Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika kita melanjutkan studi di universitas, tentu harapannya setelah lulus kita bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jurusan kuliah memiliki peluang mendapatkan pekerjaan yang sama. Ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, apalagi jika anda tidak terlalu cemerlang didalamnya.

Saya sendiri tidak akan melarang anda untuk memasuki jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan ini. Anda masih bisa sukses didalamnya, dengan syarat dibandingkan teman satu angkatan anda termasuk yang paling menonjol. Untuk bisa seperti itu, menyukai bidang yang dipelajari di dalam jurusan kuliah tersebut tentunya menjadi salah satu syarat penting. Ketika anda menyukai sebuah bidang, maka anda akan semangat mempelajarinya sehingga kemungkinan anda menguasai bidang tersebut semakin besar.

Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Beberapa jurusan kuliah di bawah ini dianggap sulit mendapat pekerjaan sehingga apabila anda perlu memikirkan ulang apabila ingin bergabung di dalamnya. Salah satu penyebab mengapa jurusan kuliah dibawah ini sulit mendapat pekerjaan adalah dikarenakan lapangan pekerjaan yang ada untuk mereka tidaklah banyak.

1. Bahasa dan Sastra

Dalam data yang saya dapatkan dari finance.detik.com ternyata alumni jurusan bahasa dan sastra yang menganggur sebanyak 9,2 %. Penyebab banyaknya pengangguran dari jurusan ini adalah karena tidak banyak perusahaan yang membutuhkannya. Padahal sebenarnya peluang kerja alumni bahasa dan sastra tergolong besar juga, peluang menjadi penulis buku, website ataupun penerjemah terbuka lebar.

Bagi anda yang menyukai menulis, saya masih merekomendasikan anda untuk memasuki jurusan kuliah ini. Ketika anda bisa menghasilkan sebuah karya sastra yang disukai banyak orang, anda tentunya bisa meraup pundi pundi uang dalam jumlah besar. Anda bisa memulainya dengan menulis di website atau aplikasi, misalnya berupa novel ringan. Jika karya anda sudah terbukti banyak peminatnya, anda bisa mulai mempublikasikan buku anda.

2. Fisika Murni

Di dalam program studi ini, mahasiswanya akan diajari teori mengenai fisika dengan kuat. Mahasiswanya difokuskan untuk menjadi seorang peneliti, padahal peluang kerja peneliti fisika tidaklah banyak. Biasanya perusahaan lebih membutuhkan alumni jurusan teknik fisika dibandingkan fisika murni. Peluang kerja yang terbatas ini membuat fisika murni termasuk salah satu jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan versi saya.

Memang apabila kemampuan anda menonjol dibandingkan teman teman seangkatan, maka peluang menjadi dosen terbuka sangat lebar. Nah, yang menjadi masalah apabila kemampuan anda pas pasan dan termasuk ke dalam mahasiswa yang IPKnya menengah kebawah. Sepengetahuan saya, lulusan jurusan kuliah fisika murni yang IPKnya tergolong menengah kebawah sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Kalaupun mendapatkan pekerjaan, biasanya pekerjaannya tidak berhubungan dengan bidang yang dipelajarinya semasa kuliah.

3. Ilmu Sejarah

Agar sebuah bangsa bisa menjadi besar diperlukan pengetahuan sejarah sehingga tidak mengulangi kesalahan di masa lalu. Contohnya saja di masa lalu kita mengalami pemberontakkan yang dilakukan oleh PKI, dengan pengetahuan akan sejarah kelam tersebut maka seharusnya kita tidak boleh membiarkan komunis berkembang kembali. Sayangnya di negara kita pengetahuan tentang sejarah ini seringkali dianggap tidak terlalu penting.

Lulusan jurusan ilmu sejarah menjadi salah satu yang sulit mendapat pekerjaan dan berdasarkan riset angka pengangguran lulusan jurusan ini mencapai 10,2 %. Kurangnya lapangan pekerjaan untuk alumni jurusan ini menjadi penyebabnya, sangat jarang ada lapangan pekerjaan yang membutuhkan alumni jurusan ini. Padahal jumlah jurusan ilmu sejarah di berbagai universitas seluruh Indonesia cukuplah banyak, sehingga persaingan mendapatkan pekerjaan yang jumlahnya sudah sedikit ini sangatlah ketat.

