Jenis Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini menjadi  favorit  banyak orang. Di seluruh dunia terdapat 150 Jenis jambu biji diantaranya jambu sukun, jambu susu putih, jambu apel, jambu autralia, jambu palembang, jambu kamboja, jambu pasar minggu, jambu merah getas, jambu harum manis, jambu sari dan jambu rukan.

Jenis Jambu Biji Favorit

Dari sejumlah jenis jambu biji di atas terdapat beberapa jenis yang digemari orang dan dibudidayakan dengan memilih nilai ekonomisnya yang relatif lebih tinggi. Jambu biji yang digemari oleh masyarakat umumnya yang berdaging lunak dan tebal, rasanya manis, berbiji sedikit dan buahnya berukuran besar.

Jenis jambu biji tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Jambu sukun

Kata sukun berarti tidak berbiji. Jambu varietas unggul ini tidak memiliki biji. Kalaupun ada, bijinya hanya sekitar 2 – 3 buah. Daging buahnya berwarna putih kekuningan dengan rasa manis yang sedikit asam. Teksturnya agak keras, renyah dan beraroma wangi.
Bentuknya mirip seperti buah apel, dengan ukuran panjang antara 4 – 5 cm. Kulit buahnya bila matang berwarna hijau keputihan. Jambu sukun termasuk varietas yang dapat berproduksi terus menerus sepanjang tahun meskipun relatif sedikit. Jenis jambu ini relatif tahan serangan hama dan penyakit.  Bila ditanam dekat dengan jambu biji yang berbiji cenderung akan berbiji kembali.

Jambu bangkok

Jambu bangkok berukuran besar dengan daging tebal dan sedikit biji. Sayang, rasanya agak hambar. Oleh karena itu petani di Indonesia mencoba menyilangkannya dengan jambu susu sehingga rasa buahnya berubah menjadi asam-asam manis.
Jambu bangkok merupakan sebutan untuk jambu biji yang berukuran besar. Beberapa memang diimpor dari Thailand. Salah satunya adalah jambu sari. Bentuk buahnya bulat sempurna dengan garis tengah sekitar 10 cm. Ukuran buah mentahnya lebih besar daripada ketika matang.

Jambu merah

bentuk buah jambu merah bulat dan bermoncing di pangkalnya, kulitnya agak tebal, daging buahnya berwarna merah dengan banyak biji. Buah jambu merah ini memiliki rasa yang manis.

Jambu pasar minggu

Jenis jambu biji ini memiliki dua varian, yaitu yang berdaging buah putih dan berdaging buah merah. Yang berwarna putih lebih dikenal dengan sebutan jambu susu putih, lebih digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal dan teksturnya lembut. Adapun yang berdaging buah merah, kurang disukai karena buahnya cepat membusuk dan rasanya kurang manis.
Kulit buah tipis berwarna hijau kekuningan bila sudah masak. Bentuk buah agak lonjong dengan bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkalnya meruncing. Jambu pasar minggu merupakan jenis jambu lokal.

Jambu australia

Jambu Australia diintroduksi dari Benua Kangguru. Kekhasannya adalah daunnya berwarna merah keunguan. Walaupu buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanamnya lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah masak tetapi tawar bila belum matang.

Itulah 5 jenis jambu biji yang sering di budidayakan. Di beberapa daerah tropis, seperti Hawai, spesies jambu strawberry (P. littorale)telah menjadi spesies invasif. Beberapa spesies telah menjadi sangat langka karena kerusakan habitat dan setidaknya satu yaitu jambu jamaika (P. dumetorum) telah punah dari mukabumi.