Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

Tak hanya sekolah umum, sekolah dengan ikatan dinas juga masih sangat diminati oleh kaum muda. Pendidikan khusus disertai dengan penggemblengan mental yang kuat menjadikan lulusan dari sekolah kedinasan di Indonesia banyak dipilih. Untuk kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan selepas SMA, berikut daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

Berikut ini adalah daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studimu

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sekolah yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan ini mempunyai 4 jurusan yang tersedia yaitu, jurusan Akuntansi, jurusan Pajak, jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan jurusan Manajemen Keuangan. Pendidikan di STAN mempunyai berbagai jenjang, mulai dari Diploma I hingga Diploma IV.

Kampus STAN sendiri tidak hanya terdapat di kawasan Bintaro saja sebagai pusatnya, tetapi ada 11 kantor lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan dari sekolah ini, bisa langsung ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang sedang membutuhkan aparatur negara yang bergerak dibidang keuangan. .

Meski banyak peminatnya, untuk masuk dan diterima di kampus STAN ini memang tidak mudah. Cukup sulit tingkat tes masuk sekolah ini akan sebanding dengan fasilitas yang akan kamu dapatkan bila diterima. Kampus dengan ikatan dinas ini tidak membebani siswa nya dengan biaya apapun, alis gratis menempuh pendidikan dari awal sampai  lulus

AKMIL (Akademi Militer)

Akademi Militer termasuk Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia yang berlokasi di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Dengan bangunan yang didirikan diatas ketinggian 400 meter dari permukaan laut dan dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Tidar membuat program militer akademi ini sangat menantang.

Daerah-daerah latihan seperti Plempungan, kaloran, Gending, Pendem, Kopeng dan Gringsing akan membantu menggembleng mental dan fisik para siswanya. Peserta yang lulus dari akademi ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan yang akan ditempatkan bersama pasukan TNI.

Kerasnya program belajar yang akan diterima para siswa akademi satu ini, membuat tes masuk ke sekolah ini pun tidak mudah. Berbagai macam tes dari mulai tes tulis hingga tes fisik. Salah satu syarat yang utama dalam akademi ini adalah kesehatan fisik yang memadai dan tidak punya penyakit bawaan.

Poltekim (Politeknik Imigrasi)

Politeknik Imigrasi adalah salah satu dari daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang berdiri di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Lulusan dari sekolah ikatan dinas ini, bisa langsung diterima bekerja di Direktorat Jenderal Imigrasi. Sekolah dengan ikatan dinas  satu ini berlokasi di Jalan Raya Gandul Cinere No. 4 Kota Depok.

Beberapa jurusan yang bisa kamu pilih bila masuk Poltekip ini antara lain, program studi Manajemen Teknologi Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, Keimigrasian. Jenjang karir yang ditawarkan pun berbeda tergantung program studi yang akan kamu pilih.

Salah satu keunggulan yang akan kamu dapatkan bila diterima di sekolah dengan ikatan dinas ini adalah tidak adanya biaya apapun yang dibayarkan. Dari mulai uang sekolah, uang makan hingga segala fasilitas penunjang lainnya akan ditanggung negara. Oleh karena itu, untuk masuk ke sekolah ini pun harus menjalani proses yang ketat dan tidak mudah.

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Bila kamu tertarik untuk menjadi pilot, akan butuh waktu sekitar 2 tahun untuk menempuh pendidikannya.  Selama masa pendidikan,  ada berbagai macam fasilitas yang bisa kamu gunakan, seperti  simulasi penerbangan Helicopter Bell 206, Single Engine TB-10, Multi Engine B-58, Computer Base Training dan Pesawat Latih lainnya.

STPI adalah sekolah yang masuk dalam Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia  yang berlokasi di Curug ini memiliki 2 program studi yakni penerbang sayap tetap dan penerbang sayap putar. Untuk prodi penerbang sayap putar lulusannya akan menjadi penerbang helikopter. Sedangkan untuk prodi pernerbang sayap tetap lulusannya akan menjadi penerbang umum.

Related Post

Bila kamu diterima untuk masuk di sekolah tinggi ada dana tersendiri yang harus disiapkan. Karena sekolah tinggi ini tidak menanggung seluruh biaya pendidikan. Biaya yang dikenakan antara lain seperti biaya pendaftaran, pendidikan, penunjang pendidikan dan pelatihan, biaya (praktek), biaya sertifikasi, biaya penerbitan sertifikasi dan Ijazah, serta biaya wisuda.

