappenas, instansi pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya. Jurusan ini sangat direkomendasikan untuk anda yang suka dengan dunia pertanian dan ingin memajukan pertanian Indonesia agar lebih optimal.

2. Sastra Jawa

Jurusan di UGM yang sepi peminat selanjutnya adalah sastra Jawa. Tidak dapat dipungkiri bahwa jurusan kuliah yang bernuansa lokal seringkali sepi lirikan dari calon mahasiswa. Salah satu penyebabnya yaitu banyak yang mengira bahwa jurusan yang bersifat lokal seperti sastra Jawa tidak menjanjikan pekerjaan yang layak di masa depan.

Padahal, jurusan ini banyak dibutuhkan di sekolah-sekolah untuk mengajarkan budaya Jawa kepada generasi muda. Dengan sedikitnya peminat dari jurusan sastra Jawa justru akan membuat anda lebih berpotensi untuk diterima, demikian halnya saat di dunia kerja. Bagi anda yang ingin mempelajari kebudayaan Jawa lebih dalam bisa memilih jurusan ini.

3. Mikrobiologi Pertanian

Mikrobiologi pertanian UGM bisa menjadi salah satu jurusan yang bisa anda pilih dengan kemungkinan diterima lebih besar. Pasalnya, jurusan ini termasuk jurusan yang sepi peminat di UGM, sehingga jumlah calon mahasiswa yang mendaftar juga tidak banyak. Meski sepi peminat, jurusan mikrobiologi pertanian menjanjikan prospek kerja di masa depan yang baik untuk anda.

Tidak hanya itu, jurusan ini juga sudah mengantongi akreditasi A, sehingga sudah terbukti baik dan bisa menjadi pilihan yang tepat. Lulusan dari jurusan mikrobiologi pertanian berkesempatan untuk bekerja di Bappeda, LIPI, industri perkebunan, lembaga penelitian dosen, Dinas Pertanian, industri pangan, dan masih banyak lagi.

4. Sastra Perancis

Sama halnya dengan sastra Jawa, sastra Perancis juga termasuk salah satu jurusan di UGM yang sepi peminat. Jumlah pendaftar yang memilih jurusan ini tidak sampai menyentuh angka 200 orang, sehingga peluang untuk diterima di jurusan ini terbilang besar. Tentang prospek kerja tentu tidak perlu diragukan lagi.

Lulusan sastra Perancis UGM bisa berkarir sebagai tour guide, jurnalis, agen pariwisata, dosen, dan masih banyak lagi. Jurusan ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjadi pekerja yang terjun di dunia pariwisata. Hanya saja karena adanya pandemi Covid-19, menyebabkan saat ini sektor pariwisata menjadi mati suri. Lumpuhnya sektor pariwisata membuat sastra Perancis menjadi salah satu jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan untuk saat ini.

5. Teknologi Hasil Perikanan

Jika anda mencari jurusan di UGM yang berpotensi besar diterima dengan prospek kerja yang bagus, teknologi hasil pertanian bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini juga sudah mengantongi akreditasi A, sehingga membuka peluang pekerjaan yang lebih luas. Lulusan dari jurusan teknologi hasil perikanan bisa bekerja sebagai dosen, pengajar, dan pengembang bisnis perikanan.

Selain itu, anda juga memiliki kesempatan karir sebagai tenaga ahli perusahaan swasta nasional atau asing. Menjadi staf dan peneliti lembaga pemerintahan juga cocok untuk lulusan teknologi hasil perikanan. Sangat menjanjikan, bukan? Pesaing anda saat masuk memilih jurusan sedikit, tapi peluang kerjanya besar.

6. Geofisika

Jurusan di UGM yang sepi peminat selanjutnya adalah geofisika. Geofisika bisa dibilang sebagai salah satu cabang ilmu fisika, tapi fokusnya meneliti bumi dan apa yang ada di dalamnya. Geofisika menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat di UGM, padahal prospek kerja yang dijanjikan sangat menarik. Sebagai lulusan geofisika, anda memiliki kesempatan menjadi PNS.

Belum lagi jurusan ini sangat dibutuhkan di bidang industri, seperti Pertamina, BMKG, pertambangan dan gas, tenaga ahli prakiraan cuaca, dan lain-lain. Karena termasuk jurusan yang sepi peminat, peluang anda untuk bisa diterima di geofisika UGM juga besar. Apakah anda tertarik memilih jurusan geofisika di UGM yang sudah terakreditasi A ini?

7. Agronomi

Jurusan agronomi termasuk jurusan di UGM yang sepi peminat dan calon mahasiswa yang memilih jurusan ini hanya sekitar 200-an orang. Dengan sedikitnya peminat, anda bisa memasukkan jurusan ini sebagai salah satu jurusan yang tepat, terlebih bagi anda yang tertarik dengan dunia pertanian atau perkebunan.

Lulusan dari jurusan agronomi memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja di Departemen Pertanian, perusahaan pupuk, perkebunan, instansi dan lembaga pemerintah, wirausaha pertanian, dan lain-lain. Jurusan agronomi memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan jurusan yang tepat untuk anda.

8. Matematika

Jurusan matematika di UGM ternyata juga masuk sebagai salah satu jurusan yang jarang menjadi pilihan. Bagi sebagian orang, matematika memang menjadi pelajaran yang dihindari karena dianggap sulit dan tidak menyenangkan. Tidak heran jika jurusan ini termasuk jurusan yang sering dihindari oleh calon mahasiswa yang anti dengan angka dan hitungan.

Namun, jurusan matematika di UGM memiliki kualitas yang bagus. Selain mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT, jurusan ini juga telah terakreditasi internasional. Salah satu akreditasi internasional yang sudah dikantongi oleh jurusan matematika UGM adalah ASIIN atau der Naturwissenschaften und der Mathematik.

Lulusan dari jurusan matematika juga memiliki kesempatan berkarir dengan prospek yang menjanjikan. Anda bisa bekerja sebagai ekonom, dosen, pengajar, peneliti, data scientist, ahli statistik, analisis keuangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jurusan matematika UGM sangat cocok untuk anda yang gemar berhitung dan sudah dengan teori yang rumit, tertarik?

9. Elektronika dan Instrumentasi

Elektronika dan instrumentasi juga menjadi jurusan di UGM yang sepi peminat. Pasalnya, jurusan ini hanya diminati oleh sekitar 200-an orang saja. Padahal, prospek pekerjaan yang dijanjikan dari jurusan ini sangat menarik. Anda bisa bekerja di beberapa perusahaan, seperti perusahaan energi, manufaktur, telekomunikasi, menjadi dosen, programmer, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, jurusan elektronika dan instrumentasi UGM juga telah mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT dan sudah mendapatkan akreditasi Internasional, salah satunya ASIIN dan der Informatik. Dari segi kualitas, tentu anda tidak perlu meragukannya lagi.

Memilih jurusan kuliah memang memerlukan pertimbangan yang matang, termasuk prospek kerja dan peluang diterima. Daftar jurusan yang sepi peminat di atas bisa menjadi pertimbangan sebelum menentukan jurusan di UGM. Hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah kesenangan dengan jurusan tersebut supaya anda tidak mudah merasa tertekan.