Fungsi Tulang Hasta

Walaupun kamu tidak tahu, tetapi ternyata di balik sistem pergerakan tangan kamu setiap harinya itu tidak terlepas dari peranan tulang hasta. Tulang punya macam-macam bentuk dan fungsi yang tidak sama, tetapi saling bekerjasama. Hingga akhirnya tubuh kamu dapat berjalan dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Mari baca selengkapnya.

Pengertian dan Fungsi Tulang Hasta

Nama lain dari tulang hasta adalah ulna. Jadi ini adalah tulang panjang pada bagian medial lengan bawah yang sejajar ke tulang pengumpil.

Berbicara mengenai fungsi tulang hasta itu sendiri. Fungsinya terbilang sangat vital. Di mana untuk mensupport aktivitas tangan secara keseluruhan. Dan tahukah kamu, kalau seiring pertumbuhan usia maka fungsi tulang hasta pun akan berkembang. Yang memiliki tulang hasta tidak hanya manusia saja, tetapi juga hewan berkaki empat, contohnya kucing dan anjing.

Apa yang terjadi kalau fungsi tulang hasta berhenti? Efeknya sendi-sendi tangan jadi tak dapat berfungsi secara normal. Tulang hasta ini merupakan salah satu dari bagian tulang yang memberikan struktur ke lengan bawah. Lokasi tulang hasta pada sisi berlawanan dari tulang pengumpil atau radius pada lengan.

Di mana keduanya itu bergabung ke humerus pada ujungnya yang lebih besar, yang akan membuat sambungan siku, juga berkombinasi ke tulang karpal tangan pada bagian ujungnya yang lebih kecil.

Jadi tulang hasta dan tulang pengumpil memungkinkan sendi pergelangan tangan untuk bisa berputar. Diameter dari tulang hasta 50% lebih besar dibandingkan pengumpil di usia 4 sampai 5 bulan. Sewaktu kehidupan dewasa saat renovasi, resorpsi sudah selesai, maka diameter ulnaris pun jadi berukuran setengah dari ukuran diameter tulang pengumpil.

Fungsi Utama Tulang Hasta

Mengenai fungsi utama dari tulang hasta ini, bersama dengan tulang pengumpil membantu pergerakan rotasi tangan. Dengan adanya rotasi ini memungkinkan fungsi maksimal didapatkan pada tangan dan pergelangan tangan, dikarenakan rentang gerakan yang meningkat.

Gerakan sendi siku satu-satunya yakni menekuk juga meluruskan tangan. Oleh karena keterbatasan tersebut maka lengan memungkinkan meningkatkan gerakan pergelangan tangan, juga tangan, namun tidak menjamin terdapat gerakan yang berasal dari sendi siku.

Gerakan Pada Tangan Dan Pergelangan Tangan

Dengan konfigurasi pengumpil bersama tulang hasta ini maka memungkinkan bagian lengan bawah bisa memberikan gerakan ke tangan dan pergelangan tangan. Memungkinkan berjalannya fungsi untuk beberapa aktivitas seperti memanipulasi tombol, menulis, dan memanipulasi benda kecil (Memutar gagang pintu, menggunakan alat, membawa benda, mengetik, dan lain-lain)

Seperti yang kamu lihat kalau contoh-contoh gerakan tersebut membutuhkan penggunaan dari pergelangan tangan juga jari-jari individual. Membutuhkan lengan atas stabil dan juga mobilitas lengan bawah dan rotasi lengan bawah.

Apakah hanya itu saja? Tidak, ternyata masih ada fungsi tulang hasta yang lain.

Fungsi Lain dari Tulang Hasta

Fungsi lainnya dari tulang hasta untuk membangun anatomi lengan sempurna, beberapa di antaranya dapat kamu check di bawah ini:

  1. Bekerja bersama tulang karpal dan pengumpil dalam memutar dan menggerakkan pergelangan tangan.
  2. Membentuk sendi siku (Humerus)
  3. Memasang ligamen vital lengan, otot, dan tangan bagian bawah.
  4. Membentuk sekaligus mempertahankan struktur dari lengan bawah, walaupun bersama dengan pengumpil.
  5. Tulang pendukung bersama lengan bawah. Di mana memungkinkan terjadinya sebuah gerakan.
  6. Menjadi tulang dengan fungsi tempat penyimpanan banyak mineral sekaligus menghasilkan sel darah pada sum-sum tulang.
  7. Menjadi tulang dengan fungsi penunjang kerangka tangan manusia.
  8. Menjadi tempat otot-otot lengan melekat, juga lengan bawah yang menempel dengan ulna, melakukan sebuah gerakan lengan, pergelangan tangan, dan tangan.
  9. Tulang hasta juga memiliki fungsi untuk memberikan fleksibilitas ke sendi siku.

Sifat Tulang Hasta

Penting sekali untuk menjaga tulang hasta. Selain karena fungsinya yang begitu vital itu karena sifat dari tulang hasta itu sendiri. Di mana tulang hasta ini memiliki bentuk panjang dan juga tipis. Karena itu termasuk tulang yang rentan patah karena trauma.

Apabila tulang hasta ini pecah maka biasanya terjadi di titik, di mana hasta dan pengumpil membentuk sendi, atau di mana tulang hasta membentuk sendi dan tulang karpal tangan.

Kalau terjadi kondisi patah tulang hasta maka akan menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan, deformitas lengan apabila frakturnya majemuk, dan juga kesulitan dalam menggerakkan sendi yang kena efeknya.

Apa Saja Jenis Patah Tulang Yang Berpengaruh Terhadap Tulang Hasta?

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari patah tulang yang bisa mempengaruhi tulang hasta. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Patah tulang Comminuted = Terjadi saat tulang pecah jadi beberapa bagian dengan ukuran yang lebih kecil.
  2. Patah tulang tertutup = Terjadi saat patah tulang penuh atau parsial, kondisi tulang tak menembus kulit.
  3. Patah tulang campuran = Dikenal juga dengan nama lain fraktur terbuka, saat sepotong fragmen tulang tembus ke luar kulit.
  4. Patah tulang Greenstick = Patah tulang parsial, nama lainnya adalah patah tulang garis rambut pada tulang lain yang masih utuh.
  5. Patah tulang lengkap = Atau fraktur lengkap. Atau fraktur terbuka. Terjadi saat sepotong fragmen tulang tembus ke luar kulit.

Untuk perawatan patah tulang tertutup lebih mudah dibandingkan yang jenis patah tulang terbuka. Mengingat adanya resiko infeksi. Karenanya akan dibutuhkan perawatan intensif. Sekarang kamu sudah tahu tentang apa fungsi tulang hasta, semoga berkenan.