Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapat Pekerjaan

jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaanMemilih jurusan adalah hal yang harus dipikirkan dengan baik. Mempertimbangkan jurusan yang cocok dan tepat akan mempengaruhi masa depan anda. Untuk kalian yang baru saja lulus dari bangku SMA/SMK dan masih ingin melanjutkan sekolah ke tingkat lebih tinggi harus dipikirkan dengan matang. Yuk simak, jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan berikut ini.

Deretan Jurusan Kuliah Yang Mudah Mendapat Pekerjaan

Paling tidak, terdapat 7 jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan di era modern. Anda yang memiliki minat terhadapnya dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di jurusan tersebut. Ketujuh jurusan kuliah tersebut, diantaranya :

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik memang menjadi salah satu jurusan yang favorit dan populer di kalangan mahasiswa. Tidak hanya populer saja, lulusan dari jurusan teknik tidak akan sulit ketika mencari pekerjaan. Karena di zaman yang canggih dan serba teknologi seperti saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang dari lulusan teknik.

Karena saat ini semua kegiatan berkaitan dengan yang namanya teknologi, membuat jurusan ini semakin banyak diminati. Prospek kerja dari lulusan informatika juga sangat luas dan sering dibutuhkan pada banyak perusahaan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat lulusan yang ahli pada bidang IT memiliki peran yang penting bagi perusahaan.

Selain itu, jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan satu ini juga dikenal sebagai jurusan yang memiliki gaji tinggi dan menjanjikan. Gaji yang didapatkan bisa berkisar mulai dari Rp 60 juta hingga Rp 72 juta. Lulusan dari jurusan ini juga dapat menekuni berbagai profesi. Seperti programmer, system analyst, web engineer, konsultan IT, dan masih banyak lagi.

Peminat dari jurusan ini memang sangatlah banyak, jika anda ingin mengambil jurusan ini namun masih ragu karena hal tersebut, jurusan dari bidang sains dan teknologi lainnya dapat anda jadikan pilihan jurusan alternatif. Contohnya saja jurusan ilmu komputer dan sistem informasi. Peluang kerja dari jurusan ini juga hampir sama dengan peluang kerja teknik informatika

Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Selain teknik informatika, teknik perminyakan dan pertambangan juga merupakan jurusan favorit. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja pada berbagai bidang pemerintahan. Kementerian energi dan sumber daya mineral, badan pengatur hilir minyak dan bumi, serta BP gas merupakan beberapa contoh prospek pekerjaan dari jurusan ini.

Meskipun prospek kerja pada bidang ini luas, tenaga ahli yang dimiliki masih sangat terbatas. Hal itulah yang menyebabkan perusahaan perusahaan besar banyak membuka lowongan tenaga ahli di bidang perminyakan dan pertambangan. Gaji yang ditawarkan pada bidang ini juga sangat tinggi. Mulai dari Rp 11 juta hingga Rp 32 juta merupakan kisaran angka gaji yang didapat.

Pada saat kuliah dengan jurusan teknik perminyakan dan pertambangan, anda akan mempelajari proses penambangan minyak, batu bara, gas bumi, dan sebagainya. Tidak hanya itu, eksploitasi bahan tambang dan cara pemasarannya juga akan dipelajari. Dengan memilih jurusan ini, anda dapat bekerja di sektor industri semen hingga perusahaan pembangkit listrik.

Jurusan Ekonomi

Jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan selanjutnya adalah jurusan ekonomi. Jurusan ini memang cukup populer dan banyak diminati oleh banyak orang. Saat ini, pada setiap sektor bisnis dan usaha pasti akan berhubungan dengan yang namanya ekonomi. Kemampuan yang mendasar hingga mendalam mengenai pasar kerja akan diajarkan di sini.

Lulusan jurusan ekonomi memiliki cakupan kerja yang sangat luas. Anda bisa memilih dengan bebas lapangan pekerjaan yang akan anda tekuni tergantung dengan keinginan dan minat anda. Bekerja sebagai akuntan di kantor dan akuntan publik merupakan beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan jurusan ekonomi.

Jurusan Ilmu Hukum

Ketika anda mengambil kuliah dengan jurusan ini, secara tidak langsung akan mengarahkan anda menjadi seorang yang ahli hukum. Bagaimana tidak, di jurusan ini anda akan mendalami dan mempelajari ilmu yang terkait dengan pidana, perdata, tata usaha negara, ekonomi , adat, internasional, dan lain sebagainya.