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sekolah satu ini mempunyai program untuk  mempersiapkan kader pemerintah. Lulusannya akan ditempatkan di tingkat daerah ataupun di tingkat pusat. untuk kamu yang ingin masuk ke sekolah ini, terdapat beberapa program pendidikan meliputi program Diploma IV, Sarjana, Pascasarjana dan Program Profesi Kepamongprajaan.

Sekolah ini terletak di Sumedang, Jawa Barat ini akan memfokuskan kurikulum pada persoalan dalam negeri sebagai bekal pendidikan. Sekolah tinggi pencetak aparatur negara ini akan langsung memasukkan dan menempatkan lulusannya menjadi PNS di daerah mereka masing masing.

Bila kamu diterima masuk di sekolah ikatan dinas ini tak perlu khawatir soal biaya. Karena negara akan menanggung seluruh biaya pendidikan. Dari mulai tempat tinggal, biaya makan, berbagai macam atribut hingga uang saku bulanan yang akan kamu terima. Tetapi fasilitas yang didapat memang akan sebanding dengan tidak mudahnya tes masuk ke sekolah ini.

AKPOL (Akademi Kepolisian)

Sekolah ikatan dinas khusus untuk kepolisian adalah AKPOL. Salah satu Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia ini mempunyai siswa  yang akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan lulus dengan gelar Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian). Akademi yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini langsung berada di bawah Kapolri.

Beberapa program pendidikan yang akan didapatkan seperti pendidikan Kriminologi Forensik, pendidikan Psikologi Forensik, pendidikan Hukum Perdata, Bahasa Inggris, pendidikan Kedokteran Forensik, pendidikan Sosiologi, dan Beladiri Polri. Lulusan dari akademi ini pun akan langsung ditugaskan ke kantor kepolisian yang ditunjuk sebagai tempat penempatannya.

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Sekolah Kedinasan di Indonesia lainnya adalah STTD. Program Studi Politeknik STTD terdiri atas Transportasi Darat, Manajemen Transportasi Jalan,  Manajemen Transportasi Perkeretaapian, Lalu Lintas Sungai Danau dan Penyeberangan, Pengujian Kendaraan Bermotor.jenjang studi nya pun bervariasi antara DII sampai DIV tersedia sesuai pilihanmu.

STTD ini berada langsung dibawah Kementerian Perhubungan. Untuk pemerintah daerah yang sudah bekerja sama dengan PTDI-STTD untuk mendidik putra dan putri terbaiknya. setelah lulus, putra putri daerah tersebut akan dikembalikan dan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di daerah tersebut.

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), STMKG merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang bernaung di bawah BMKG. Sekolah yang masuk dalam Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia ini akan mencetak para calon ahli cuaca dan iklim dan ahli gempa serta teknisi peralatan yang bertugas di BMKG.

Sekolah tinggi ini memiliki beberapa program studi dengan jenjang pendidikan D4 yang meliputi, Meteorologi, Klimatologi, Geofisika dan Instrumentasi. Salah satu syarat wajib bagi kamu yang ingin masuk ke sekolah ini adalah harus lulus dari sekolah menengah atas (SMA) dengan jurusan IPA, selain jurusan tersebut STMKG belum bisa menerima.

STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)

Nuklir dianggap sebagai salah satu solusi energi terbaik yang dimiliki manusia.  Oleh sebab itu, negara kita juga perlu memahami teknologi tersebut. STTN merupakan sebuah sekolah kedinasan di Jogja yang didalamnya diajarkan pengetahuan tentang pengelolaan energi nuklir. Perguruan tinggi ini telah berdiri sejak tahun 1985 dan berada di bawah naungan langsung BATAN.

Di dalam STTN ini terdapat dua jenjang pendidikan, yaitu DIII dan DIV. Di dalam kedua jenjang pendidikan ini, anda akan dilatih untuk bisa menjadi seorang teknisi energi nuklir yang handal. Lulusan STTN terbaik biasanya akan direkrut bekerja di BATAN, tetapi tidak perlu khawatir jika tidak terpilih. Ada banyak sekali perusahaan swasta di dalam dan luar negeri yang membutuhkan teknisi nuklir untuk bekerja di dalamnya.

Itulah beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan menempuh pendidikan selanjutnya. Program pendidikan formal beriringan dengan pendidikan mental yang kuat, membuat sekolah ini cukup ketat dalam seleksi penerimaannya. Tapi justru hal inilah yang menarik dari sekolah jenis ini, yang tak pernah sepi peminat setiap tahunnya.