Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan PekerjaanMemilih jurusan SMK yang sesuai dengan passion bukanlah hal yang mudah. Indikator tersebut terlalu abu abu untuk diikuti. Oleh karena itu pada akhirnya para siswa memilih jurusan dengan melihat prospeknya di dunia kerja. Menggunakannya sebagai acuan dinilai lebih nyata dan masuk akal. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut deretan jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Daftar Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Mudah tidaknya mendapatkan pekerjaan menjadi hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih jurusan SMK. Padahal ada banyak pilihan jurusan di SMK dan setiap jurusan yang tersedia tersebut memiliki peluang kerja yang berbeda. Berikut ini akan saya ulas beberapa jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Broadcasting

Jurusan pertama yang bisa anda coba adalah broadcasting. Untuk masuk ke ilmu penyiaran, persaingannya cukup ketat. Ternyata banyak anak muda yang mulai tertarik dengan bidang tersebut. Oleh karena itu, pastikan anda mengerjakan soal tes dengan baik. Setelah masuk ke sana, anda akan memperoleh banyak kesempatan di dunia kerja.

Anda bisa mendapatkan posisi sebagai staff produksi yang kerjanya membantu produser dalam membuat sebuah program. Tentu gaji yang didapat juga terbilang besar. Terlebih lagi, saat ini ada banyak perusahaan swasta di bidang pertelevisian yang membutuhkan tenaga tenaga muda yang cekatan dan tanggap. Kesempatan itulah yang menjadi peluang emas bagi anda.

Mesin

Jurusan mesin sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu jurusan yang banyak dilirik oleh perusahaan perusahaan. Seperti yang anda tahu, saat ini perkembangan di dunia otomotif sangatlah pesat. Berbagai pabrik motor ataupun mobil mulai membuka peruntungannya di Indonesia. Hal itulah yang membuat lulusan jurusan ini memiliki masa depan yang cerah.

Namun sayangnya, persaingan di dunia mesin juga tidak kalah ketat. Meskipun mesin adalah jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan nilai. Anda juga jangan sampai melewatkan kesempatan untuk magang di bengkel atau perusahaan tertentu untuk mendapatkan sertifikat tambahan.

Meskipun terlihat sepele, sertifikat yang berhasil diperoleh tadi dapat menjadi penunjang dokumen saat melamar pekerjaan. Memang setiap perusahaan tahu, bahwa lulusan SMK sudah pasti siap bekerja. Namun setidaknya mereka membutuhkan bukti bahwa anda pernah melihat secara langsung bagaimana penerapan ilmu di lapang dan tidak hanya terpaku pada teori saja.

Kecantikan

Perkembangan di dunia kecantikan sudah tidak perlu diragukan. Sat berbelanja di mall atau swalayan, berbagai produk skincare dan make up tertata rapi dari satu sudut ke sudut toko yang lain. Tandanya, banyak pengusaha yang menilai bahwa prospek bisnis di bidang tersebut cukup menjanjikan. Nantinya, kesempatan itulah yang bisa anda kejar.

Lulusan jurusan kecantikan biasanya bekerja sebagai makeup artist, penata rambut, dan spa. Jika tidak mendapat kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan, anda bisa membuka bisnis atau usaha sendiri. Meskipun tidak melanjutkan pendidikan sampai sarjana, namun bekal dari SMK ini sudah cukup untuk mendapatkan uang setiap bulannya.

Tata Busana

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan berikutnya adalah jurusan tata busana. Lulusan ini memiliki prospek besar di dunia kerja karena industry pakaian dan mode tidak pernah surut. Bahkan berbagai model baju terus berkembang. Alhasil, talenta muda yang memiliki pengetahuan di bidang desain sangat dibutuhkan.

Anda juga memiliki kesempatan besar untuk membuka lapangan kerja sendiri. Anda bisa mengembangkan brand dengan sentuhan yang membuatnya unik dan berbeda dengan yang lain. Anda hanya perlu melihat bagaimana style yang sedang booming dan mulai menjadikannya sebagai inspirasi. Dengan begitu, baju yang anda hasilkan akan laris diserbu pasar.