Ketika telah lulus, anda bisa bekerja di kantor kantor pengacara besar maupun membuka kantor pengacara sendiri dan membuka lapangan pekerjaan. Tidak hanya melulu menjadi pengacara, lulusan dari jurusan ini juga memiliki cakupan kerja yang luas. Analis kebijakan publik, penulis atau editor, konsultan bisnis, serta hakim dapat digeluti oleh lulusan hukum.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya, jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan adalah Ilmu komunikasi. Ketika masuk jurusan yang satu ini akan mempelajari berbagai teori komunikasi, dari waktu ke waktu beserta pengaplikasiannya. Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar mengenai pers, manajemen komunikasi, film, periklanan, hubungan masyarakat, dan berbagai materi mengenai media kreatif lainnya.

Jurusan ilmu komunikasi juga tak kalah populer dibandingkan jurusan lainnya. Tak kalah dari jurusan lain, lulusan dari jurusan ini juga sangat menjanjikan untuk bidang industri kreatif. Mengingat era industri media sekarang sedang berkembang membuat prospek kerja semakin luas. Biasanya jurusan yang satu ini banyak diminati oleh siswa yang berasal dari jurusan IPS.

Pekerjaan yang dapat anda tekuni ketika menjadi lulusan dari jurusan ini adalah jurnalistik, kajian media, media kreatif, broadcasting, dan masih banyak lagi. Gaji yang didapatkan juga tidak kalah besar, rata-rata lulusan jurusan ilmu komunikasi akan mendapatkan gaji mulai Rp 6 juta tergantung dengan banyak faktor dan kebijakan perusahaan/instansi.

Jurusan Kedokteran

jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan berikutnya adalah jurusan kedokteran. Meski biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke jurusan ini sangat mahal, peminatnya juga begitu banyak. Setiap tahunnya, profesi dokter selalu dibutuhkan. Sehingga, pekerjaan pada bidang ini terlihat tidak pernah sepi lapangan kerja. Gaji yang didapatkan juga sangat menjanjikan.

Tidak hanya dokter umum saja, keperawatan, dokter gigi, dan tenaga kesehatan lainnya merupakan profesi di bidang kedokteran yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Setelah lulus dan menjadi dokter akan menjadikan kesempatan bagi anda untuk membantu orang lain dengan tindakan yang nyata.

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan rekomendasi yang terakhir adalah jurusan sastra Inggris. Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa jurusan yang satu ini juga termasuk ke dalam jurusan yang cukup menjanjikan untuk masa depan anda. Secara, jurusan ini juga memberikan cakupan lapangan pekerjaan yang luas dan gaji yang didapat cukup besar.

Ketika anda lulus dari jurusan ini, anda bisa menjadi penerjemah, interpreter, tenaga pendidik, berkecimpung di dunia pariwisata, dan lain sebagainya. Gaji dari seorang penerjemah berkisar antara Rp 5 hingga Rp 8 juta. Akan tetapi nominal tersebut tidak dapat dijadikan patokan, karena tergantung pada keahlian, pengalaman, dan faktor lain yang diberikan perusahaan.

Gaji yang lebih besar bisa didapatkan oleh seorang lulusan sastra inggris yang menjadi interpreter. Bagaimana tidak, kerjaan yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena seorang interpreter harus menerjemahkan bahasa secara lisan. Melihat begitu luasnya cakupan kerja, tak heran jika sastra Inggris menjadi jurusan kuliah yang mudah mendapat pekerjaan

Ulasan mengenai jurusan yang mudah mendapat pekerjaan diatas, dapat menjadi i salah satu referensi bagi anda. Apalagi seringkali lulusan SMA/SMK merasa kebingungan ketika diharuskan memilih jurusan. Sebagai saran, utamakan memilih jurusan kuliah yang memang cocok dengan bakat anda.

Bahkan, apabila bakat anda ada di jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Sebaiknya anda lebih menomersatukan kecocokan bakat dengan jurusan yang anda pilih. Walaupun prospeknya tidak terlalu bagus, asalkan anda bisa menjadi yang terbaik di bidang tersebut maka karir anda tetap akan cerah.