Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Bicara tentang jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan seringkali menimbulkan keraguan. Namun, seorang perempuan harus bisa mandiri secara finansial dengan langkah awal memilih jurusan yang menjanjikan untuk masa depan. Kali ini akan dibahas mengenai jurusan kuliah IPA yang cocok bagi perempuan dan menjanjikan pekerjaan untuk masa depannya. Yuk simak ulasannya sampai selesai!

7 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Berikut ini akan saya ulas sedikit mengenai jurusan kuliah IPA apa sajakah yang menjamin masa depan untuk perempuan.

Biologi

Bagi saya jurusan kuliah IPA yang paling menjamin masa depan untuk perempuan adalah Biologi murni. Penyebabnya adalah prospek kerja biologi burmi sangat luas bagi lulusannya. Penyebabnya adalah banyak pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu biologi.

Beberapa pekerjaan alumni biologi yang cocok untuk perempuan diantaranya adalah menjadi penulis, dosen, peneliti, konsultan ilmu lingkungan dan menjadi PNS. Alumni biologi pun bisa masuk ke kepolisian, khususnya di bagian ahli forensik.

Saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, alumni biologi juga sangat dibutuhkan. Khususnya dalam bidang pembuatan vaksin dan pengujian genetika untuk test PCR. Alhasil kebutuhan alumni biologi saat ini sangatlah banyak, sehingga alumninya sangat mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Matematika

Matematika memang merupakan salah satu ilmu yang menjadi momok banyak orang. Tetapi, sebenarnya prospek kerja jurusan ini cukup bagus bagi seorang wanita. Ada dua pilihan jurusan yang bisa anda pilih yaitu pendidikan matematika atau matematika murni, tergantung dengan tujuan anda.

Bagi anda yang ingin menjadi tenaga pengajar, maka anda bisa memilih jurusan pendidikan matetika. Sedangkan untuk anda yang ingin bekerja di bidang lain, maka memilih jurusan matematika murni merupakan pilihan yang tepat.

Kebanyakan orang berpikir bahwa lulusan matematika hanya bisa berkarir sebagai guru. Padahal lulusan matematika murni banyak dibutuhkan oleh industri dan bisa berkarir sebagai market researcher, big data analyst, hingga business analyst.

Keterampilan di dalam bidang statistik lulusan matematika murni juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Jika anda pernah merasa ragu untuk memilih jurusan matematika, mulai saat ini buang keraguan itu.

Anda bisa bekerja di bidang industri, tidak hanya mengajar. Matematika termasuk salah satu ilmu yang dibutuhkan hampir di semua bidang. Namun jika ingin menjadi seorang guru matematika, anda bisa mengambil program studi pendidikan matematika yang lebih fokus dengan metode pengajaran.

Teknik Informatika

Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk perempuan yang menyukai komputer dan pemrograman. Meskipun teknik, teknik informatika adalah jurusan yang tidak terlalu fisikal, sehingga masih cocok untuk perempuan. Di sini, anda akan belajar tentang komputer secara mendalam dan belajar tentang pemrograman.

Masuk jurusan teknik informatika adalah langkah awal untuk menjadi seorang app developer, yaitu seorang pembuat aplikasi. Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, prospek pekerjaan ini sangat menjanjikan, terlebih teknologi akan terus berkembang dan membutuhkan orang-orang yang fasih dalam bidang pemrograman dan app developer. Tertarik mencoba?

Kebidanan

Kebidanan merupakan jurusan IPA untuk masa depan perempuan yang memang dikhususkan untuk perempuan. Jika mengambil jurusan kebidanan, anda akan dibekali dengan ilmu tentang persalinan, termasuk bagaimana mengaplikasikan teori yang diperoleh. Anda juga akan diajari tentang pemeriksaan dan perawatan ibu hamil hingga membantu pasca melahirkan.

Setelah lulus menjadi seorang bidan, anda bisa mendapatkan pekerjaan di klinik atau rumah sakit dengan gaji yang terbilang fantastis. Pilihan lainnya, anda bisa membuka praktik di klinik anda sendiri jika sudah mendapatkan izin praktik. Biaya kuliah kebidanan memang cukup mahal, tapi prospek pekerjaan yang dijanjikan juga menggiurkan.

Pendidikan Kedokteran

Bagi anda yang ingin menjadi dokter wanita, jurusan ini wajib untuk anda pilih. Pendidikan kedokteran merupakan jurusan yang tepat untuk perempuan IPA dengan biaya yang tinggi. Namun, anda harus sabar dan telaten selama menempuh pendidikan karena proses untuk menjadi dokter tidaklah mudah.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, anda masih harus menjalani program profesi dokter supaya bisa menjadi dokter muda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk jurusan ini memang tidak main-main, tapi pekerjaan yang akan anda dapatkan nanti juga sangat menjanjikan. Pasalnya, gaji seorang dokter bisa dibilang salah satu gaji tertinggi.

