Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Jurusan ugm yang mudah dimasukiTidak bisa dipungkiri lagi, UGM merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di tanah air. Lulusannya banyak sekali memegang posisi penting di berbagai bidang di Indonesia. Oleh sebab itu, masuk dan kuliah di UGM menjadi cita-cita banyak orang selepas menyelesaikan pendidikan di SMA. Hal tersebut menyebabkan adanya persaingan ketat untuk bisa masuk ke dalam universitas ini. Akan tetapi, ternyata masih ada juga jurusan UGM yang mudah dimasuki yang bisa menjadi pilihan anda.

Tentunya memilih jurusan UGM yang mudah dimasuki saja tidak cukup, anda juga perlu memilih yang memiliki prospek bagus. Masalah prospek kerja selepas lulus kuliah perlu menjadi perhatian ketika anda menentukan jurusan. Masalah prospek kerja ini akan berkaitan langsung dengan masa depan anda selepas menjadi sarjana. Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas beberapa jurusan di UGM yang mudah dimasuki dan berprospek yang bagus.

6 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Memilih jurusan UGM yang mudah dimasuki sebaiknya dijadikan sebagai pilihan kedua di dalam test masuk universitas. Harapannya dengan memilih jurusan yang mudah dimasuki ini, anda tetap akan diterima di perguruan tinggi favorit. Jangan sampai di dalam ujian masuk universitas kamu memilih jurusan berat semua. Dikhawatirkan apabila demikian, kamu justru tidak diterima di semua pilihan yang telah yang kamu putuskan.

Beberapa jurusan UGM yang mudah dimasuki tetapi memiliki prospek yang bagus diantaranya adalah :

Biologi Murni

Biologi murni masih jarang dipilih oleh para lulusan SMA jurusan IPA, karena dianggap kurang menjanjikan. Kebanyakan lulusan SMA IPA justru memilih jurusan pendidikan biologi sebagai tujuan studinya di perguruan tinggi. Padahal, prospek kerja jurusan biologi murni sangatlah bagus. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan biologi murni di berbagai bidang industri dengan gaji yang lumayan tinggi.

Dalam industri makanan, lulusan biologi murni banyak dibutuhkan terutama berkaitan dengan pengetahuan bioteknologi yang dimilikinya. Kita ambil saja di perusahaan yogurt, keju dan berbagai makanan hasil fermentasi lainnya yang membutuhkan ahli biologi di perusahaannya. Dalam industri kesehatan pun lulusan biologi banyak dicari, terbaru teknisi PCR yang merupakan ahli biologi genetika banyak sekali dibutuhkan untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Menjadi PNS di kementerian lingkungan hidup, peneliti di LIPI atau menjadi seorang dosen juga bisa menjadi pilihan. Maka dari itu, masuk di jurusan biologi UGM perlu menjadi pertimbangan anda selepas lulus SMA. Hanya saja, memang untuk lulus di jurusan ini diperlukan perjuangan yang cukup berat. Penyebabnya dikarenakan banyaknya materi kuliah yang perlu anda kuasai sehingga anda perlu bersungguh-sungguh berjuang menyelesaikan studi

Geografi

Geografi merupakan salah satu jurusan yang mudah dimasuki di UGM dikarenakan passing gradenya cukup rendah. Dalam jurusan ini, dipelajari mengenai tentang segala hal yang berkaitan dengan permukaan bumi. Topik bahasannya cukup luas, mahasiswanya perlu mempelajari tentang permukaan tanah, iklim, air di dalam tanah, flora dan fauna dan berbagai hal lainnya.

Kebutuhan akan sarjana geografi cukup tinggi, khususnya di bidang pemerintahan dan tata kota. Anda yang lulus dari jurusan geografi dapat bekerja di industri teknik, konsultan lingkungan, perusahaan konstruksi, PNS ataupun menjadi seorang pengajar. Kebetulan, UGM memiliki salah satu fakultas geografi terbaik yang ada di Indonesia. Alumni fakultas geografi UGM banyak sekali yang memiliki karir cemerlang dan bisa menjadi panutan anda.

Teknologi Hasil Perikanan

UGM memiliki jurusan Teknologi Hasil Perikanan yang berada di bawah fakultas Pertanian. Anda yang tertarik pada bidang perikanan bisa mencoba mendaftar di jurusan ini. Di dalam jurusan teknologi hasil perikanan, anda akan diajarkan mengenai teknologi pasca panen hasil perikanan. Dengan pengetahuan yang didapatkan tersebut, diharapkan anda bisa menghasilkan produk perikanan yang berdaya saing tinggi.

Lulusan teknologi hasil perikanan memiliki prospek kerja yang sangat bagus, banyak sekali pekerjaan yang dimasukinya. Bagi anda yang ingin menjadi seorang PNS, lulusan teknologi hasil pertanian bisa mendaftar menjadi pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, Kementerian Riset dan Teknologi maupun di Pemerintah Daerah. Anda juga bisa menjadi seorang wirausaha di bidang perikanan dengan potensi keuntungan mencapai milyaran rupiah.

Bisnis Perjalanan Wisata

Mungkin anda belum pernah mendengar mengenai jurusan bisnis perjalanan wisata yang ada di UGM. Ini merupakan jurusan IPS yang mudah dimasuki di UGM dikarenakan minimnya peminatnya. Walau begitu, anda tidak boleh menganggap remeh tentang jurusan tersebut karena memiliki prospek yang cukup bagus.

Didalam jurusan ini, anda akan diajarkan bagaimana merancang sebuah perjalanan wisata yang menarik dan kreatif. Anda juga akan diajarkan bagaimana cara mengembangkan masyarakat yang ada di sekitar sebuah obyek wisata. Pengajar yang ada di jurusan ini juga sangat kompeten dan memahami ilmu seputar pariwisata dengan sangat baik.

Prospek kerja alumni jurusan ini tidak hanya sebagai seorang pebisnis travel pariwisata saja lho. Lulusannya ada yang bekerja sebagai PNS, khususnya di Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Daerah. Ada juga yang bekerja di BUMN, seperti PT Taman Wisata Candi Borobudur, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT KAI, PT Aero Wisata dan lain sebagainya.

Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

Jurusan yang mudah dimasuki di UGM lainnya adalah Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi. Peminat jurusan ini relatif sedikit dan seringkali dianggap remeh oleh para lulusan SMA. Bidang keilmuan yang diajarkan di dalam jurusan ini adalah mengenai pengarsipan, baik arsip digital maupun konvensional.

Walaupun terkesan sepele, ternyata prospek karies dari jurusan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi cukup bervariatif. Anda bisa bekerja di berbagai lembaga kearsipan, baik Nasional, Daerah ataupun yang ada di berbagai perguruan tinggi. Ada juga lowongan kerja untuk bekerja di berbagai lembaga negara, perusahaan swasta , perbankan, BUMN dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi sebuah pilihan tepat bagi anda yang merasa sulit memasuki jurusan favorit tetapi tetap ingin kuliah di UGM.