4. Antropologi

Antropologi merupakan sebuah jurusan yang di dalamnya mempelajari berbagai budaya yang dimiliki manusia. Dalam sebuah riset didapatkan bahwa terdapat 10,2 % lulusan Antropologi yang menganggur. Memang prospek kerja jurusan Antropologi di Indonesia kurang begitu menjanjikan. Biasanya peluang kerja alumni jurusan ini lebih kepada lembaga penelitian ataupun LSM yang berfokus dalam mengkaji budaya yang ada di Indonesia. Menjadi seorang penulis juga bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan bagi lulusan Antropologi, misalnya dengan mengarang buku tentang budaya yang ada di negeri kita ini. Saya sendiri kurang menyarankan anda untuk memasuki jurusan Antropologi apabila anda tidak terlalu menyukai untuk mempelajari budaya yang ada di masyarakat.

5. Filsafat

Di dalam jurusan filsafat, mahasiswanya akan dilatih bagaimana mempertanyakan suatu keadaan dan berpikir kritis. Lulusan jurusan ini biasanya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan logis sehingga seharusnya dapat memiliki banyak ide ide segar. Sayangnya peluang kerja jurusan ini di Indonesia tidaklah banyak dan banyak orang yang menyepelekan lulusannya. Sangat sedikit perusahaan yang mau menerima alumni jurusan ini untuk bekerja di perusahaan mereka. Ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menemukan bahwa 10,8% alumni jurusan ini menganggur.

6. Musik

Sesuai dengan namanya, jurusan ini berfokus dalam mempelajari segala hal tentang musik baik secara teori maupun praktek. Di jurusan ini, mahasiswanya juga akan mempelajari berbagai alat dan aliran musik yang ada di seluruh dunia. Kamu yang menyukai musik dan ingin bekerja di dalamnya dapat mencoba memasuki jurusan ini. Hanya saja, lulusan jurusan musik tidak serta merta dapat mengalahkan pemusik lain yang tidak belajar musik di sekolah.

Kita bisa melihat bahwa di antara para pemusik top tanah air, tidak banyak yang merupakan lulusan jurusan musik. Banyak faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan seseorang di dunia tarik suara. Bahkan dalam suatu penelitian, tercatat 9,2% lulusan jurusan musik menjadi seorang pengangguran. Jadi wajar apabila saya memasukan jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan.

Walau begitu, apabila anda telah menjadi seorang pemusik dan ingin menambah pengetahuan anda secara teori maka jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anda. Diharapkan dengan peningkatan kemampuan ini, karir anda di dalam dunia permusikan bisa menjadi lebih cemerlang.

7. Seni Rupa

Dikutip dari Serupa.id, Seni rupa merupakan sebuah cabang seni yang diciptakan melalui media visual yang bisa dilihat oleh mata. Di dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan untuk bisa membuat berbagai karya seni yang bisa dilihat secara visual, misalnya seni lukis, seni pahat dan lain sebagainya. Bagi anda yang memang menyukai dan ingin menghasilkan karya seni rupa maka memasuki jurusan ini mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Hanya saja anda perlu mengetahui bahwa peluang kerja lulusan jurusan ini tidaklah besar dan persentase pengangguran alumninya mencapai 12,6%. Persaingan untuk menjadi seniman yang handal sangatlah ketat, apalagi karya seni rupa peminatnya tidak sebanyak musik. Salah satu pekerjaan yang mungkin bisa menjadi pilihan lain adalah di bidang media ataupun marketing, dengan kemampuan seni rupa yang dimiliki maka alumni jurusan ini bisa menciptakan kesan menarik pada iklan yang dibuatnya.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan menurut pendapat saya. Anda tidak dilarang kok untuk masuk ke dalam jurusan tersebut tetapi sebaiknya anda memikirkannya lagi secara matang tentang resiko dan keuntungan memilihnya.