Namun sebelum membuka usaha, ada baiknya bagi anda untuk mencari mentor. Anda bisa membuka relasi sejak SMK karena biasanya ada pelatihan lapang yang mengharuskan anda berhubungan dengan pemilik bisnis di bidang tersebut. Di kesempatan itu, anda bisa membangun keakraban dan meminta tips untuk memulai bisnis dari mereka.

Akuntansi

Pencatatan pemasukan, pengeluaran, mengolah data dan membuat laporan yang informatif adalah tugas dari seorang akuntan. Pekerjaan mereka juga cukup beresiko karena berhubungan dengan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga akuntansi yang terpercaya. Tidak heran jika kemudian akuntansi menjadi jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Selulusnya dari SMK anda bisa melamar posisi sebagai staff keuangan yang ada di sebuah perusahaan atau bisnis tertentu. Gaji yang diperoleh juga lumayan besar. Yang terpenting, ada harus bisa menjadi pribadi yang teliti, ulet, tekun, amanah, dan jujur. Apabila telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan tadi, bukan tidak mungkin posisi dan gaji akan meningkat.

Teknologi Komputer dan Jaringan

Di era modern seperti sekarang ini, siswa lulusan SMK jurusan teknologi komputer dan jaringan sangat dibutuhkan. Mereka bisa bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN. Seluruh instansi pasti memerlukan tenaga dan pengetahuan mereka untuk mengikuti perkembangan jaman. Setelah lulus, anda bisa menjadi teknisi handal yang paham instalasi jaringan dengan baik.

Skill tersebut tidak dimiliki oleh alumni dari jurusan SMK yang lain. Anda juga bisa bekerja di toko PC  karena memiliki pengetahuan tentang komputer. Anda juga bisa membuka usaha sendiri sebagai seorang teknisi yang memberikan layanan perbaikan pada laptop, komputer, atau PC yang rusak. Namun sebelum membuka usaha, pastikan anda memiliki skill yang mencukupi.

Tata Boga

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan berikutnya adalah tata boga. Jurusan yang satu ini mengajarkan ilmu ilmu yang berkaitan dengan dunia kuliner. Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan besar untuk bekerja di dunia F&B. Anda bisa melamar posisi di sebuah restoran dan hotel. Anda juga bisa membuka restoran sendiri dengan keahlian yang telah didapat selama di kelas.

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa bekerja di dunia F&B kurang menjanjikan. Namun pernyataan tersebut salah besar. Jika dilihat, saat ini keberadaan café dan restoran telah menjamur di setiap sudut kota. Oleh karena itu, kesempatan kerjanya terbuka lebar. Belum lagi hotel mulai dari bintang satu hingga bintang lima juga pasti membutuhkan tenaga dan kemampuan anda.

Apabila pekerjaan tadi ditekuni dengan sunguh sungguh, bukan tidak mungkin anda mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Sebagai sumber pemasukan tambahan, anda juga bisa membuka usaha rumahan dengan kemampuan memasak yang terlatih tersebut. Mulai saja terlebih dahulu dari lingkungan sekitar dan jangan terburu buru saat mengambil keputusan.

Administrasi Perkantoran

Pernahkan anda mendengar jurusan administrasi perkantoran? Lulusan jurusan tersebut memiliki skill dalam mengurus berbagai keperluan perusahaan dengan baik. Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan ini jumlah kebutuhannya sangat banyak sehingga peluang diterimanya semakin besar. Namun meskipun begitu, anda juga harus membekali diri dengan skill yang memenuhi standar.

Itulah beberapa jurusan yang memiliki prospek besar di dunia kerja. jumlah lowongan yang bisa mereka isi sangat banyak. Kenaikan posisi juga bisa didapat selama mereka menunjukkan skill dengan baik. Namun sebelum itu, usahakan nilai yang diperoleh semasa SMK tidak mengecewakan. Percuma saja jika mengambil jurusan tersebut namun nilainya terlalu rendah.