Ikan Cupang Termahal di Dunia dan Harganya

Di tahun 2020 ini, ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Hal itu dikarenakan keindahan warna yang dimiliki olehnya, serta mudahnya perawatan yang diperlukan. Tak heran jika di tahun ini harga ikan cupang menjadi lebih mahal dari biasanya. Walau begitu, sebenarnya harga ikan cupang yang ada di Indonesia ini tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan ikan cupang termahal yang ada di dunia. Saat ini yang menjadi ikan cupang termahal adalah Kachen Worachai, harganya mencapai 25,2 juta rupiah.

7 Jenis Ikan Cupang Termahal

Faktor yang menjadikan sebuah ikan cupang menjadi termahal adalah masalah kelangkaan dan keindahan warna tubuhnya. Semakin indah warna tubuh yang dimilikinya, maka akan semakin mahal pula harga ikan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 7 jenis ikan cupang termahal yang pernah terjual di dunia.

Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan ini memiliki harga yang sangat mahal karena warna tubuhnya yang mirip seperti bendera nasional Thailand, yaitu kombinasi warna merah putih biru putih merah. Karena keunikan warna tubuh yang dimilikinya, ikan cupang ini terjual seharga USD 1.530 atau sekitar 25,2 juta rupiah pada sebuah lelang online yang diadakan pada tahun 2016. Harga tersebut menjadikan Kachen Worachai sebagai ikan cupang termahal di dunia yang diketahui saat ini. Memang warna tubuh yang dimiliki ikan ini sangatlah unik dan tiada duanya, sehingga menurut saya harganya yang mahal tersebut menjadi wajar.

Pee Kloaw Betta HMPK

Jenis ikan cupang termahal kedua yang tercatat adalah Pee Kloaw betta HMPK. Ikan ini memiliki warna di dominasi putih dengan sebuah garis merah di badannya. Warna tubuhnya yang kontras antara merah dan putih menjadikan ikan ini sangat menarik. Warnanya yang unik ini menjadikan Pee Kloaw Betta terjual seharga 2.500 THB atau sekitar 11 juta rupiah ketika dilelang. Bagi saya harga ikan ini terlalu tinggi, karena motif tubuhnya ini tidak bisa merepresentasikan sesuatu hal. Banyak ikan cupang lain yang memiliki warna tubuh jauh lebih cantik dari Pee Kloaw Betta HMPK dengan harga yang lebih bersahabat.

Rose White Platinum Dragon

Ikan cupang yang berwarna putih polos memang memiliki harga yang sangat tinggi di pasaran. Salah satunya adalah ikan yang bernama Rose White Platinum Dragon ini. Hampir seluruh warna tubuhnya berwarna putih polos, kecuali di bagian bawah kepalanya yang berwarna hitam. Warna hitam yang ada di bawah kepala ikan ini menjadikannya mirip seperti ikan berjanggut. Karena keunikannya tersebut, ikan ini berhasil terjual dengan harga 680 Dollar Amerika atau sekitar 10 juta rupiah di Aquabid.

Betta Halfmoon King of Gold Dragon

Seluruh tubuh ikan cupang ini berwarna emas sehingga terlihat sangat mewah. Karena tampilannya yang mewah tersebut, menjadikannya salah satu ikan cupang termahal. Pada saat di lelang di Aquabid di tahun 2018, ikan ini terjual dengan harga 570 Dollar Amerika atau sekitar 8,4 juta rupiah. Memang ikan cupang yang berwarna emas ini sangatlah langka, apalagi jika bisa sampai warnanya emas polos seperti ikan ini.

Ikan Cupang Yellow Halfmoon

Ikan cupang halfmoon memang memiliki sirip yang sangat indah karena lebar dan lentur. Salah satu ikan cupang halfmoon yang memiliki harga paling mahal adalah yang berwarna kuning polos. Warna kuning polos dianggap sebagai salah satu yang paling langka, sehingga menjadi wajar jika harganya cukup tinggi. Dipasaran ikan luar negeri, harga ikan halfmoon berwarna kuning polos ini bisa mencapai ratusan Dollar Amerika. Harga yang di perdagangan ikan Indonesia memang tidak semahal itu, tetapi masih berkisar di atas 500 ribu rupiah per ekornya.

Ikan Cupang Black Orchid

Ikan cupang memiliki sebagian besar tubuhnya berwarna hitam, dengan sedikit variasi warna terang di bagian sisik belakangnya. Biasanya variasi warna ini berwarna biru, merah ataupun putih yang akan membuat tampilan warna ikan ini terlihat sangat eksotis. Jenis ikan ini biasanya muncul pada saat dilakukan pembiakan menggunakan dua indukan ikan cupang marble. Walaupun peluang munculnya ikan Black Orchid ini sangatlah rendah, sehingga menjadi wajar apabila harganya cukup mahal. Biasanya di pasaran Indonesia, ikan ini dihargai sekitar 500 ribu rupiah untuk per ekornya.

Ikan Cupang Merah Polos

Bagi orang Indonesia, warna merah selalu dianggap menarik sehingga apapun yang berwarna merah biasanya berharga mahal. Kita sebut saja tanaman yang berharga mahal misalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa jenis aglaonema merah menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh pecinta tanaman dan harganya juga sangat tinggi. Begitu pula di dalam dunia ikan hias, ada arwana super red yang memiliki harga yang bikin orang geleng-geleng karena saking tingginya.

Ikan cupang yang berwarna merah darah polos pun menjadi salah satu yang termahal dibandingkan lainnya. Di pasaran dunia ikan Indonesia, harga ikan cupang merah polos ini mencapai jutaan rupiah tergantung dari keindahan sirip dan jenis kelamin si Ikan. Berdasarkan pengamatan saya di grup jual beli ikan hias facebook, sebuah ikan halfmoon yang berwarna merah polos dapat terjual dengan harga 2 juta rupiah.

Itulah 7 jenis ikan cupang termahal yang ada di perdagangan ikan hias, dari ketujuh jenis tersebut mana yang menurut anda paling menarik ?