Tidak hanya gajinya yang tinggi, profesi dokter juga termasuk pekerjaan yang mulia. Anda bekerja untuk memberikan pengobatan kepada pasien yang sakit, bahkan tenaga dan waktu harus benar-benar dikorbankan. Sumber daya manusia untuk kedokteran masih akan terus dibutuhkan hingga kapan pun.

Kimia Murni

Prospek kerja kimia murni tergolong sangat baik, khususnya untuk wanita. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat bervariasi, disebabkan banyaknya industri yang membutuhkan seorang ahli kimia. Contohnya saja di dalam industri kertas, makanan, cat, farmasi dan pupuk dibutuhkan seorang ahli kimia agar bisa berjalan dengan baik.

Penghasilan yang bisa didapatkan ketika bekerja sebagai ahli kimia juga relatif bagus. Apalagi jika kamu merupakan lulusan universitas ternama dengan reputasi yang baik. Bagi anda yang memiliki ketertarikan tentang ilmu kimia, tidak ada salahnya anda memilih jurusan kimia murni untuk melanjutkan studi anda.

Keperawatan

Keperawatan merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat bagus untuk perempuan. Pasalnya, lulusan keperawatan dibutuhkan oleh banyak klinik dan rumah sakit. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus sangat tinggi karena banyak industri yang membutuhkannya.

Di jurusan keperawatan, anda akan dibekali dengan ilmu untuk menjadi seorang perawat yang baik dan menjadi pelayan kesehatan yang profesional. Anda dididik untuk bisa memperhatikan pasien di klinik atau rumah sakit secara fisik, sosial, dan psikis. Pekerjaan ini memiliki potensi yang sangat baik untuk wanita yang ingin mandiri secara finansial.

Sebab, gaji yang anda terima selama menjadi seorang perawat cukup tinggi. Tidak heran jika jurusan keperawatan sering menjadi incaran para perempuan yang tertarik dengan dunia kesehatan. Apakah anda juga tertarik untuk mencoba jurusan IPA untuk masa depan perempuan ini?

Kuliah di jurusan yang sesuai dengan minat adalah hal yang menyenangkan, terlebih jika prospek pekerjaan dari jurusan tersebut juga menjanjikan. Bagi anda yang masih bingung harus mengambil jurusan apa, daftar jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan di atas bisa menjadi referensi.

Pilihan Jurusan Lain yang Menjamin Masa Depan Perempuan

Akuntansi

Memang akuntasi bukan termasuk salah satu jurusan dalam ilmu IPA, tetapi akutansi bisa dipilih juga oleh lulusan IPA. Keluaran yang dihasilkan dari jurusan ini adalah akuntan yang sumber daya manusianya masih banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Maka tidak heran jika jurusan ini kerap menjadi target jurusan kuliah bagi perempuan. Di sini, anda akan belajar tentang pembukuan, pencatatan, dan laporan keuangan.

Perkuliahan anda juga tidak akan lepas dari angka dan nominal uang. Lulusan akuntansi memiliki peluang yang besar untuk bekerja di perusahaan besar. Sebab, setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang akuntan untuk laporan keuangan, pembukuan, dan pencatatan keuangan perusahaan. Untuk masuk ke jurusan ini, pastikan anda suka dengan perhitungan angka.

Ilmu Komunikasi

Jurusan untuk perempuan lulusan IPA yang bisa menjadi pilihan anda lainnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Anda akan dibekali dengan ilmu tentang komunikasi, baik verbal, visual, dan lisan. Dengan demikian, anda memiliki skill menciptakan komunikasi visual yang baik, cara menulis yang baik, dan cara berbicara yang baik.

Dengan bekal ilmu di atas, anda bisa mengembangkannya menjadi profesi, seperti master of ceremony atau MC, jurnalis, copywriter, fotografer, desain grafis, dan lain-lain. Pekerjaan yang anda geluti sebagai lulusan jurusan IPA untuk masa depan perempuan ini sangat bisa bermacam-macam. Tinggal minat mana yang ingin anda kembangkan dengan lebih baik.

Bagi anda yang suka berbicara di depan umum bisa berkarir sebagai MC atau penyiar. Jika lebih suka dengan kegiatan menulis bisa menjadi jurnalis atau copywriter. Demikian pula jika anda lebih suka dengan komunikasi visual, maka berkarir sebagai fotografer atau desain grafis bisa menjadi pilihan.

Tata Rias dan Kecantikan

Anda punya cita-cita menjadi seorang make up artist (MUA)? Jurusan untuk masa depan perempuan ini wajib untuk anda pilih. Di sini, anda akan mendapatkan ilmu seputar make up, mulai dari ilmu dasar sampai tingkat yang lebih tinggi. Dengan ilmu yang anda miliki, anda bisa mendirikan bisnis make up dengan brand yang anda kembangkan sendiri.

Mungkin bagi sebagian orang pekerjaan ini sering dipandang sebelah mata. Nyatanya, banyak kisah MUA yang sukses dengan gaji mencapai puluhan hingga ratusan juta per job. Untuk menjalankan bisnis ini, anda harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan mengikuti tren make up yang ada.